Factitive Verb Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Penggunaannya


Sobat, apakah kamu tau jenis kata kerja dalam Bahasa Inggris yang disebut dengan Factitive Verb? Mungkin kamu pernah mendengar istilah ini ya. Nah, dalam kesempatan kali ini, kami ingin mencoba memberikan sedikit ulasan tentang jenis verb yang satu ini. Kalau kamu sekarang memang sedang mencari penjelasan tentang kata kerja yang memiliki sifat spesial ini, kami sarankan sobat meluangkan waktu sebentar untuk membaca rangkuman yang kami sediakan di bawah ini.

Factitive verb ternyata jumlahnya tidak begitu banyak sobat, jadi kami yakin deh kita akan mampu menghapal contoh kosakata yang termasuk kedalam golongan Factitive Verb ini. Oh ya, sobat perlu tau juga nih, karena memiliki sifat yang khas, maka sebelum kamu memutuskan untuk mencoba menggunakan contoh factitive verb dalam sebuah kalimat, kami sangat menyarankan kamu untuk membaca dan mencoba memahami pengertian dari factitive verb ini terlebih dahulu, supaya nantinya kamu akan bisa membayangkan kalimat seperti apa yang bisa kamu bentuk dengan menggunakan kata kerja dari jenis factitive verb ini. Siip ya, selamat belajar. – Bigbanktheories.com

Penjelasan Dan Contoh Factitive Verb Dalam Bahasa Inggris

Factitive Verb Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Penggunaannya

Pengertian Factitive Verb

Factitive verb adalah jenis kata kerja yang bisa digunakan untuk mengungkapkan kondisi atau keadaan dari seseorang atau sesuatu yang disebabkan oleh kata kerja tersebut secara langsung. Misalnya saja seperti pada contoh kalimat berikut ini:

Related: Baca Artikel Ini Untuk Tau Perbedaan Antara Must Dan Have To

Master Splinter chose Leonardo the leader of Ninja Turtles.

Perhatikan contoh kalimat di atas! Dalam kalimat tersebut, kita menggunakan sebuah Factitive Verb yaitu “Choose” yang artinya “memilih”. Mengapa kata Choose dalam kalimat ini disebut sebagai contoh dari Factitive Verb? Alasannya adalah karena melalui kalimat tersebut, kita bisa mengetahui secara langsung perubahan kondisi yang terjadi terhadap si “Leonardo (object)” yang merupakan hasil atau akibat dari kata kerja tersebut.

Coba deh kita terjemahkan contoh kalimat di atas, “Master Splinter memilih Leonardo sebagai pemimpin Ninja Turtles”. Pastinya sobat juga menerjemahkan nya seperti itu ya kedalam Bahasa Indonesia, nah jika kita berkaca pada terjemahan itu, berarti seharusnya dalam kalimat di atas muncul kata “as” dong yang artinya sebagai. Namun ternyata dalam kalimat versi Bahasa Inggris nya preposition “as” ini bisa tidak muncul dan kita tetap menangkap pemahaman yang utuh terhadap makna kalimat. Inilah yang kami sebut “secara langsung / dengan langsung” tadi sobat, dan hal ini bisa terjadi karena kita menggunakan Factitive Verb dalam kalimat di atas. Bagaimana sobat, apa sudah bisa dimengerti efek dari sebuah factitive verb dalam kalimat? Kami harap sudah ya.

Semua kosakata Factitive Verb merupakan kata kerja yang berjenis transitive verb (kata kerja yang membutuhkan object). Namun karena efek yang harus ditimbulkan seperti yang kami jelaskan di atas, maka tidak semua transitive verb bisa menjadi Factitive Verb. Beberapa contoh Factitive Verb yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

Contoh Factitive Verb

Elect

Appoint

Make

Choose

Deem

Assign

Name

Select

Judge

Designate

Sebuah Factitive Verb dikatakan bisa memiliki dua object, yaitu direct object (yang langsung menerima aksi verb) dan object complement (keterangan perubahan kondisi dari direct object). Nah, karena bagi sebagian ahli bahasa object dan complement ini dianggap sebagai “complements” semua, maka dalam penggunaan Factitive Verb dikenal istilah direct object dan second complement (dimana direct object dianggap sebagai first complement).

Contoh Kalimat: The students elected Markoni the new leader of student council.

Keterangan: Markoni = direct object, the new leader of student council = second complement

Factitive verb selalu menunjukkan bahwa direct object telah mengalami perubahan atau berada dalam kondisi yang baru yang dijelaskan oleh object complement (second complement) nya. Verb jenis ini juga bisa menunjukkan status atau sifat yang diberikan terhadap seseorang atau sesuatu. Intinya, penggunaan Factitive verb dalam sebuah kalimat akan membantu menjelaskan bagaimana seseorang atau sesuatu itu bisa berubah.

Contoh Kalimat: The CEO of the company appointed Mr. Rebon general manager.

Perbedaan Factitive Verb dengan Linking Verb dan Causative Verb

Sobat, sebagian orang yang mempelajari Factitive Verb mungkin akan menganggapnya memiliki kemiripan dengan Linking Verb dan juga Causative Verb. Namun kita perlu perhatikan juga bahwa ada perbedaan lho antara ketiganya. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

Linking Verb vs. Factitive Verb

Linking verb maupun Factitive Verb, keduanya sama sama menghubungkan subject dengan bagian lain dalam sebuah kalimat yang mengandung informasi tambahan tentang subject tersebut, inilah sebabnya ada yang menganggap bahwa keduanya sama atau mirip. Namun bedanya adalah Linking Verb menambahkan informasi mengenai subject yang memang sudah ada dari awal, sedangkan Factitive Verb lebih menekankan pada pembentukan atau pemberian nama atau bisa dikatakan menunjukkan adanya perubahan kondisi. Perhatikan contoh berikut:

The cake smells nice. (Linking Verb)

The customer named the cake the most delicious cake in town. (Factative Verb)

Causative Verb vs. Factitive Verb

Bagisebagian orang, mungkin Causative verb dan Factitive verb terlihat mirip ya, tapi menurut saya pribadi tidak lho. Kemiripan ini mungkin hampir sama alasannya dengan Linking verb di atas, yaitu Causative dan Factitive juga menghubungkan subject dengan bagian lain dalam kalimat yang berisi penjelasan tentang subject. Namun perlu kita perhatikan ya sobat dalam Causative akan ditunjukkan bahwa seseorang membuat seseorang yang lain melakukan sesuatu dengan begini dalam Causative akan muncul aksi lain dalam kalimatnya, hal ini tentu sangat berbeda dengan Factative. Perhatikan contoh berikut ini:

I let my sister take the present. (Causative Verb)

The manager made Diago the project leader. (Factative Verb)

Oke deh sobat mudah mudahan bisa dimengerti ya penjelasan dari kami tentang Factative Verb dalam Bahasa Inggris ini. Kalau masih bingung, jangan menyerah sobat, coba baca penjelasan dalam artikel ini sekali lagi, lakukan pelan pelan saja yang penting kamu bisa memahaminya. Terimakasih atas kunjungannya hari ini, sampai ketemu lagi dalam artikel lainnya. Jangan lupa baca materi terbaru dari kami yang berjudul Perbedaan Farther dan Further Serta Contoh Penggunaannya.

Referensi:

  1. Factitive Verbs – http://www.thefreedictionary.com/Factitive-Verbs.htm – Diakses tanggal 21 Juni 2017
  2. Factitive Verbs? – https://www.englishforums.com/English/FactitiveVerbs/vqwcc/post.htm – Diakses tanggal 21 Juni 2017
  3. Pengertian dan Contoh Kalimat Factitive Verb – https://www.wordsmile.com/factitive-verb – Diakses tanggal 21 Juni 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *