Focusing Adverb Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Penggunaannya


Focusing adverb adalah istilah yang jarang kita dengar selama ini, dan mungkin ini bahkan sebuah hal baru bagi beberapa orang. Tapi ternyata saat kita sudah mempelajarinya, kita akan menyadari bahwa kosakata yang termasuk kedalam jenis focusing adverb sebenarnya sudah sangat sering kita gunakan dalam kalimat. Hanya saja selama ini kita belum tau bahwa kata kata tersebut dikenal dengan istilah Focusing Adverb dalam Bahasa Inggris.

Dari namanya, mungkin kita bisa menebak ya bahwa yang akan kita pelajari kali ini adalah jenis adverb (kata keterangan) yang digunakan untuk memfokuskan. Namun tentunya dengan bermodalkan pengertian yang kita tebak tadi belum cukup untuk memberi gambaran bagi kita, seperti apa sebenarnya yang disebut dengan focusing adverb dalam Bahasa Inggris itu. Untuk itulah kami menyediakan penjelasan singkatnya dalam artikel kali ini, silahkan dibaca dan dipahami berbagai contoh serta penjelasan dari materi tentang focusing adverb ini. – Bigbanktheories.com

Pengertian Dan Contoh Focusing Adverb Dalam Bahasa Inggris

Focusing Adverb Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Penggunaannya

Focusing Adverb Dalam Bahasa Inggris

Yang dimaksud dengan focusing adverb adalah kata keterangan (adverb) yang berfungsi untuk membatasi suatu pembicaraan terhadap suatu bagian dalam klausa atau kalimat. Atau bisa dikatakan juga bahwa jenis adverb ini berfungsi untuk mengarahkan perhatian kepada satu bagian tertentu dalam kalimat. Biasanya hal ini akan merujuk pada verb phrase, namun tidak menutup kemungkinan juga yang dirujuknya berupa noun phrase, prepositional phrase, adjective phrase atau adverbial phrase.

Related: Penjelasan Lengkap Dan Contoh Kalimat Comparative Degree

Ilustrasi yang bisa membantu kita memahami pengertian focusing adverb adalah seperti ini sobat, jika dalam berbicara mungkin kita sesekali pernah memberikan penekanan khusus terhadap suatu kata yang kita anggap penting dengan cara memainkan intonasi suara kita. Nah, dalam tulisan, hal seperti ini biasanya digambarkan dengan menggunakan tulisan cetak miring, namun ternyata kedua cara ini masih bisa menimbulkan ambigu (multi makna) dan menyebabkan keraguan akan makna yang dipahami oleh pembaca atau pendengar. Untuk mengatasi hal ini, maka hadirlah focusing adverbs dalam Bahasa Inggris. Mari kita lihat contoh berikut ini:

Prambono only helped me to fix my bike.

Dalam contoh di atas, bentuk focusing adverb yang digunakan adalah kata “only”. Jika kamu membaca kalimat seperti pada contoh, apa makna yang kamu tangkap? Dengan adanya penambahan kata “only”, maka pengertian yang akan kita tangkap adalah bahwa “Prambono hanya membantu saya memperbaiki sepeda saya.” Penekanan yang kita berikan terhadap jenis bantuan yang diberikan oleh Prambono ini secara tidak langsung juga menunjukkan bahwa si Prambono ini tidak membantu kita dalam hal yang lain selain “memperbaiki sepeda”. Bandingkan jika kita menghilangkan focusing adverb nya, tentu makna kalimat tersebut akan berbeda.

Berbagai Jenis Focusing Adverb

Ternyata focusing adverb dalam Bahasa Inggris bisa dikelompokkan kedalam beberapa jenis berdasarkan fungsi yang ingin kita gunakan. Beberapa fungsi tersebut diantaranya adalah untuk: menambah informasi, membatasi informasi, membatasi sebagian informasi, menunjukkan makna negatif, menunjukkan pilihan, serta menunjukkan keterkejutan. Berikut ini adalah berbagai contoh focusing adverb berdasarkan masing masing fungsi yang telah kami sebutkan.

Adding Information (Menambah Informasi)

Saat kita ingin memberi penekanan terhadap informasi yang baru kita tambahkan kepada informasi yang sudah ada sebelumnya, kita bisa menggunakan beberapa focusing adverb berikut ini: also, as well, dan too.

Contoh Kalimat: Marina is coming to my birthday, and Selena is coming too.

Limiting Information (Membatasi Informasi)

Saat kita ingin memberi penekanan terhadap informasi yang mengandung batasan, maka kita bisa menggunakan beberapa focusing adverb berikut ini: alone, but, exactly, exclusively, just, merely, not only, only, precisely, purely, simply, dan solely.

Contoh Kalimat: I will only help you with this homework.

Partially Limiting Information (Membatasi Sebagian Informasi)

Saat kita ingin memberi penekanan terhadap sebuah informasi yang tidak sepenuhnya terbatas, namun agak sedikit terbatas, maka kita bisa menggunakan beberapa focusing adverbs berikut ini: chiefly, especially, mainly, mostly, notably, particularly, in particular, predominantly, primarily, at least, for the most part, dan juga by and large.

Contoh Kalimat: They played mostly Pop music at the Cafe.

Negatives (Menunjukkan Makna Negatip)

Saat kita ingin mengarahkan perhatian kepada sebuah pernyataan negatip, kita bisa menggunakan kata Neither atau Nor.

Contoh Kalimat: Marfuah didn’t come to the meeting, and neither did Sarinah.

Choices (Menunjukkan Pilihan)

Saat kita ingin menarik perhatian terhadap pilihan atas dua hal atau benda, kita bisa menggunakan kata Either atau Or.

Contoh Kalimat: You can either bring your iPhone or your PSP to the tent.

Surprise (Menunjukkan Keterkejutan)

Saat kita ingin menunjukkan bahwa suatu bagian informasi dalam kalimat tersebut bersifat mengejutkan, kita bisa menggunakan kata “Even”.

Contoh Kalimat: Even Mr. Richard was at my graduation party last night!

Berbagai Posisi Focusing Adverb Dalam Kalimat

Sebuah focusing adverb bisa menempati awal, tengah dan juga akhir kalimat tergantung pada bagian mana kita ingin menarik perhatian dari pendengar atau pembaca kita, karena perubahan tempat kita meletakkan adverb tersebut akan berpengaruh langsung terhadap maknanya juga. Namun, pada umumnya focusing adverb lebih sering dijumpai di bagian tengah kalimat. Perhatikan beberapa contoh penempatan focusing adverb “only” berikut ini:

Only I can cook fried rice for my family at home.

I can only cook fried rice for my family at home.

I can cook only fried rice for my family at home.

I can cook fried rice only for my family at home.

I can cook fried rice for my family only at home.

Bagaimana sobat, ternyata dengan satu kalimat dasar yang sama bisa menghasilkan makna yang berbeda beda saat kita memindahkan posisi focusing adverb nya ya. Nah, itulah sekilas yang bisa kami sampaikan untuk saat ini, jika nanti ada informasi baru mengenai hal ini, kami tentu akan berusaha memperbarui artikel ini. Terimakasih banyak atas kunjungannya ya, sampai ketemu lagi dalam artikel lainnya, dan jangan lupa baca juga artikel terakhir dari kami yang berjudul Pembentukan Adjective Dalam Bahasa Inggris dan Contohnya.

Referensi:

  1. Focusing Adverbs – http://www.thefreedictionary.com/Focusing-Adverbs.htm – Diakses tanggal 13 Juni 2017
  2. Adverbs For Focus – http://www.grammar-quizzes.com/adv_focus.html – Diakses tanggal 13 Juni 2017
  3. Pengertian dan Contoh Kalimat Focusing Adverb – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-focusing-adverbs – Diakses tanggal 13 Juni 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *