Funner Atau More Fun Yang Benar Dalam Bahasa Inggris


Sobat, jika “menyenangkan” Bahasa Inggris nya adalah “Fun”, maka “lebih menyenangkan” Bahasa Inggrisnya apa dong? “Funner” atau “More Fun” ya? Setidaknya inilah pertanyaan yang saat ini mungkin sedang berputar-putar di otakmu ya sobat. Selama ini mungkin sebagian besar orang tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya tidak tau seperti apa bentuk comparative dan superlative degree dari kata “Fun”. Namun pada saat kepentok dan ingin menggunakannya, baru deh kita mulai mencari penjelasan tentang mana yang benar antara “Funner” dan “More Fun”, serta “Funnest” dan “Most Fun”.

Funner atau More Fun ternyata sama-sama memiliki pengikut setia hingga saat ini sobat. Perdebatan tentang manakah yang benar antara keduanya, ternyata telah berlangsung selama lebih dari 20 tahun lho. Hal ini menurut saya adalah suatu hal yang mengaggumkan, dimana ada orang yang mau mencurahkan waktunya untuk mempelajari sesuatu dengan sangat serius. Terlepas dari belum berakhirnya perdebatan ini, namun ada titik terang setelah saya membaca penjelasan di beberapa sumber di internet, dan inilah yang akan saya bagikan pada sobat semua hari ini. – Bigbanktheories.com

Funner or More Fun

Funner Atau More Fun Yang Benar Dalam Bahasa Inggris

Funner atau More Fun

Meski pada kenyataannya kedua kata ini sama-sama ada yang menggunakan, namun dari beberapa sumber yang saya baca, kesimpulan yang saya peroleh adalah: “More fun” lah yang dianggap benar dan bukanFunner”. Begitu juga untuk bentuk superlative nya, yang diterima adalah “Most fun” dan bukan “Funnest”. Jadi jika sobat ingin mengungkapkan “lebih menyenangkan” dalam Bahasa Inggris, sebaiknya gunakanlahMore fun”.

Related: Pengertian Dan Penggunaan Sorta Dalam Bahasa Inggris

Dengan pernyataan singkat di atas, tentu sobat masih penasaran ya, apa alasan di baliknya. Nah, berikut ini saya akan coba memberikan sedikit penjelasan tentang asal-usul mengapa yang dianggap benar oleh sebagian besar pengguna asli Bahasa Inggris adalah versi “More fun” dan bukan “Funner”. Silahkan disimak!

Kata “Fun” awalnya muncul di abad ke 17 sebagai sebuah bahasa gaul (slang word). Sejak awal penggunaannya, kata “Funberperan sebagai sebuah noun (kata benda) dan bukan sebagai adjective (kata sifat) yang bisa memiliki bentuk comparative maupun superlative. Namun, seiring perkembangan jaman, ternyata penggunaan kata “Fun” pun mulai mengalami pergeseran. Saat ini, sebagian orang (umumnya generasi muda), mulai memperlakukan kata “Fun” layaknya sebuah adjective, dari sinilah masalah nya berasal. Karena saat sebuah kata sudah digunakan sebagai adjective, maka penggunanya tentu bisa menuntut adanya bentuk comparative dan superlative layaknya adjective pada umumnya.

Kelompok yang menyebut dirinya sebagai “Traditionalistsmenyatakan dengan tegas bahwa bagi mereka kata “Funhanya bisa digunakan sebagai noun saja, dan ini telah seperti itu adanya selama lebih dari 200 tahun. Namun, seperti yang sudah saya sampaikan di atas, ada sebagian orang yang meyakini bahwa kata ini bisa juga digunakan sebagai adjective.

Mungkin bermaksud untuk menengahi perdebatan yang tak ada ujung nya ini ya sobat, OED atau Oxford English Dictionary menyatakan bahwa penggunaan kata “Fun” sebagai attributive adjective (misalnya: a fun way) kini memang ada dalam penggunaan Bahasa Inggris secara informal, namun hal ini tetap tidak diterima oleh Standard English (Bahasa Inggris baku). Sejalan dengan pemikiran ini, The American Heritage Dictionary menyarankan kepada para penulis untuk menghindari penggunaan kata “Fun” sebagai adjective dalam karya ilmiah atau tulisan yang resmi.

Penjelasan di atas mengindikasikan bahwa aturan perubahan bentuk comparative dan superlative sebenarnya tidak bisa di aplikasikan terhadap kata “Fun”, karena ia adalah noun dan bukan adjective. Dan kita semua tau bahwa bentuk comparative dan superlative hanya bisa dilakukan pada adjective dan adverb. Dengan begini, aturan penambahan akhiran-er” terhadap adjective yang terdiri dari satu syllable (suku kata) tidak bisa kita gunakan pada kata “Fun”. Itulah sebabnya, hingga saat ini masih lebih banyak orang yang percaya kalau “Funner” itu tidak acceptable atau tidak bisa diterima sebagai perubahan dari “Fun” dalam Bahasa Inggris.

Pertanyaan selanjutnya, jika kata “Funner” dianggap tidak acceptable, lalu mengapa bentuk “More fun” bisa diterima? Kan sudah jelas-jelas dia adalah noun dan bukan adjective. Untuk menjawab pertanyaan ini, sobat perlu memperhatikan ilustrasi berikut terlebih dahulu:

He had some fun with his friend last night.

He had some Pizza with his friend last night.

Contoh di atas mampu menunjukkan bahwa kedudukan kata “fun” ternyata sama dengan kata “Pizza”. Dari sini kita bisa lihat bahwa kata “fun” ternyata memang berfungsi sebagai noun dalam kalimat. Sekarang, kita akan coba gunakan kata “Pizza”, yang terkesan lebih nyata bagi kita untuk dijadikan noun dibandingkan dengan kata “fun”, untuk membantu kita dalam menjawab pertanyaan di atas.

Coba bayangkan sobat sedang makan Pizza bersama dengan keluarga atau teman di rumah. Karena jumlah orang yang ada ternyata lebih banyak dari dugaanmu, atau bisa jadi karena setelah kamu dan temanmu memakan Pizza yang ada namun masih merasa lapar, kamu pun berpikir untuk menyediakan “tambahan pizza”. Bisakah kamu mengatakan “I think we need more Pizza” ? Jawabannya, tentu saja bisa. Nah, seperti itu pulalah alasannya, mengapa bentuk “More Fun” jadi lebih acceptable dibandingkan dengan “Funner”.

Bagaimana sobat, bisa dipahami kan penjelasan tentang “Funner” dan “More Fun” di atas? Saya harap begitu ya. Itu saja yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat pengunjung semua. Oh ya, selain karena penjelasan yang telah saya sajikan di atas, ternyata ada data yang menunjukkan bahwa penggunaan kata “Funnersecara umum di tolak di masyarakat dan tidak pernah muncul dalam media cetak apapun. Dengan begini, semoga sobat lebih yakin untuk menggunakan bentuk “More fun” dibanding “Funner”. Saya akhiri penjelasan materi kali ini, sampai jumpa lagi dalam kesempatan berikutnya. Setelah ini, pelajari juga artikel terbaru saya yang berjudul: Program atau Programme Ejaan yang Benar Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Is Funner a Word: Funner or More Fun? – https://writingexplained.org/is-funner-a-word – Diakses tanggal 18 Mei 2019
  2. Why is “more fun” correct over “funner”? – https://www.quora.com/Why-is-more-fun-correct-over-funner – Diakses tanggal 18 Mei 2019
  3. How to Use Funner, Funnest Correctly – https://grammarist.com/usage/funner-more-fun/ – Diakses tanggal 18 Mei 2019
  4. Funner vs. More Fun – https://www.grammarly.com/blog/funner-vs-more-fun/ – Diakses tanggal 18 Mei 2019
  5. Funner vs. More Fun – http://www.softschools.com/difference/funner_vs_more_fun/368/ – Diakses tanggal 18 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *