Flat Adverbs Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Penggunaannya


Flat adverbs merupakan salah satu materi penting dalam grammar Bahasa Inggris yang masih sering menimbulkan kebingungan bagi sebagian orang. Bagi yang belum pernah mempelajari materi ini, tentu tidak akan tau bahwa ada sebagian adverb yang perlu kita perhatikan bentuknya agar kita tidak menggunakannya dengan salah. Untuk menghindari kesalahan penggunaan tersebut, melalui artikel kali ini kami ingin mencoba menyajikan ulasan singkat yang akan memberikan pemahaman bagi sobat pembaca semua tentang pengertian dan juga contoh flat adverbs dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Contoh Flat Adverbs Dalam Bahasa Inggris

Flat Adverbs Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Penggunaannya

Pengertian Flat Adverbs

Flat adverbs adalah istilah yang digunakan dalam tata aturan grammar Bahasa Inggris untuk menyebut kelompok adverb (kata keterangan) yang memiliki bentuk tampilan yang sama dengan adjective (kata sifat). Hal ini tentu mengejutkan bagi sebagian orang yang selama ini telah terbiasa mengenal adverb bearakhiran –ly yang merupakan kata bentukan dari adjective. Ini artinya kosakata yang termasuk kedalam flat adverb tidak memiliki akhiran –ly. Beberapa sebutan lain untuk flat adverb ini adalah plain adverbs, simple adverbs atau bare adverbs.

Contoh Flat Adverbs

Berikut ini adalah beberapa contoh flat adverbs yang penting untuk kita ketahui karena sangat sering digunakan dalam aktivitas sehari hari: Deep, Early, Fair, Fast, Hard, High, Late, Long, Low, Loud, Near, Quick, Safe, Slow, Soon, dan Tight. Bentuk plain atau flat ini biasanya digunakan dalam percakapan yang bersifat informal dan dalam kalimat yang singkat, seperti misalnya dalam kalimat imperative pendek berikut ini: “Go slow!” dan “Play fair!”. Perlu kita ketahui juga bahwa beberapa adverb ternyata memiliki kedua bentuk yaitu bentuk plain dan bentuk –ly seperti misalnya kata Slow dan Slowly, keduanya bisa digunakan sebagai adverb. Contoh lain dari adverb yang memiliki dua bentuk misalnya: Loud dan Loudly, Fair dan Fairly, Quick dan Quickly.

Related: Contoh Soal Dan Penjelasan Lengkap Tentang Noun Dan Jenisnya

Langkah Sederhana Dalam Membedakan Flat Adverb dan Adjective

Bentuk flat adverb yang sama dengan bentuk adjective nya tentu membuat kita bertanya, bagaimana cara membedakan keduanya dalam sebuah kalimat. Hal ini tidak rumit sobat, kita hanya perlu memahami penjelasan singkat yang akan kami berikan berikut ini, silahkan diperhatikan dengan baik.

Dalam membedakan antara Flat Adverb dengan Adjective, kita perlu mengingat masing masing fungsi atau definisi dari keduanya.

Flat adverb tetaplah sebuah adverb yang berfungsi sama dengan adverb pada umumnya yaitu untuk menerangkan verb (kata kerja), adjective (kata sifat) atau adverb lainnya.

Contoh: I always ride my bicycle slow.

Adjective adalah kosakata yang fungsinya untuk menerangkan noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti).

Contoh: I have a slow bicycle.

Nah, dengan berpegang pada fungsi dan definisidari masing masing poin penting di atas, tentu kita akan bisa membedakan flat adverbs dengan adjective saat kita menemuinya dalam sebuah kalimat.

Beberapa Contoh Penggunaan Flat Adverbs Dalam Kalimat

Perhatikanlah beberapa contoh pemakaian flat adverbs dalam kalimat berikut ini:

Hold on tight!

Jump high!

Come quick!

Come again soon.

Drive slow and enjoy the night.

I work hard and play harder.

Oke deh sobat, sekian dulu yang bisa kami sampaikan seputar materi flat adverbs dalam Bahasa Inggris, semoga cara penyampaian kami dalam artikel ini tidak membingungkan dan bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih atas kunjungan dan waktunya semoga apa yang kamu baca kali ini bermanfaat, baca jug artikel kami sebelumnya yang berjudul Flesh Out dan Flush Out Bedanya Apa Ya? Sampai ketemu lagi dalam artikel menarik lainnya.

Referensi:

  1. Flat Adverb – https://www.thoughtco.com/what-is-a-flat-adverb-1690863 – Diakses tanggal 17 Juni 2017
  2. Flat Adverb – https://en.wikipedia.org/wiki/Flat_adverb – Diakses tanggal 17 Juni 2017
  3. Flat Advebrs Are Exceeding Fine – http://www.macmillandictionaryblog.com/flat-adverbs-are-exceeding-fine – Diakses tanggal 17 Juni 2017
  4. Pengertian, Penggunaan dan Contoh Kalimat Flat Adverb – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-flat-adverbs – Diakses tanggal 17 Juni 2017
  5. Flat Adverbs Are Flat-Out Useful – https://www.dailywritingtips.com/flat-adverbs-are-flat-out-useful/ – Diakses tanggal 17 Juni 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *