Future Perfect Continuous Tense Beserta Rumus Dan Contohnya


Bagi sebagian orang, Future Perfect Continuous Tense adalah salah satu materi grammar Bahasa Inggris yang paling membingungkan. Saya pribadi setuju dengan pendapat ini hehe. Menurut saya penyebabnya bukanlah rumus nya sobat, tapi konsep yang terkandung di dalamnya itu yang susah untuk dipahami. Tapi jangan khawatir sobat, dalam artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan pengertian Future Perfect Continuous Tense melalui ilustrasi yang saya harap bisa membantu sobat untuk memahami konsepnya.

Jika sobat sudah pernah mempelajari Future Perfect Continuous Tense sebelumnya dan mungkin masih agak bingung dengan konsepnya, saya harap penjelasan di bawah ini bisa membawa hal baru untuk sobat. Namun jika ini merupakan pengalaman pertama bagi sobat untuk membaca penjelasan tentang Future Perfect Continuous Tense, saya sangat menyarankan sobat untuk membaca juga tentang Future Perfect Tense, karena konsep kedua tenses inilah yang membuat Future Perfect Continuous Tense menjadi sulit untuk dipahami. Ada kemiripan diantara keduanya, atau mungkin lebih tepat jika kita katakan bahwa perbedaan antara keduanya terlalu tipis sehingga sulit ditangkap. Tapi jangan cemas sobat, karena kita akan mencoba memahaminya bersama. – Bigbanktheories.com

Future Perfect Continuous Tense Beserta Rumus Dan Contohnya

Future Perfect Continuous Tense

Future Perfect Continuous Tense adalah pola kalimat yang menunjukkan bahwa suatu aksi akan telah terjadi selama durasi waktu tertentu di masa depan dan aksi tersebut bersifat berkelanjutan. Saat kita menggunakan tenses ini, kita bertindak seolah-olah kita melompat ke masa depan sehingga kita tau dengan pasti kapan suatu aksi bermula dan sudah berapa lama aksi tersebut berlangsung jika di ukur dari titik mula ke titik dimana kita berada di masa depan, dan disaat yang sama kita menyiratkan bahwa aksi itu masih akan terus berlanjut.

Related: Future Perfect Tense Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya

Untuk membantu memahami pengertian Future Perfect Continuous Tense di atas, coba perhatikan contoh kalimat berikut ini:

Contoh: Artificial Intelligence will have been dominating our life for 70 years by 2220. (Kecerdasan buatan akan telah mendominasi kehidupan kita selama 70 tahun di tahun 2220.)

Pernyataan seperti contoh di atas adalah salah satu contoh kalimat yang menggunakan pola Future Perfect Continuous Tense sobat. Penjelasannya seperti ini, jika di tahun 2220 kecerdasan buatan akan telah mendominasi kehidupan kita selama 70 tahun, berarti awal mula dominasi (aksi) tersebut adalah di suatu titik waktu di tahun 2150, sedangkan saat ini adalah tahun 2019. Ini artinya titik mula aksi tersebut pun masih jauh di masa depan (belum terjadi). Namun karena kita melompat ke masa depan (ke tahun 2220), maka kejadian itu menjadi masa lalu bagi kita, sehingga kita bisa tau dengan pasti berapa lama hal itu telah berlangsung (unsur perfect tense). Dan karena kita menggunakan bentuk Present Participle (Verb-ing) di sana, kita mengindikasikan bahwa aksi itu masih akan terus berlanjut (unsur continuous tense) hingga setelah tahun 2220.

Bagaimana sobat, sampai di sini bisa dipahami kan penjelasan tentang konsep Future Perfect Continuous Tense ini? Kalau sudah paham, ayo kita lanjutkan. Namun jika belum, cobalah baca ulang penjelasan di atas sekali lagi.

Future Perfect vs Future Perfect Continuous

Seperti yang telah saya sampaikan di atas bahwa ada perbedaan yang samar antara Future Perfect Tense dan Future Perfect Continuous Tense. Secara singkat, Future Perfect Tense mengindikasikan bahwa hal yang dibicarakan akan berakhir atau memiliki titik dimana dia akan berakhir, sedangkan Future Perfect Continuous Tense tidak mengindikasikan hal itu. Hal yang dibicarakan dalam tenses ini adalah sebuah “ongoing process” atau proses yang sedang berlangsung dan memiliki kesempatan untuk terus berlanjut.

Bagaimana sih maksudnya? Ilustrasinya seperti ini sobat: Misalnya saja ada dua kejadian yang dibicarakan, yaitu kejadian A dan B. Saat kita menggunakan Future Perfect Tense, berarti yang ada dalam bayangan kita adalah bahwa kejadian A sudah selesai atau sudah berakhir baru kemudian kejadian B terjadi. Misalnya seperti contoh yang pernah saya berikan “The plane will have taken off by the time we arrive at the airport”. Kita lihat ya, kejadian A (pesawat lepas landas) kita anggap sudah selesai sewaktu kejadian B (kita tiba di bandara) terjadi.

Saat kita menggunakan Future Perfect Continuous Tense, misalnya ada dua kejadian di dalam kalimat tersebut, maka anggapannya adalah bahwa dalam bayangan kita kejadian A akan berlanjut atau sedang terus berlangsung hingga kejadian B terjadi dan memiliki kemungkinan terus berlanjut melampaui titik waktu dari kejadian B. Penjelasannya seperti contoh Artificial Intelligence di atas.

Rumus Future Perfect Continuous Tense

Saat kita mempelajari sebuah tenses dalam Bahasa Inggris, hal yang tidak pernah luput dari perhatian kita adalah rumus tenses tersebut. Karena hanya dengan mengikuti aturan pola kalimat inilah kita bisa membuat sebuah kalimat dalam suatu tenses dengan benar. Berikut ini adalah rumus Future Perfect Continuous Tense yang harus kamu hafalkan jika ingin bisa menggunakan tenses ini kapanpun dan dimanapun.

(+) Subject + will + have been + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: I will have been watching the movie for one hour by the time you arrive at my house.

(-) Subject + will + not + have been + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: Janet will not have been swimming for two hours by five o’clock.

(?) Will + Subject + have been + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: Will Andra and Yovie have been working as pianist for over three years by 2022?

Catatan Penting! Jika kalimat yang kamu buat mengandung dua klausa dimana satu klausa berperan sebagai patokan waktu, gunakanlah bentuk Simple Present Tense pada klausa ini. Misalnya saja seperti pada contoh kalimat pertama di atas, jika kita tuliskan, struktur kalimat tersebut adalah: Future Perfect Continuous Tense + Simple Present Tense.

Oke deh sobat, seperti itulah sekilas gambaran tentang rumus Future Perfect Continuous Tense dan cara penggunaannya. Mudah-mudahan bisa dipahami ya. Sebelum sobat mencoba membuat contoh kalimat sendiri, saya ingin menunjukkan sedikit contoh Future Perfect Continuous Tense tambahan yang telah saya buat. Silahkan disimak di bawah ini.

Contoh Kalimat Future Perfect Continuous Tense

Contoh kalimat Future Perfect Continuous Tense berikut ini saya siapkan untuk sobat semua agar sobat bisa mengenal variasi kalimat Future Perfect Continuous Tense. Harapan saya dengan semakin banyak contoh kalimat yang pernah sobat baca, sobat akan lebih mudah nantinya saat ingin menggunakan tenses ini.

I will have been living in Australia for six months when you graduate from University.

(Saya akan telah tinggal di Australia selama enam bulan saat kamu lulus dari Universitas.)

Miska will not have been teaching for a year when the student exchange program is over.

(Miska belum akan mengajar selama satu tahun saat program pertukaran pelajar itu berakhir.)

*intinya kegiatan Miska mengajar itu belum genap satu tahun durasinya saat nanti program itu berakhir.

Will Jean have been collecting rare coins for fifteen years by 2025?

(Apakah Jean akan telah mengumpulkan koin langka selama lima belas tahun di tahun 2025?)

Claudia and Riani will have been studying for one hour when their favorite show starts.

(Claudia dan Riani akan telah belajar selama satu jam saat acara kesukaan mereka dimulai.)

Ten years from now, Miko will have been making millions of rupiah per month for more than three years.

(Sepuluh tahun dari sekarang, Miko akan telah menghasilkan jutaan rupian setiap bulannya selama lebih dari tiga tahun.)

Baca Juga: 25 Contoh Kalimat Future Perfect Continuous Tense Terbaru

Itulah tadi sobat penjelasan singkat yang bisa saya sampaikan tentang Future Perfect Continuous Tense, semoga bermanfaat. Terimakasih banyak untuk kunjunganmu kali ini, semoga kita bisa berjumpa lagi dalam pembahasan materi lainnya.

Referensi:

  1. Future Perfect Progressive Tense Examples – https://examples.yourdictionary.com/reference/examples/future-perfect-progressive-tense-examples.html – Diakses tanggal 10 Agustus 2019
  2. Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat Future Perfect Continuous Tense – https://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-future-perfect-continuous-tense – Diakses tanggal 10 Agustus 2019
  3. Future Perfect Continuous – https://www.englishpage.com/verbpage/futureperfectcontinuous.html – Diakses tanggal 10 Agustus 2019
  4. Future Perfect Vs. Future Perfect Progressive – https://esllibrary.com/blog/future-perfect-vs-future-perfect-progressive – Diakses tanggal 10 Agustus 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *