Exclamatory Sentence Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya


Exclamatory sentence merupakan salah satu sentence types dalam Bahasa Inggris yang bisa dibilang sangat terkenal dikalangan pelajar. Kenapa begitu ya? Hal ini tentu saja karena mulai dari tingkat SMP kita sudah dikenalkan dengan berbagai contoh kalimat atau ucapan dalam bentuk exclamatory sentence ini sobat, jadi buat kamu yang sekarang udah di tingkat SMA atau SMK, kami yakin banget deh kamu sudah terbiasa dengan kalimat yang menggunakan exclamatory words ini. Dan bagi sobat yang memang baru mau mempelajari materi ini, kamu jangan khawatir deh, materi ini tidak ribet kok. Nggak percaya? Coba saja baca artikel ini sampai selesai.

Artikel kali ini tidak hanya kami tujukan bagi sobat yang baru mengenal istilah Exclamatory Sentence saja, namun juga untuk teman teman yang sebelumnya sudah pernah mempelajari materi ini dan ingin mempelajarinya lebih jauh atau sekedar ingin menambah koleksi contoh exclamatory sentence. Karena itulah kami akan menyajikannya secara lengkap mulai dari pengertian exclamatory sentence, rumus atau cara membentuk sebuah exclamatory sentence, serta berbagai contoh penggunaan exclamatory sentence ini dalam kalimat atau dialog. Penasaran kan seperti apa penjelasan materi kali ini, yuk langsung saja kita lihat di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Kumpulan Contoh Exclamatory Sentence

Exclamatory Sentence Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya

Exclamatory Sentence

Exclamatory Sentence jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya “kalimat seruan”. Dengan terjemahan seperti ini mungkin belum terbayang ya di pikiran kita, seperti apa bentuknya kalimat seruan itu. Untuk itu, kami akan mencoba merangkum definisi yang kami temukan dalam beberapa sumber dan mengemasnya menjadi sebuah ilustrasi yang kami harap bisa mempermudah sobat untuk memahami pengertian dari Exclamatory Sentence itu.

Related: Penjelasan Tentang Indicative Mood Dalam Bahasa Inggris

Setelah saya membaca penjelasan di berbagai sumber, saya jadi tau bahwa yang dimaksud dengan Exclamatory Sentence itu adalah sebuah pernyataan atau kalimat yang memiliki penekanan emosi yang lebih kuat dari declarative sentence dan digunakan untuk mengekspresikan berbagai macam perasaan si penulis atau si pembicara, misalnya saja perasaan takut, marah, kekaguman, kesenangan, kegelisahan dan sebagainya. Exclamatory sentence ini dalam penulisannya akan ditandai dengan penggunaan Exclamation Mark (!).

Sentence types (jenis kalimat) yang lain seperti : declarative sentence, imperative sentence dan juga interrogative sentence bisa dibentuk menjadi sebuah Exclamatory Sentence dengan menyesuaikan intonasi yang tepat dan menambahkan tanda seru atau exclamation mark di belakangnya. Perhatikan contoh berikut ini:

Declarative Sentence: I want an ice cream.

Exclamatory Sentence: I want an ice cream!

Bagaimana sobat, contoh kalimat satu dan dua terlihat sama kan, bedanya hanyalah tanda baca di akhir kalimat itu, namun ternyata hal ini sudah merubah jenis kalimat nya. Ilustrasi nya kira kira seperti ini sobat, dalam contoh pertama kalimat tersebut berjenis declarative sentence atau kalimat pernyataan. Bayangkan saat kita ingin membelikan sesuatu untuk adik kita, lalu adik kita bilang bahwa “dia ingin es krim”. Pada saat ini adik kita memberikan sebuah “pernyataan” tentang apa yang dia inginkan. Namun, karena adik kita sedang batuk, kita pun menolak untuk membelikannya es krim, dan karena kesal adik kita pun dengan keras menyatakan bahwa “dia ingin es krim” dalam situasi sekarang, kalimat ini sudah bukan hanya sekedar pernyataan lagi, namun sudah mengutarakan perasaan adik kita yang benar benar memaksa ingin es krim, inilah sebabnya jenis kalimatnya berubah menjadi Exclamatory Sentence. Sekarang perhatikan contoh berikut ini:

Who do you think you are!

Dari struktur kalimat nya, kita tau bahwa ini sebenarnya adalah sebuah pertanyaan. Namun, apakah kalimat di atas termasuk kedalam interrogative sentence? Ataukah kalimat tersebut masuk kedalam Exclamatory sentence? Jawabannya tentu saja exclamatory sentence ya, karena dari kalimat tersebut kita tau bahwa itu bukanlah sebuah pertanyaan, dan si pembicara pun tidak mengharapkan jawaban atas kalimat tersebut. Kalimat tersebut merupakan cara si penulis atau pembicara mengungkapkan perasaannya. Bayangkan saja sebuah situasi dimana kamu begitu kesal dan bilang “Lo pikir lo itu siapa!” nah, tentunya kamu tidak sedang bertanya kan, seperti itulah kira kira keadaannya.

Bagaimana sobat, sampai di sini apa bisa dipahami penjelasan yang kami berikan? Bagus deh kalau begitu. Sekarang, saya akan memberitahukan suatu hal yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang tentang materi yang kita bahas kali ini. Kita mungkin akan terkejut saat ada yang bilang bahwa terdapat dua cara untuk mengartikan apa itu exclamatory sentences. Saya pun awalnya kaget sobat, tapi setelah saya baca penjelasannya, ternyata masuk akal juga. Seperti inilah pengertian yang saya tangkap:

Kita bisa mengartikan exclamatory sentence dengan dua cara, yaitu berdasarkan fungsinya (function) dan berdasarkan bentuknya (form). Berikut ini adalah penjelasan untuk masing masing nya.

Exclamatory berdasarkan Fungsinya

Fungsi sebuah exclamatory sentence adalah untuk mengekspresikan emosi yang kuat. Penanda emosi yang kuat tersebut bisa kita lihat dengan keberadaan exclamation mark di akhir kalimat tersebut. Ini artinya kalimat dari jenis yang lain pun bisa dibentuk menjadi sebuah exclamatory sentence, dengan syarat kita menambahkan tanda seru di akhir kalimat tersebut. Contohnya sama seperti yang telah kami bahas di atas.

Exclamatory berdasarkan Bentuknya

Untuk yang satu ini, mungkin merupakan contoh exclamatory sentence yang sudah sangat kita kenal, yaitu dengan menggunakan kata “What” atau “How” untuk mengawali kalimatnya. Struktur kalimat nya pun unik dan tentunya memiliki rumus atau pola. Perhatikan beberapa contoh exclamatory sentence berikut ini:

What a nice place you have! (Alangkah nyaman tempat yang kamu miliki ini! / rumah lo nyaman banget bro!)

What a surprise! (Betapa mengejutkan / hal ini benar benar kejutan!)

How amazing your performance is tonight! (Alangkah mengagumkannya penampilanmu malam ini!)

How adorable the baby is! (Alangkah manis nya bayi itu! / bayi nya lucu banget!)

Bagaimana sobat, kamu tentu sudah tidak asing ya dengan bentuk kalimat di atas. Contoh exclamatory seperti yang baru saja kami tampilkan inilah yang secara umum dikenal oleh masyarakat. Nah, seperti yang kami bilang barusan, bahwa kalimat ini tentu memiliki pola atau rumus, berikut ini adalah aturan singkat yang perlu kamu perhatikan jika ingin membuat sebuah kalimat Exclamatory.

Gunakan “What a” sebelum Singular Noun.

Gunakan “What” tanpa “a” sebelum Abstract Noun atau Plural Noun.

Gunakan “How” sebelum Adjective, Adverb, atau Verb.

Bagaimana sobat, mudah kan ternyata mempelajari materi Exclamatory Sentence dalam Bahasa Inggris. Kami akhiri dulu sampai disini pembahasan materi hari ini, semoga apa yang kami tampilkan di website ini bisa bermanfaat bagi pengunjung semua. Baca juga artikel terbaru kami yang berjudul Expletive Construction There dan It dalam Bahasa Inggris. Terimakasih atas kunjungannya, jika ada hal yang masih belum jelas atau ada kesalahan dalam materi yang akmi sampaikan kali ini, kami mohon maaf dan tentunya kita bisa terus berkomunikasi lewat kolom komentar, sampai jumpa lagi sobat.

Referensi:

  1. What Is an Exclamatory Sentence (with Examples) – http://www.grammar-monster.com/glossary/exclamatory_sentence.htm – Diakses tanggal 1 Juli 2017
  2. The Exclamatory Sentence – http://www.english-grammar-revolution.com/exclamatory-sentence.html – Diakses tanggal 1 Juli 2017
  3. Exclamatory Sentences – https://www.englishgrammar.org/exclamatory-sentences/ – Diakses tanggal 1 Juli 2017
  4. Penjelasan Dan Contoh Exclamatory Sentence – http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/penjelasan-dan-contoh-exclamatory-sentence.aspx – Diakses tanggal 1 Juli 2017
  5. Pengertian dan Contoh Exclamatory Sentence (Kalimat Seruan) – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-exclamatory-sentence – Diakses tanggal 1 Juli 2017
  6. Exclamatory Sentence – https://www.thoughtco.com/what-is-an-exclamatory-sentence-1690686 – Diakses tanggal 1 Juli 2017
  7. What is an Exclamatory Sentence? Definition, Examples of Exclamations – http://writingexplained.org/grammar-dictionary/exclamatory-sentence – Diakses tanggal 1 Juli 2017

Tags: #Exclamatory #ExclamatorySentence #SentenceTypes #English

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *