Future Perfect Tense Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya


Sobat, dalam beberapa materi sebelumnya, kita sudah mempelajari beberapa macam tenses dalam Bahasa Inggris. Nah, kali ini saya akan menambahkan satu jenis tenses lagi kedalam catatanmu yaitu Future Perfect Tense. Apakah sobat sudah pernah mengenal tenses ini sebelumnya? Jika belum, ayo langsung ambil buku tulismu sekarang dan pelajari materi ini bersama saya.

Pembahasan tentang Future Perfect Tense kali ini akan kita awali dengan definisi atau pengertian Future Perfect Tense. Setelah itu, kita akan mengamati pola kalimat atau rumusnya. Barulah kemudian kita akan mengamati various example of Future Perfect Tense atau berbagai contoh kalimat Future Perfect Tense setelah kita benar-benar memahami konsep dan struktur kalimatnya. Jika sobat sudah siap, yuk kita langsung saja baca penjelasan lengkap tentang Future Perfect Tense berikut ini. – Bigbanktheories.com

Future Perfect Tense Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya

Future Perfect Tense

Future Perfect Tense adalah tenses yang digunakan untuk membicarakan aksi yang akan sudah selesai atau terlaksana pada suatu titik waktu di masa depan. Hal ini bisa berupa prediksi dan bisa juga suatu hal yang dapat dipastikan (misalnya sesuatu yang berkaitan dengan jadwal: waktu keberangkatan pesawat, durasi film di bioskop, waktu sekolah dan bekerja). Tindakan atau aksi yang dibicarakan dalam Future Perfect Tense ini memang belum terjadi, karena akan terjadi di masa depan. Namun, hal itu diperkirakan atau dipastikan akan telah selesai di suatu saat di masa depan.

Related: 50 Contoh Kalimat Past Perfect Tense Terbaru Dan Variatif

Untuk membantumu memahami pengertian Future Perfect Tense di atas, perhatikanlah contoh kalimat berikut ini:

Contoh: The plane will have taken off by the time we arrive at the airport. (Pesawat itu akan sudah lepas landas pada saat kita sampai di bandara.)

Kalimat di atas merupakan contoh Future Perfect Tense. Penjelasannya seperti ini sobat, saat ini (saat kita mengucapkan kalimat itu) sebenarnya pesawat yang kita maksudkan belum lepas landas dan masih ada di bandara. Namun karena suatu hal, misalnya jarak yang harus kita tempuh untuk sampai di bandara membutuhkan waktu 1 jam sedangkan waktu yang tersisa menuju jadwal keberangkatan pesawat tinggal 15 menit lagi, kita pun dengan yakin bisa memperkirakan bahwapesawatnya pasti bakalan sudah berangkat saat kita sampai di bandara”. Kondisi seperti inilah yang kita maksudkan dalam definisi Future Perfect Tense di atas sobat.

Bagaimana sobat, sudah jelas kan sekarang? Kalau begitu kita lanjutkan dengan pembahasan rumus Future Perfect Tense ya.

Rumus Future Perfect Tense

Saat ingin membuat sebuah kalimat dalam suatu tenses, kita tentu akan mengikuti struktur atau pola tertentu yang menjadi ciri khas dari tenses tersebut. Berikut ini adalah rumus Future Perfect Tense. Pelajari dan coba gunakan rumus di bawah ini untuk membuat beberapa contoh kalimat.

(+) Subject + will + have + Past Participle (Verb 3)

Contoh: Mintari will have slept by 9 p.m. tonight.

(-) Subject + will + not + have + Past Participle (Verb 3)

Contoh: We will not have finished this project by next week.

(?) Will + Subject + have + Past Participle (Verb 3)

Contoh: Will you have memorized all of these by the end of the day?

Catatan Penting! Bentuk “Have” di atas merupakan bagian dari rumus dan tidak berubah menjadi “Hasmeski subject kalimatnya tergolong subject singular.

Catatan Penting! Jika kalimat yang akan kamu buat tidak mengandung verb (kalimat nominal) yang perlu kamu lakukan adalah mengisi bagianPast Participle (Verb 3)” dengan bentuk “been”. Misalnya:

Contoh: I will have been in this dorm for two years tomorrow. (Saya akan sudah berada di asrama ini selama dua tahun besok.)

Begitulah sobat rumus Future Perfect Tense beserta contoh penggunaannya. Ternyata tidak begitu rumit ya membuat contoh kalimat Future Perfect Tense itu. Kalau begitu, ayo kita lanjutkan sedikit lagi materi kita kali ini dengan beberapa tambahan contoh yang sudah saya siapkan di bawah ini.

Keterangan Waktu Future Perfect Tense

Sedikit tambahan informasi untuk sobat semua, dalam Future Perfect Tense ada beberapa time expressions yang biasa muncul. Berikut ini adalah sebagian dari keterangan waktu tersebut beserta artinya:

By this time next week = pada waktu / jam yang sama di minggu depan

Five weeks from now = lima minggu dari sekarang

At midnight = pada tengah malam

Before next week = sebelum minggu depan

As soon as something happens = segera setelah suatu hal terjadi

On the 3rd of October = pada tanggal 3 Oktober

Tomorrow = besok

By the end of this week = di akhir minggu ini

In two years time = dalam waktu dua tahun

Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Contoh Kalimat Future Perfect Tense

Hai sobat, akhirnya kita sampai di bagian akhir materi kali ini. Di sini saya akan menampilkan beberapa contoh kalimat Future Perfect Tense untuk sobat amati. Saya harap variasi kalimat yang saya sajikan bisa menjadi inspirasi dan panduan bagi sobat yang ingin mencoba menggunakan tenses ini.

I will have completed my TOEFL training by the end of this week.

(Saya akan telah menyelesaikan pelatihan TOEFL saya pada akhir minggu ini.)

The entire ancestry of King Tommen will have lived in this palace for a hundred years by next year.

(Seluruh leluhur raja Tommen akan telah tinggal di istana ini selama seratus tahun pada tahun depan.)

Five weeks from now, Naisa will have written ten stories for her publisher.

(Lima minggu dari sekarang, Naisa akan sudah menulis sepuluh cerita untuk penerbitnya.)

Cristiano Ronaldo will have scored two hundreds goals by next week.

(Cristiano Ronaldo akan telah mencetak dua ratus gol minggu depan.)

Rigel and Nino will have built a mini robot for their science project by the end of this month.

(Rigel dan Nino akan telah membangun sebuah robot kecil untuk proyek sains mereka di akhir bulan ini.)

Kris and Tina will not have painted the whole room at midnight.

(Kris dan Tina belum akan selesai mengecat seluruh ruangan pada tengah malam.)

I will not have taken a bath at this time tomorrow.

(Saya belum akan selesai mandi pada jam segini besok.)

Will you have finished the paintings before the 3rd of October?

(Akankah kamu telah menyelesaikan lukisan itu sebelum tanggal 3 Oktober?)

Baca Juga: 50 Contoh Kalimat Future Perfect Tense Terbaru Dan Variatif

Oke deh sobat, saya rasa contoh kalimat yang saya sajikan sudah cukup variatif ya. Semoga bisa menjadi inspirasi saat kamu ingin berkreasi membuat contoh kalimatmu sendiri. Terimakasih banyak sudah membaca materi Future Perfect Tense ini hingga akhir, semoga informasi yang saya sajikan bermanfaat. Saya akhiri sampai di sini, silahkan lanjutkan dengan materi baru yang berjudul Future Continuous Tense Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya.

Referensi:

  1. Future Perfect – https://www.grammarly.com/blog/future-perfect/ – Diakses tanggal 9 Agustus 2019
  2. Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Kalimat Future Perfect Tense – https://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-future-perfect-tense – Diakses tanggal 9 Agustus 2019
  3. The Future Perfect Tense – https://www.perfect-english-grammar.com/future-perfect.html – Diakses tanggal 9 Agustus 2019
  4. Future Perfect – https://www.ef.com/ca/english-resources/english-grammar/future-perfect/ – Diakses tanggal 9 Agustus 2019
  5. Verb 1-2-3 – http://verb123.com/ – Diakses tanggal 9 Agustus 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *