Expletive Construction There Dan It Dalam Bahasa Inggris


Expletive construction adalah salah satu materi Bahasa Inggris yang mungkin tidak akan sobat temui di tingkat SMP dan juga SMA. Meskipun begitu, namun sebenarnya dalam keseharian kita, penggunaan expletive construction sudah sering kita jumpai dalam kalimat. Karena itu, kami rasa tidak masalah bagi kita untuk mempelajarinya sekarang.

Melalui artikel kali ini, kami ingin mengajak sobat untuk mempelajari pengertian serta contoh penggunaan Expletive Construction dalam Bahasa Inggris. Materi ini akan sangat berguna lho bagi kamu, terutama kalau sobat memiliki ketertarikan dalam bidang penerjemah Bahasa Inggris, karena expletive construction akan berhubungan dengan makna kalimat. Bagaimana sobat, sudah siap belajar materi baru hari ini? Yuk kita simak langsung penjelasan lengkapnya. – Bigbanktheories.com

Pengertian Dan Contoh Expletive There dan It

Expletive Construction There dan It Dalam Bahasa Inggris

Expletive Construction

Sebelum kita membahas tentang pengertian Expletive Construction, kami ingin menyampaikan arti dari kata expletive itu terlebih dahulu. Terjemahan atau arti dari kata Expletive yang akan kami sajikan berikut ini berasal dari beberapa website yang membahas hal yang sama.

Related: Penjelasan Lengkap Tentang Preposition Of Movement

Menurut definisi yang kami kutip dari wikipedia, ternyata penggunaan kata Expletive bisa merujuk pada beberapa hal, yaitu:

Syntactic Expletive – Sebuah kata yang menunjukkan peran sintaksis namun tidak memiliki kontribusi apapun terhadap makna.

Expletive Pronoun – Sebuah pronoun yang digunakan sebagai subject atau sebagai verb argument lainnya yang tidak bermakna namun dibutuhkan secara sintaksis.

Expletive Attributive – Sebuah kata yang tidak memiliki kontribusi apapun terhadap makna namun menunjukkan perasaan yang kuat dari pembicara.

Profanity – Kata kata sumpah, ucapan ucapan yang tidak sopan atau bersifat menantang.

Sedangkan menurut definisi yang kami kutip  dari Merriam-Webster, kata Expletive berarti suku kata, kata atau frasa yang dimasukkan kedalam kalimat pada posisi subject atau object dari verb untuk membentuk makna yang utuh. Dan, menurut dictionary(dot)com, kata Expletive bisa berarti seruan atau ekspresi yang umumnya tidak sopan.

Kita bisa lihat dari beberapa sumber yang kami kutip, ternyata pengertian Expletive tidak begitu berbeda antara satu sumber dengan yang lainnya. Tapi yang akan kita bahas kali ini adalah Expletive Construction, kira kira apa ya pengertiannya?

Expletive Construction merupakan struktur kata kata yang terbentuk dari gabungan antara Expletive Pronoun dengan verb be yang disesuaikan dengan konteks kalimatnya. Terdapat dua expletive pronoun dalam Bahasa Inggris, yaitu “There” dan “It”.

Rumus Expletive Construction

There / It + Verb be

Istilah “Expletive” ini terkadang dikenal juga dengan sebutan “Empty Words”, apa artinya? Maksudnya disini adalah sama seperti definisi yang telah kami sebutkan di atas, yaitu penggunaan Expletive tidak mempengaruhi makna kalimat (bisa dikatakan tidak bermakna), namun secara struktur kalimat keberadaannya sangat penting. Aneh ya? Hehe mungkin kamu belum mengerti ya sampai disini, coba deh perhatikan beberapa contoh kasus berikut ini.

It is dark down here.

There is a man at the window.

Untuk dua kalimat di atas, bagaimana kamu akan menerjemahkan kata “It” dan “There” di sana kedalam Bahasa Indonesia? Kalimat pertama mungkin akan kamu terjemahkan menjadi:

“Di bawah sini gelap.”

Kita mengerti maksud kalimat ini adalah bahwa “keadaan nya gelap di bawah sini”, namun ternyata kita tidak menerjemahkan kata “It” menjadi “Itu” kan? Nah inilah yang dimaksudkan dengan Empty Words atau meaningless word tadi sobat. Tapi kalau kita hilangkan kata “It” dari kalimat tersebut, maka kalimatnya akan menjadi tidak lengkap. Seperti itulah kira kira peranan sebuah Expletive dalam kalimat.

Untuk kalimat kedua, mungkin kita akan menerjemahkannya menjadi:

“Ada seorang pria di dekat jendela.”

Informasi nya cukup jelas bagi kita ya sobat, bahwa “Seorang pria di dekat jendela.” Dari manakah muncul kata “Ada” dalam versi terjemahan Bahasa Indonesia nya? Apakah kata “Ada” adalah terjemahan dari kata “There” ? Hal ini terjadi karena proses perubahan dari satu bahasa kedalam bahasa lainnya tentu akan dipengaruhi juga oleh faktor budaya. Saat menerjemahkan suatu kalimat, kita harus berusaha sebaik mungkin untuk mempertahankan informasi yang ada dalam kalimat tersebut agar tidak berubah, disinilah kita mulai mencari padanan yang tepat dalam bahasa target. Dan tentu saja kata “Ada” bukanlah terjemahan dari kata “There”, namun inilah padanan yang tepat saat kata “There” digunakan bersama verb be sebagai sebuah Expletive. Dari sinilah kita selama ini mengenal dua hal berikut:

There is / was = Ada (untuk benda tunggal)

There are / were = Ada (untuk benda jamak)

Jadi misalnya kamu ingin membuat kalimat, “Ada tiga ekor kucing di kamarku.” Maka versi Bahasa Inggris nya adalah “There are three cats in my room.”. Bagaimana sobat, apa sekarang sudah mulai bisa dipahami penjelasan tentang Expletive Construction ini? Kami harap begitu ya.

Oke deh, mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan kali ini seputar materi Bahasa Inggris tentang Expletive Construction There dan It dalam Bahasa Inggris, kami harap penjelasan singkat dari kami bisa bermanfaat. Setelah membaca penjelasan di atas, kita tentu menyadari bahwa fungsi Expletive dalam kalimat cukup penting, yaitu untuk memunculkan atau menyediakan sebuah subject formal agar sebuah kalimat menjadi lengkap, dan juga untuk mengantisipasi subject yang akan muncul kemudian. Terimakasih banyak atas kunjunganmu hari ini, baca juga artikel terbaru kami yang berjudul Expressing Wishes Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Kalimatnya.

Referensi:

  1. Apa Itu Expletive It & There? Penjelasan & Contoh – http://www.belajarbahasainggris.us/2012/03/penjelasan-expletive-it-there.html – Diakses tanggal 30 Juni 2017
  2. Pengertian dan Contoh Expletive Construction (There dan It) – https://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-expletive-construction – Diakses tanggal 30 Juni 2017
  3. Expletive – https://en.wikipedia.org/wiki/Expletive – Diakses tanggal 30 Juni 2017
  4. Expletive – https://www.merriam-webster.com/dictionary/expletive – Diakses tanggal 30 Juni 2017
  5. Expletive – http://www.dictionary.com/browse/expletive – Diakses tanggal 30 juni 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *