Exposition Text Serta Generic Structure Dan Language Feature


Exposition text adalah jenis teks yang akan kita temui di tingkat SMA/SMK. Teks dengan jenis exposition ini berisi analisa atau interpretasi penulis terhadap hal-hal yang terjadi di sekeliling nya. Jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, kata “Exposition” itu sendiri bermakna “penjelasan yang terperinci”. Hal ini mungkin akan membuat kita berpikir bahwa exposition text sama dengan Explanations text, padahal tidak begitu. Tulisan yang tergolong kedalam Exposition text kadang dikenal juga dengan nama Argumentative text, karena teks ini akan didominasi oleh argumen-argumen si penulis dan hal itulah yang menjadi ciri khas yang membedakan jenis teks Exposition dengan teks lainnya.

Beberapa hal yang akan kita bahas dalam artikel kali ini diantaranya: pengertian exposition text, generic structure exposition text, language features exposition text serta type atau jenis dari exposition text. Bagi sobat yang sedang membahas materi tentang exposition text ini di sekolah, silahkan baca penjelasan singkat yang saya sajikan dalam postingan kali ini, saya harap penjelasan berikut ini bisa membantumu dalam memahami teks Bahasa Inggris yang berjenis exposition ini. – Bigbanktheories.com

Pengertian Exposition Text Beserta Generic Structure Dan Language Feature nya

Exposition Text Serta Generic Structure Dan Language Feature

Pengertian Exposition Text

Exposition text adalah jenis teks yang berhubungan dengan analisa, interpretasi serta evaluasi dari hal-hal yang terjadi di sekitar kita. Terkadang jenis teks ini dikenal juga dengan sebutan argumentative text karena isinya didominasi oleh opini serta argumen penulis terhadap suatu isu. Tujuan sebuah exposition text bisa berbeda-beda, ada yang bertujuan untuk mempengaruhi atau meyakinkan pembaca agar berpikir ke arah sudut pandang penulis, ada pula yang bertujuan untuk membuat pembaca sadar akan keberadaan suatu isu.

Related: Procedure Text Singkat Tentang Various Ways To Cook Banana

Jika sobat sudah sempat membahas materi ini di sekolah, mungkin sobat sudah tau bahwa tipe atau jenis exposition text itu ada dua. Berikut penjelasan nya:

Jenis Exposition Text

Sebuah exposition text bisa dibentuk dari isu atau masalah yang ada di sekitar kita maupun dari sikap atau pendapat kita terhadap suatu hal. Dari hal yang melatar belakangi teks tersebut, exposition text bisa dikelompokkan kedalam dua jenis berikut ini:

Analytical Exposition

Analytical exposition adalah jenis teks eksposisi yang diawali dengan pernyataan yang menunjukkan sikap, opini atau posisi penulis terhadap tema yang dibahas kemudian di dukung oleh berbagai argumen dan ditutup dengan penegasan atau pernyataan ulang tentang opini yang dinyatakan di bagian awal.

Hortatory Exposition

Hortatory exposition adalah jenis teks eksposisi yang diawali dengan pernyataan yang berisi isu atau masalah yang diangkat sebagai tema tulisan, kemudian di dukung oleh berbagai argumen serta bukti pendukung yang dapat mengarahkan pembaca pada sudut pandang penulis dan ditutup dengan saran atau rekomendasi dari si penulis akan apa yang seharusnya dilakukan atau terjadi terkait dengan masalah atau isu yang ditampilkan di awal.

Generic Structure Exposition Text

Struktur teks atau generic structure dari exposition text sebenarnya sama saja dengan yang sudah pernah sobat baca dalam penjelasan tentang argumentative text yang sudah saya terbitkan sebelumnya. Namun untuk kali ini saya akan mengarahkan penjelasan itu pada perbedaan antara analytical exposition dan hortatory exposition yang merupakan bagian dari exposition text.

Thesis

Dalam analytical exposition, bagian ini akan berisi “position” atau “stance” sedangkan dalam hortatory exposition bagian ini akan berisi “issue” atau “problem”.

Argument

Antara analytical dan hortatory exposition pada bagian ini sama saja, berisi argumen yang mendukung pernyataan dalam thesis.

Recommendation / Reiteration

Pada bagian akhir ini, sebuah hortatory exposition akan berisi rekomendasi atau saran dari sang penulis terhadap masalah yang menjadi tema tulisan sedangkan pada analytical esposition, bagian ini akan berisi pernyataan ulang dari sang penulis.

Itulah tadi sekilas pembahasan tentang generic structure Exposition Text jika kita lihat dari perbedaan antara struktur teks analytical exposition dan hortatory exposition. Sekarang kita akan mempelajari unsur kebahasaan atau language feature dari exposition text.

Language Features Exposition Text

Language feature dari exposition text ini sudah sempat kita bahas dalam artikel tentang Argumentative Text. Penjelasan di bawah ini saya harap bisa melengkapi penjelasan yang sebelumnya serta membantumu untuk lebih memahami ciri kebahasaan dari teks eksposisi.

Generalised participants

Seringnya membahas tentang hal-hal yang bersifat abstrak seperti: fumes, issue, idea, opinion, problems etc.

Emotive Words

Berkaitan dengan kosakata yang mampu membangkitkan emosi pembaca seperti: amused, concern, innocent, monster, unreasonable etc.

Technical Terms

Biasanya berkaitan dengan istilah-istilah khusus seputar tema yang kita angkat dalam sebuah exposition text. Misalnya saja jika isu yang kita bahas berkaitan dengan bidang ekonomi, mungkin kita akan menemukan istilah seperti interest, loan, profit dan sebagai nya.

Connectors

Bentuk-bentuk penghubung ide dalam kalimat, dalam hal ini biasanya yang dapat menunjukkan hubungan alasan akan sesuatu seperti misalnya: because of, so, therefore, the reason.

Simple Present Tense dan bentuk Passive

Bentuk kalimat dalam simple present tense dan juga passive mendominasi dalam jenis teks ini.

Nah seperti itulah sekilas pembahasan yang bisa saya berikan mengenai unsur kebahasaan atau language feature dari exposition text. Berikut ini akan saya tampilkan sebuah contoh dari exposition text dalam Bahasa Inggris beserta artinya.

Contoh Exposition Text (About Bullying)

Berikut ini saya tampilkan sebuah contoh exposition text dengan tema “Bullying”. Saya yakin sobat semua sudah sangat familiar ya dengan isu yang satu ini, oleh karena itu saya yakin sobat pasti bisa memahami isi teks berikut ini dengan mudah.

Bullying Among Children

Recently, the number of report about bullying among children has risen. The type of the case also get even various and worse. Some of them even end with sexual abuse and death. This issue definitely is not something we would take lightly.

Bullying cause bad effects for both side of those who are bullied and also those who bully. Children who are bullied usually show negative changes on their behaviour and also on thier physical condition. Some of them might experience depression and anxiety which lead them to experience more sadness and loneliness. They also might experience changes in their pattern of sleeping and eating which caused them to have health problem. All of this effect usually have major effect on their achievement at school, some of them even drop out of their school.

Children who bully others will also experience some negative effect from their actions. These effect will be brought until their adulthood. Some of the effects are: tendencies to consume alcohol and drugs when they are adult,tendencies to have violent behavior toward people around them, properties around them and even tendencies to be abusive toward their romantic partners in the future. In short, children who bully other will have tendencies to be criminal in the future.

As an adult or parents, I believe we do not want those effects happen to our children. As a recomendation, I suggest we deal with this issue seriously whenever we saw any bullying happen around us.

Terjemahan Contoh Exposition Text

Penindasan Diantara Anak – Anak

Baru-baru ini, jumlah laporan tentang tindakan penindasan antar anak-anak telah meningkat. Jenis kasus nya pun menjadi beragam dan semakin buruk. Beberapa diantaranya bahkan berakhir pada kekerasan seksual dan kematian. Persoalan ini sudah tentu bukan merupakan suatu hal yang kita ingin anggap ringan.

Penindasan menyebabkan efek yang buruk bagi kedua sisi mereka yang ditindas dan mereka yang menindas. Anak-anak yang ditindas umumnya menunjukkan perubahan negatip pada prilaku mereka dan juga pada kondisi fisik mereka. Beberapa diantara mereka mungkin mengalami depresi dan kecemasan yang menuntun mereka untuk mengalami rasa sedih dan kesepian yang berlebih. Mereka juga mungkin mengalami perubahan dalam pola tidur dan makan yang menyebabkan mereka memiliki masalah kesehatan. Semua efek ini biasanya memiliki dampak besar pada prestasi mereka di sekolah, beberapa dari mereka bahkan keluar dari sekolah mereka.

Anak-anak yang menindas yang lain juga akan mengalami beberapa efek negatip dari tindakan mereka. Efek-fek ini akan terbawa hingga mereka dewasa. Beberapa efek tersebut diantaranya: kecenderungan untuk mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan saat mereka dewasa, kecenderungan untuk memiliki prilaku kasar terhadap orang-orang di sekitar mereka, benda-benda di sekitar mereka dan  bahkan kecenderungan untuk bersikap kasar terhadap pasangan mereka di masa depan. Singkatnya, anak-anak yang menindas orang lain akan memiliki kecenderungan untuk menjadi kriminal di masa depan.

Sebagai orang dewasa atau orang tua, saya percaya kita tidak menginginkan dampak ini terjadi pada anak-anak kita. Sebagai rekomendasi, saya sarankan kita berurusan dengan isu ini secara serius kapanpun kita melihat adanya penindasan terjadi di sekitar kita.

Itulah tadi contoh exposition text dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat bagi sobat pembaca semua. Saya akhiri sampai disini penjelasan tentang exposition text kali ini, saya harap informasi yang saya bagikan kali ini bisa membantumu dalam memahami materi ini dengan lebih mudah. Terimakasih banyak atas kunjunganmu, sampai ketemu lagi dalam artikel menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *