Expressing Wishes Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Kalimatnya


Expressing wishes atau bisa kita sebut dalam Bahasa Indonesia dengan mengungkapkan harapan ternyata memiliki pola tertentu dalam Bahasa Inggris. Jika kita tidak mempelajari cara mengekspresikan wishes ini dengan benar, maka mungkin saja kita akan bingung nantinya saat menghadapi berbagai contoh kalimat berbentuk wishes ini. Padahal, jenis kalimat yang tergolong kedalam subjunctive ini sangat sering lho muncul dalam soal ujian sekolah, gawat kan kalau kita tidak bisa menemukan jawabannya.

Melalui artikel kali ini, kita akan mempelajari bagaimana cara nya dalam mengungkapkan wishes dengan menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini bisa kita lakukan dengan mengamati berbagai contoh kalimat yang mengandung kata wish yang sering muncul dalam dialog sehari hari native speaker. Dengan begini kita akan mengingat pola yang bisa digunakan dalam mengungkapkan wishes dengan tepat. Sekarang, siapkan buku catatanmu karena kita akan mulai mempelajari materi tentang expressing wishes dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Expressing Wishes Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Kalimatnya

Expressing Wishes In English

Expressing Wishes

Seperti yang telah kami sebutkan di atas bahwa Expressing Wishes artinya mengungkapkan harapan. Sama seperti kalimat subjunctive lainnya, sebuah kalimat yang mengekspresikan wishes seseorang memiliki makna yang berlawanan dengan fakta yang ada. Ini artinya kita bisa menggunakan pola kalimat Expressing Wishes ini untuk menyampaikan pesan kepada pembaca atau pendengar bahwa keadaan sekarang tidak seperti yang kita harapkan. Pelajari aturan lengkapnya dalam artikel yang berjudul Kalimat Subjunctive Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya.

Related: Ini Lho Bedanya Phrasal Verb Dan Prepositional Verb Itu

Frasa “I wish I had..” ternyata dianggap sebagai pola paling umum yang bisa kita gunakan dalam mengungkapkan harapan kita dengan menggunakan Bahasa Inggris. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat harapan yang sering diucapkan orang:

I wish I had more time with her.

I wish I had a car.

I wish I had a new cell phone.

I wish I had a child.

Selain pola di atas, ternyata kita juga bisa menggunakan berbagai bentuk simple past dari verb lainnya juga untuk mengekspresikan wishes dalam Bahasa Inggris. Berikut ini beberapa contohnya:

I wish I knew how to cook fried chicken.

I wish I locked the door last night.

I wish I met her earlier.

I wish I gave it to my sister.

Bagaimana sobat, mudah kan ternyata Expressing Wishes dalam Bahasa Inggris itu. Nah, dari contoh yang sudah kami tampilkan di atas, ada yang perlu kita perhatikan nih, meskipun kita menggunakan bentuk verb dalam past tense, namun sebenarnya kita tidak sedang membicarakan suatu past event (kejadian dimasa lampau), kita hanya mengungkapkan harapan kita dimasa sekarang (present time) yang ternyata berkebalikan dengan keadaan sebenarnya.

Jika yang kita maksudkan adalah untuk membicarakan harapan di masa lampau, kita bisa menggunakan pola “I wish I had + (Verb 3 / past participle)”. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

I wish I had listened to my parents.

I wish I had finished my homework.

I wish I had lived in New York.

Oke deh itulah tadi sekilas pembahasan materi yang bisa kami tampilkan kali ini, kami harap penjelasan yang kami bagikan bisa dipahami dengan mudah ya. Sekarang kami yakin deh, sobat pasti sudah bisa mengekspresikan wishes atau harapan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Sekarang yang perlu kamu lakukan adalah terus mengulang ulang penggunaannya. Terimakasih atas kunjungannya hari ini, baca juga artikel terbaru dari kami yang berjudul Extraposition Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Kalimatnya. Sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Expressing Wishes in English – https://www.englishgrammar.org/expressing-wishes-english/ – Diakses tanggal 28 Juni 2017
  2. Pengertian, Penggunaan dan Contoh Kalimat Expressing Wishes – https://www.wordsmile.com/pengertian-penggunaan-contoh-kalimat-expressing-wishes – Diakses tanggal 28 Juni 2017
  3. I Wish I Had – https://www.thoughtco.com/how-to-express-wishes-1211102 – Diakses tanggal 28 Juni 2017

Tag: #Wish #Hope #ExpressingWishes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *