Generic Structure Dan Language Features Narrative Text


Mempelajari sebuah narrative text pastinya sangat menyenangkan. Hal ini tentunya juga sesuai dengan tujuan teks naratif itu sendiri yakni menghibur. Narrative text yang berisi cerita imajinasi atau dongeng walaupun terkesan seperti sebuah hiburan, namun sangat penting untuk dipelajari. Hal ini karena narrative text juga sangat membantu dalam perkembangan kemampuan kebahasaan anak dan pelajar.

Generic structure dan language feature dari narrative text juga menjadi suatu bagian yang perlu untuk kita ketahui, karena disamping kita dapat mengembangkan sebuah narrative text kita sendiri, dengan mengetahui generic structure dan language feature dari narrative text, kita tentunya akan lebih mudah jika harus mencari suatu informasi dari teks tersebut.

Sekarang, ayo kita pelajari bersama materi Bahasa Inggris tentang narrative text beserta generic structure dan language features nya. – Bigbanktheories.com

Related: Percakapan Bahasa Inggris Sehari Hari Orang Tua Dan Anak
Generic Structure Narrative Text Dan Language Feature

Generic Structure Narrative Text

Penjelasan Lengkap Narrative Text Beserta Generic Structure Dan Language Features nya

Narrative text adalah jenis teks yang menceritakan kisah – kisah imajinatif atau dongeng dengan tujuan untuk menghibur pembaca. Dengan mengetahui pengertian narrative text ini, kita sekarang bisa bayangkan ya teks naratif pasti cukup panjang, dan kalau tidak mengikuti struktur teks atau generic structure, wah mungkin akan berantakan ceritanya. Untuk itulah, mari kita baca bersama generic structure narrative text ini.

Generic Structure Narrative Text Dalam Bahasa Inggris

Orientation : Sets the scene and introduces the participants (characters) of the story. The time and place where the story happened (who, what, when, and where). Pada bagian ini penulis akan mengenalkan tokoh – tokoh dalam cerita tersebut, juga memberitahukan waktu dan tempat terjadinya cerita.

Complication : A crisis arises. A series of events in which the main character attempts to solve the problem. Ini adalah bagian dimana konflik muncul dan juga menunjukkan perjuangan tokoh utama dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Resolution : the crisis is resolved, for better or worse. Pada bagian ini konflik yang muncul akan  mulai diselesaikan, meskipun itu artinya baik berakhir bahagia atau berakhir lebih buruk.

Re – Orientation : It is optional. The ending of the story, it sometimes contains the solution. Pada bagian ini sebuah narrative text sudah akan berakhir, tahapan ini bersifat Optional, jadi sobat bisa memutuskan untuk memakainya atau tidak.

Setelah mengetahui generic structure dari narrative text, kini kita juga perlu mengenal language features dari narrative text. Silahkan baca penjelasan berikut ini.

Language Features Narrative Text Dalam Bahasa Inggris

1. Descriptive Language (menggunakan Bahasa yang bersifat deskriptif dengan tujuan agar dapat memicu imajinasi pembaca agar dapat membayangkan kisah dalam teks naratif tersebut.

2. Umumnya menggunakan “Past Tense”.

3. Sering menggunakan bentuk direct dan indirect speech.

Demikian dan sampai disini dulu pembahasan tentang Generic Structure Dan Language Features Narrative Text. Semoga sobat dapat memahaminya dengan mudah. Jika sobat ingin membaca salah satu contoh Narrative text, jangan lupa untuk mencarinya di website ini. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *