Generic Structure Dan Language Features Procedure Text


Procedure text sama halnya dengan jenis text lainnya, memiliki generic structure (struktur teks) dan language features (ciri kebahasaan). Mempelajari generic structure dan language features dari procedure text sama pentingnya dengan mengenali pengertian procedure text itu sendiri. Karena pada dasarnya generic structure dan language features inilah yang merupakan unsur pembentuk sebuah procedure text.

Lalu bagaimanakah generic structure dan language features dari sebuah text procedure itu? Simak penjelasannya berikut ini. – Bigbanktheories.com

Struktur Teks Prosedur

Generic Structure Procedure Text

Penjelasan Lengkap Procedure Text Beserta Generic Structure Dan Language Features nya

Sebuah procedure text umumnya dibentuk dengan generic structure sebagai berikut:

Related: Contoh Procedure Text Simpel Tentang How To Operate Printer

Goal : Tujuan atau capaian, dalam hal ini merupakan “Title of the text” atau judul. Misalnya saja, How to use an electric iron, how to make milkshake, how to clean your nail, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Materials : Bahan –bahan yang dibutuhkan. Bagian ini bersifat “Optional” atau merupakan pilihan mu sebagai penulis atau pembuat procedure text, karena tidak semua procedure text akan membutuhkan materials. Umumnya procedure text yang akan membutuhkan materials adalah procedure text mengenai proses atau cara membuat makanan dan minuman.

Steps : Urutan langkah – langkah yang harus diikuti untuk mencapai “Goal” atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Nah inilah yang sangat membedakan teks prosedur dengan teks lainnya, karena dalam procedure text pasti selalu ada “Steps” atau langkah – langkah, yah namanya juga teks procedure hehe.

Itulah tadi tiga bagian yang merupakan generic structure dari sebuah procedure text. Sekarang saatnya kita membahas poin selanjutnya yaitu :

Language Feature Dari Sebuah Procedure Text

Language feature artinya adalah ciri kebahasaan, yang dimaksud disini adalah, suatu teks akan memiliki pola bahasa khusus dalam penyampaiannya, pola ini bisa berupa tenses, bisa juga berupa aturan grammar lainnya. Berikut inilah yang merupakan language feature dari sebuah procedure text.

Menggunakan Simple present tense, dan sebagian besar berupa Imperative sentence (kalimat perintah), khusushnya pada bagian “Steps”, bisa kita lihat semuanya dalam bentuk imperative karena kalimat nya diawali dengan kata kerja, contohnya “ Add some water, Mix the ingredients” dan sebagainya.

Dan juga umumnya sering menggunakan temporal conjunction atau numbering (Pengurutan), untuk menunjukkan urutan tahapan dengan benar, khususnya bila procedure text ini dalam bentuk tertulis. Contohnya : First, add some water, second mix the ingredients dan sebagainya.

Setelah mengerti tentang Generic Structure Dan Language Features Procedure Text, kita juga perlu melihat contoh – contoh procedure text. Salah satu contoh procedure text yang sudah tersedia di bigbanktheories.com ini misalnya 5 Contoh Procedure Text Tentang Pengoprasian Alat Elektronik. Semoga membantu dan semoga bermanfaat bagi sobat semua. Bila ada kekurangan mohon dimaafkan, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *