Explanation Text Beserta Generic Structure Dan Contohnya


Saat mempelajari materi tentang explanation text, apa yang ada dalam benakmu? Jika dilihat dari nama nya, mungkin yang pertama terlintas di pikiran kita adalah ini jenis teks yang berisi “explanation” atau “penjelasan”. Ya tentu saja, itu benar sekali sobat. Tapi yang jadi pertanyaan sekarang, penjelasan yang seperti apa yang hadir dalam sebuah explanation text itu? Karena seperti yang kita ketahui, ada beberapa jenis teks lain dalam pelajaran Bahasa Inggris yang juga berisi penjelasan atau pemaparan, Exposition Text misalnya.

Saat kamu mengetikkan “Explanation Text” di kolom pencarian google, ada hal menarik yang akan kamu temukan yaitu munculnya saran pencarian lain “explanation text about rainbow” dan juga “explanation text about aurora”. Yang membuat saya penasaran adalah, mengapa saran yang muncul berhubungan dengan fenomena alam ya? Apakah memang sebuah explanation text berhubungan dengan penjelasan fenomena alam? Hmm daripada kita bingung dan penasaran terlalu lama, yuk simak penjelasan singkat tentang explanation text beserta generic structure dan contohnya berikut ini. – Bigbanktheories.com

Pengertian Explanation Text Beserta Generic Structure Dan Language Feature nya

Explanation Text Beserta Generic Structure Dan Contohnya

Pengertian Explanation Text

Explanation text adalah jenis teks yang berisi penjelasan yang dapat memberikan jawaban akan pertanyaan mengapa suatu hal terjadi atau bagaimana proses terjadinya sesuatu. Jika disederhanakan pengertiannya, maka bisa kita bilang bahwa explanation text merupakan suatu teks yang berisi penjelasan yang rinci. Beverly Derewianka dalam bukunya “Exploring How Texts Work” menyatakan bahwa Explanation Text itu adalah teks yang membahas “Why is it so?” atau “How does it work?”. Dari sini terbayang sudah di pikiran kita ya bahwa fokus dari sebuah Explanation text lebih mangarah pada “process” dibandingkan pemaparan tentang suatu benda. Inilah yang membedakan Explanation text dengan jenis teks lain yang memiliki kemiripan dengan nya seperti Report Text atau Exposition Text.

Related: Contoh Descriptive Text Singkat Terbaru Tentang Gerard Pique

Setelah membaca pengertian explanation text di atas, sudah terjawab ya rasa penasaran kita. Ternyata alasan google memberikan saran pencarian yang berhubungan dengan rainbow dan aurora karena mungkin fenomena alam seperti dua hal tersebut memang dapat dijelaskan proses nya dalam sebuah explanation text. Misalnya saja pelangi, tidak mungkin kan tiba-tiba saja muncul pelangi di suatu tempat, ada proses yang terjadi terlebih dahulu sebelum akhirnya pelangi tersebut bisa kita lihat.

Jenis Explanation Text

Berkaitan dengan pengelompokkan tipe explanation text, hingga saat ini ternyata belum ada pakem nya. Namun secara umum explanation text bisa kita kelompokkan kedalam dua jenis berikut ini:

Explanation Text yang berisi penjelasan “How”

Jenis explanation text ini berfokus pada penjelasan proses atau cara kerja sesuatu, misalnya saja seperti cara kerja telpon, cara kerja mesin kendaraan dan sebagainya. Jenis ini ternyata bisa di rinci lagi menjadi:

Mechanical explanation (How does an engine work?)

Technological explanation (How does an email work?)

System explanation (How does goverment administration work?)

Natural Explanation (How are sedimentary rocks formed?)

Explanation Text yang berisi penjelasan “Why”

Jenis explanation text ini berfokus pada penjelasan penyebab atau alasan terjadinya suatu hal, misalnya saja penjelasan tentang mengapa sebuah benda jatuh ke bawah dan sebagainya. Beberapa contoh judul atau tema yang termasuk kedalam nya misalnya:

Why do we cry when we slice shallot?

Why is the water level rising?

Why does iron go rusty?

Bagaimana sobat, sudah semakin paham kan ciri khas yang membedakan Explanation text dengan jenis teks lainnya dalam Bahasa Inggris? Saya harap sudah ya. Nah sekarang kita akan membahas purpose atau tujuan dari sebuah explanation text yang biasanya dijelaskan dalam fungsi sosial dari sebuah teks, kemudian kita akan membahas struktur teks atau generic structure dari explanation text, serta unsur kebahasaan atau language feature nya. Silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.

Fungsi Sosial Explanation Text

Social function atau fungsi sosial dari sebuah explanation text adalah untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana cara kerja suatu hal atau alasan / penyebab terjadinya suatu fenomena. Bisa kita katakan, tujuan dari explanation text adalah untuk memberikan pemahaman pada pembaca tentang hal yang menjadi bahan bahasan dalam teks tersebut.

Generic Structure Explanation Text

Struktur teks atau generic structure dari sebuah explanation text adalah seperti berikut ini:

Phenomenon

Bagian ini merupakan opening atau pembuka dari sebuah explanation text. Terkadang ada juga yang menyebut bagian ini dengan “statement about the phenomenon”, yang jelas apapun namanya, pada bagian inilah penulis menampilkan tentang apa explanation text tersebut. Sedikit informasi tambahan, bagian ini sering muncul dalam bentuk pertanyaan seperti yang telah saya contohkan pada bagian jenis explanation text di atas.

Explanation

Bagian ini berisi urutan penjelasan yang akan menerangkan bagaimana / mengapa suatu fenomena terjadi atau muncul. Bagian ini bisa terdiri dari satu paragraf atau lebih.

Language Feature Explanation Text

Berikut ini adalah sekilas penjelasan tentang language feature atau unsur kebahasaan dari sebuah explanation text.

Generalised non-human participants (sedimentay rocks, layers, computers)

Connector – time relationship (first, after that, that, then, following, finally)

Connector – cause and effect (so, therefore, consequently, since, as a consequence)

Action Verb

Passive Form

Present Tense

Contoh Explanation Text (About Car Engine)

How Does Car Engine Work?

A car can move because it has engine. Most of cars in Indonesia use gasoline to power the engine. Have you ever imagine how does the car engine work? The car engine provides energy for the car’s movement by converting the potential energy in gasoline and oxygen into thermal energy. Then, the thermal energy is transformed into mechanical energy that allow the vehicle to accelerate. The following steps will explain the whole process happened inside a car engine.

First, gasoline and air mixture is placed into a cylinder which is fitted with a piston that can move up and down inside. After that, the piston moves up and squeezes the fuel, making it heat up. Now we have hot air and gas waiting for a little spark to light it up. The spark plug do its part on this step, producing an electric spark which makes the hot fuel and oxygen from the air explode, changing the potential energy into thermal energy in the form of expanding hot gases. The hot gases push on the piston forcing it to move up and down. These movement is converted into mechanical energy that allow the wheel to spin.

Terjemahan Contoh Explanation Text (Tentang Mesin Mobil)

Bagaimanakah Cara Kerja Mesin Mobil?

Sebuah mobil bisa bergerak karena ia memiliki mesin. Sebagian besar mobil di Indonesia menggunakan bensin untuk bahan bakar mesin nya. Pernahkah kamu membayangkan bagaimana cara kerja mesin mobil? Mesin mobil menyediakan tenaga bagi pergerakan mobil dengan mengubah energi potensial dalam bensin dan oksigen kedalam energi panas. Kemudian, energi panas itu diubah kedalam energi mekanis yang memungkinkan kendaraan itu untuk bergerak. Langkah-langkah di bawah ini akan menjelaskan keseluruhan proses yang terjadi dalam sebuah mesin mobil.

Pertama-tama, campuran bensin dan udara di tempatkan kedalam sebuah silinder yang seukuran dengan piston yang bisa bergerak ke atas dan ke bawah di dalamnya. Setelah itu, piston tersebut bergerak ke atas dan mendorong bahan bakar, membuatnya menjadi panas. Sakarang kita memiliki udara panas dan gas menunggu kilatan kecil untuk membakarnya. Busi memainkan perannya pada bagian ini, menghasilkan kilatan listrik yang membuat bahan bakar panas dan oksigen dari udara meledak, merubah energi potensial kedalam energi panas dalam bentuk gas panas yang menyebar. Gas panas ini menekan piston dan memaksanya untuk bergerak naik dan turun. Pergerakan ini diubah menjadi energi mekanis yang memungkinkan roda untuk berputar.

Bagaimana sobat, bisa dipahami penjelasan singkat tentang Explanation Text di atas? Saya harap begitu ya. Terimakasih banyak untuk kunjunganmu hari ini, semoga informasi yang saya sajikan bermanfaat. Sampai ketemu lagi dalam materi lainnya dan jangan lupa baca juga Contoh Hortatory Exposition Singkat Dengan Generic Structure nya.

Referensi:

  1. Derewianka, Beverly. 1946. Exploring How Texts Work. Australia: Primary English Teaching Association
  2. Kurniawati, Cicik & Yuniarti Dwi Arini. 2013. Bahasa Inggris Program Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keagamaan untuk SMA/MA Kelas XII, Klaten: PT. Intan Pariwara
  3. The Energy Transformation Inside The Cars – https://www.online-sciences.com/the-energy/the-energy-transformation-inside-the-cars/ – Diakses tanggal 2 Juni 2018
  4. How Does a Car Engine Work? – http://www.blastscience.co.uk/ask-a-scientist/how-does-a-car-engine-work-when-you-put-petrol-in-it-what-makes-it-go-ella-age-8 – Diakses tanggal 2 Juni 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *