First Person, Second Person Dan Third Person Dalam Grammar


Sobat pastinya sudah pernah mendengar istilah “person” ya dalam Bahasa Inggris. Ada beberapa jenis person yang sudah umum ditelinga kita yaitu first person, second person dan juga third person. Meski sudah sering mendengarnya, apa kita sudah tau pengertian dari person ini? Dan juga apa sebenarnya yang membedakan antara ketiga jenis person tersebut? Nah, supaya sobat bisa mempelajari dan memahami materi Bahasa Inggris tentang person dan jenis jenisnya ini, kami sengaja mengulasnya secara khusus dalam satu artikel ini.

Buat sobat yang kepingin tau lebih lanjut tentang person dalam istilah grammar Bahasa Inggris, silahkan langsung saja baca penjelasan yang kami berikan melalui artikel ini. Mudah mudahan apa yang kami tampilkan sudah bisa mencakup keseluruhan hal hal penting yang perlu kamu ketahui tentang person dan jenis nya. Selamat membaca. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat First Person, Second Person dan Third Person

First Person, Second Person dan Third Person

First, Second dan Third Person

First person, second person dan juga third person, ketiganya sama sama merupakan istilah dalam grammar Bahasa Inggris yang merujuk pada sudut pandang (point of view) dari suatu tulisan, kalimat atau ujaran. Ketiga jenis person tersebut tentu mewakili tiga jenis sudut pandang yang berbeda pula, namun sebelum membahas perbedaan antara ketiganya, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu peranan penting yang dipegang oleh ketiganya.

Related: Aturan Perubahan Bentuk Adjective Dalam Superlative Degree

Peranan penting pertama dari first, second and third person ini adalah pengaruh yang dimilikinya terhadap pengelompokkan pronoun. Yang kedua, ketiga bentuk point of view ini juga berpengaruh besar dalam menunjukkan subject-verb agreement dan juga pronoun-antecedent agreement. Dengan fungsi penting yang dimilikinya, maka sangat penting bagi kita untuk mempelajari masing masing bentuk first person, second person dan juga third person ini dengan serius.

Untuk mengetahui perbedaan antara ketiga jenis person tersebut, ada baiknya kita lakukan dengan langsung mempelajari penjelasan lengkap dari masing masing jenis person. Berikut penjelasan lengkapnya.

First Person

First person adalah sudut pandang yang kita gunakan saat kita membicarakan tentang diri kita sendiri sebagai pembicara dan juga ketika kita merujuk pada suatu kelompok dimana kita termasuk didalamnya. Dalam subjective case, bentuk singular dari first person adalah “I”, sedangkan bentuk pluralnya adalah “We”. Keduanya termasuk dalam subjective case karena sama sama bisa digunakan sebagai subject kalimat.

Contoh Kalimat Menggunakan First Person: I am Kurnia. I am a teacher and also a writer.

Selain “I” dan “We”, ada juga bentuk singular dari first person pronoun yang lainnya, yaitu: me (objective case), my dan mine (possessive case). Sedangkan untuk bentuk plural dari first person pronoun adalah: us (objective case), our dan ours (possessive case). Wah banyak juga rinciannya ternyata ya, hehe. Tidak apa apa jika masih bingung sobat, baca saja lagi penjelasan ini secara perlahan, mudah mudahan bisa dipahami.

Second Person

Second person adalah sudut pandang atau point of view yang kita gunakan untuk merujuk pada pembaca atau pendengar (audience), atau dalam artian orang yang kita ajak bicara (lawan bicara). Second person bentuk pronounnya adalah: you, your dan yours. Kita menggunakan ketiga pronoun ini saat kita merujuk pada satu orang atau lebih yang menjadi audience kita.

Contoh Kalimat Menggunakan Second Person: Be ready! I will pick you up at seven. You have to wear the red dress that I bought yesterday.

Third Person

Third person adalah sudut pandang yang paling umum digunakan terutama dalam bentuk tulisan seperti novel dan sebagainya. Point of view ini kita gunakan untuk merujuk pada seseorang, suatu tempat, sebuah benda dan sebagainya yang menjadi bahan pembicaraan. Bentuk third person singular yaitu: he, him, his/his, she, her, her/hers, it, it, its/its. Sedangkan bentuk third person plural yaitu: they, them, their/theirs.

Contoh Kalimat Menggunakan Third Person: They brought them their food and medicine supply because theirs had run out.

Bagaimana sobat, sampai disini sudah cukup jelas? Siip deh kalau kamu sudah bisa mengerti. Ingat ya sobat meskipun dari tadi semua jenis person dicontohkan dengan menggunakan pronoun, namun bukan berarti mereka adalah hal yang sama. Person adalah sudut pandang dalam kalimat, dan sudut pandang ini digambarkan dengan menggunakan pronoun. Jadi setiap pronoun akan mengandung person yang berbeda beda.

Baiklah sobat, kami sudahi sampai disini dulu pembahasan materi kali ini, mudah mudahan setelah membaca artikel ini sobat jadi semakin paham akan perbedaan dan penggunaan first person, second person dan juga third person dalam Bahasa Inggris. Terimakasih kunjungannya, kami tunggu kehadiranmu lagi besok.

Referensi:

  1. Pengertian, Macam, dan Contoh Kalimat Person (Grammar) – http://www.wordsmile.com/pengertian-macam-contoh-kalimat-person-grammar – Diakses tanggal 9 Januari 2017
  2. Person – http://englishplus.com/grammar/00000362.htm – Diakses tanggal 9 Januari 2017
  3. First, Second, and Third Person – http://www.quickanddirtytips.com/education/grammar/first-second-and-third-person – Diakses tanggal 9 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *