Future Continuous Tense Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya


Sobat sudah tau seperti apa Future Continuous Tense itu? Kalau belum, yuk kita pelajari bersama. Tulisan ini akan membahas pengertian Future Continuous Tense beserta rumus dan contoh kalimatnya. Jadi jika sobat memang sedang mencari pembahasan tentang tenses yang satu ini, berarti sobat berada di tempat yang tepat.

Future Continuous Tense merupakan salah satu jenis future tense dalam Bahasa Inggris. Tenses ini ternyata tidak begitu sering diajarkan di kelas native speaker Bahasa Inggris, namun sangat sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bahkan jika kita sudah terlatih menggunakannya, kita diyakini akan terdengar lebih natural dalam menggunakan Bahasa Inggris. Jadi, sudah siap meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu? Ini dia penjelasan lengkapnya. – Bigbanktheories.com

Future Continuous Tense Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya

Future Continuous Tense

Future Continuous Tense adalah pola kalimat yang mengekspresikan kegiatan yang sedang terjadi namun di masa depan. Jadi intinya, aksi atau tindakan yang sedang dibicarakan itu sebenarnya belum terjadi, namun hal itu diprediksi atau bahkan dipastikan akan sedang terjadi di suatu titik waktu di masa depan. Seperti apa sih maksudnya? Perhatikan ilustrasi berikut untuk mempermudah proses pemahaman akan definisi Future Continuous Tense ini.

Related: Past Perfect Tense Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya

Hari ini guru Bahasa Inggrismu memberikan PR yang wajib diselesaikan dan diserahkan besok pagi. Kebetulan temanmu Dino tidak masuk hari ini. Sepulang sekolah, kamu pun berinisiatif untuk mengabari Dino tentang PR Bahasa Inggris itu. Ternyata, setelah kamu sampaikan info tentang PR itu, Dino menyatakan kalau dia tidak mengerti cara mengerjaannya. Diapun berniat ingin meminta bantuanmu untuk memberikan penjelasan lebih jauh tentang PR itu. Dino pun bilang “Eh, nanti malem aku telpon ya sekitar jam 7, minta tolong jelasin dikit cara ngerjain nya”. Kamu pun menjawab “Wah, jangan jam 7 an deh ya, jam segitu aku pasti sedang makan malam sama keluarga, dan ayahku nggak suka kalo aku nerima telpon waktu lagi makan.

Pertanyaannya, makan malam nya sudah terjadi belum? Belum kan, karena kan nanti malam baru akan terjadi. Tapi meski belum terjadi, kamu tau dengan pasti bahwa dikisaran jam 7 nanti malam, kamu akan sedang makan malam bersama keluarga. Itulah sebabnya kamu melarang Dino untuk menelponmu pada jam segitu. Kondisi seperti inilah sobat yang kita ekspresikan dalam bentuk Future Continuous Tense. Jika kita tuliskan, kira-kira kalimatnya akan menjadi seperti ini:

Contoh: I will be having dinner with my family at 7 tonight.

Fungsi Future Continuous Tense

Future Continuous Tense memiliki beberapa fungsi. Berikut ini adalah sebagian fungsi tersebut beserta contoh kalimatnya:

Membayangkan kondisi yang kita alami di masa depan

Contoh: I will be surfing in Lombok beach this time tomorrow.

Memprediksi hal yang akan terjadi di masa depan

Contoh: My dad will be attending my wedding, I expect.

Menanyakan informasi yang terkait dengan kejadian di masa depan secara sopan

Contoh: Will Fred be joining us at dinner this evening?

Dengan menambahkan kata “still”, digunakan untuk membicarakan hal yang diharapkan terus berlanjut di masa depan

Contoh: He will still be waiting for me until I come back from Australia.

Bagaimana sobat, sampai disini bisa dipahami ya konsep Future Continuous Tense itu seperti apa. Kalau begitu kita akan lanjutkan dengan pembahasan rumus Future Continuous Tense.

Rumus Future Continuous Tense

Sebuah tenses sudah tentu memiliki pola atau struktur kalimatnya sendiri. Berikut ini adalah pola kalimat atau bisa disebut juga sebagai rumus Future Continuous Tense. Silahkan disimak rumus beserta contoh kalimat di bawah ini.

(+) Subject + will + be + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: I will be watching L.A Lakers game in Staples Center this Friday.

(-) Subject + will + not + be + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: Anika will not be attending the ceremony.

(?) Will + Subject + be + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: Will you be walking in the park tomorrow afternoon?

Mirip dengan Simple Future Tense, rumus di atas juga bisa kita gantikan dengan penggunaan bentuk “be going to” dalam kalimatnya. Dalam Future Continuous Tense, “will” dan “be going to” bisa saling menggantikan secara bebas tanpa berdampak begitu besar terhadap perubahan arti. Jika kita ganti dengan pola ini, maka rumusnya akan terlihat seperti berikut ini:

(+) Subject + to be (is / am / are) + going to + be + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: I am going to be watching L.A Lakers game in Staples Center this Friday.

(-) Subject + to be (is / am / are) + not + going to + be + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: Anika is not going to be attending the ceremony.

(?) To be (is / am / are) + Subject + going to + be + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: Are you going to be walking in the park tomorrow afternoon?

Itulah tadi rumus Future Continuous Tense dan contoh penggunaannya sobat. Semoga bisa dipahami dengan mudah ya. Setelah ini, cobalah gunakan pola kalimat di atas untuk membuat beberapa contoh kalimat Future Continuous Tense supaya kamu terlatih.

Keterangan Waktu Future Continuous Tense

Saat menggunakan Future Continuous Tense, kita seringkali membutuhkan time expressions atau keterangan waktu sebagai patokan waktu dari aksi Future Continuous Tense yang kita bicarakan. Berikut ini adalah beberapa contoh keterangan waktu yang sering digunakan dalam Future Continuous Tense.

Tomorrow afternoon = besok sore

Tomorrow morning = besok pagi

This Friday = hari Jumat ini

This Sunday = hari minggu ini

Next summer = musim panas berikutnya

Next season = musim berikutnya

At 7 p.m. = pada jam 7 malam

This time tomorrow = besok pada jam segini

When we arrive = ketika kita datang

Itulah tadi sobat beberapa contoh time expressions dalam Future Continuous Tense. Silahkan dipelajari dan cari lebih banyak contoh lagi.

Contoh Kalimat Future Continuous Tense

Sobat, ini merupakan bagian akhir dari materi kita. Di bawah ini, saya sudah menyiapkan beberapa contoh kalimat Future Continuous Tense beserta terjemahannya dalam Bahasa Indonesia.

I will be doing my homework when my parents get back from work.

(Saya akan sedang mengerjakan PR ketika kedua orang tua saya pulang kerja.)

Marisa will not be cooking at 10 p.m. tonight.

(Marisa tidak akan sedang memasak pada jam 10 malam ini.)

Will Jimmy and Dikta be studying at the library tomorrow night?

(Akankah Jimmy dan Dikta sedang belajar di perpustakaan besok malam?)

John Cena will be fighting Mysterio At 9 p.m tonight.

(John Cena akan sedang bertarung dengan Mysterio pada pukul 9 malam ini.)

Will you still be waiting at the station when my train arrives?

(Apakah kamu masih menunggu di stasiun saat kereta saya tiba?)

Martha and Wayne are going to be celebrating their gold anniversary in Venice this weekend.

(Martha dan Wayne akan sedang merayakan ulang tahun emas mereka di Venesia akhir pekan ini.)

Baca Juga: 100 Contoh Kalimat Future Continuous Tense Baru Dan Variatif

Oke deh sobat, inilah akhir dari pembahasan materi kita kali ini, mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih banyak sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan saya tentang Future Continuous Tense kali ini, saya harap sobat menyukainya. Saya pamit dulu, sampai ketemu lagi dalam materi menarik lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian, Rumus, Fungsi, Contoh Kalimat Future Continuous Tense – https://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-future-continuous-tense – Diakses tanggal 8 Agustus 2019
  2. Future Continuous – https://www.englishpage.com/verbpage/futurecontinuous.html – Diakses tanggal 8 Agustus 2019
  3. Future Continuous Tense – https://www.ef.co.id/panduan-bahasa-inggris/tata-bahasa-inggris/future-continuous-tense/ – Diakses tanggal 8 Agustus 2019
  4. Future Continuous – https://www.englishclub.com/grammar/verb-tenses_future-continuous.htm – Diakses tanggal 8 Agustus 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *