Exclamation Mark Adalah Tanda Seru Dalam Bahasa Inggris


Yak, sepertinya artikel kali ini sangat blak blakan ya sobat hehe, dengan membaca judulnya saja sobat bisa langsung tau bahwa Exclamation Mark atau yang kadang dikenal juga dengan Exclamation Point itu artinya Tanda Seru dalam Bahasa Indonesia. Kami sengaja membuat judulnya sangat jelas dengan tujuan mempermudah sobat yang ingin tau pengertian dari Exclamation Mark tanpa harus berlama lama membaca artikel yang panjang.

Setelah sobat mengerti bahwa exclamation mark adalah sebutan untuk tanda seru dalam Bahasa Inggris, sekarang pastinya sobat sudah tau kan apa fungsi nya dan bagaimana cara menggunakannya dalam kalimat, karena tentu sama saja dengan penggunaan tanda seru yang selama ini sobat kenal dalam Bahasa Indonesia. Tapi, bagi sobat yang memang ingin mencari tau lebih jauh, artikel kali ini juga menyediakan sekilas informasi tentang Exclamation Mark yang cukup rinci lho, jadi silahkan dibaca ya. – Bigbanktheories.com

Contoh Penggunaan Exclamation Mark Dalam Kalimat

Pengertian Dan Contoh Penggunaan Exclamation Mark

Exclamation Mark

Seperti apa sih yang dimaksud dengan “Tanda Seru” atau “Exclamation Mark” itu ? Apakah ini tanda yang digunakan untuk menandai kegiatan yang seru? Atau mungkin, tanda ini asik buat si ajak seru seruan? Hehe, tentu bukan ya sobat. Exclamation mark merupakan salah satu dari sekian banyak tanda baca (punctuation marks). Tanda baca yang satu ini kita gunakan di akhir sebuah exclamatory sentence (kalimat seruan). Dengan begini tentu mudah ya bagi kita untuk mengingatnya, bahwa “tanda seru” digunakan untuk mengakhiri “kalimat seruan”. Dalam penulisannya, Exclamation Mark ini disimbolkan dengan tanda berikut ini “!”.

Related: Bedanya Made Of Dengan Made From Itu Apa Ya?

Sebagian orang ada yang menyebut Exclamation Mark sebagai sebuah terminal punctuation mark, karena letaknya berada di akhir sebuah kalimat. Dan, karena posisi nya ini juga, maka Exclamation Mark ini posisi nya sama saja dengan full stop (tanda titik) dan juga question mark (tanda tanya) yang sama sama berfungsi untuk mengakhiri kalimat. Jadi kita harus ingat ya sobat, bahwa setelah Exclamation Mark tidak akan muncul Full Stop. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan beberapa aturan berikut ini.

Aturan Penggunaan Exclamation Mark

Dalam menggunakan tanda baca Exclamation Mark, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan.

1.Gunakan tanda ini di akhir interjection atau exclamation.

2.Exclamation mark bisa muncul di tengah kalimat namun harus ditempatkan di dalam sebuah parentheses (tanda kurung), atau dapat juga muncul di dalam Quotation Marks (tanda kutip).

3.Antara huruf terakhir dari kata terakhir dalam sebuah kalimat dengan tanda Exclamation Mark tidak ada SPASI kosong.

Bagaimana sobat, ternyata tidak sulit kan. Nah, sekarang kamu sudah tau apa yang dimaksud dengan Exclamation Mark dan bagaimana pula cara menggunakannya. Selanjutnya sebagai penutup, kami akan menampilkan beberapa contoh penggunaan Exclamation Mark di akhir kalimat.

Contoh Penggunaan Exclamation Mark Dalam Kalimat

What are you doing down here!

Help me!

Get out!

I can’t believe it!

That was clever!

That’s carzy!

Ouch! That hurt!

Hello! How are you?

We have some really (!) expensive leather in our basement.

Fakta Menarik Tentang Exclamation Mark

1.Exclamation Mark = British English, Exclamation Point = American English

2.Penggunaannya dalam kalimat mengindikasikan perasaan yang kuat atau nada bicara yang tinggi.

3.Bare Exclamation Mark (tanda seru tanpa ada apapun sebelum dan setelahnya) biasa digunakan dalam Warning Signs (plang / tanda peringatan).

4.Exclamation Mark sering digunakan dalam menirukan suara, misalnya: The dogs Woof! In front of my house all night.

5.Ternyata ada sebuah tanda baca yang menggabungkan Question Mark dan Exclamation Mark yang disebut dengan Interrobang, simbolnya seperti tanda seru yang diberi sabit di atas nya.

Bagaimana sobat, bisa dipahami kan penjelasan tentang Exclamation Mark di atas? Jika ada kesalahan informasi dalam pembahasan kali ini, kami mohon maaf, kami harap artikel di website ini bisa bermanfaat bagi pengunjung semua. Baca juga artikel kami yang masih berhubungan dengan materi kali ini yaitu tentang Exclamatory Sentence dalam Bahasa Inggris dan Contohnya. Terimakasih banyak atas kunjungannya dan sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Penggunaan Exclamation Mark (Tanda Seru) – https://www.wordsmile.com/penggunaan-exclamation-mark-tanda-seru – Diakses tanggal 2 Juli 2017
  2. The Uses of an Exclamation Point (!) – http://www.whitesmoke.com/exlamation-point-usage – Diakses tanggal 2 Juli 2017
  3. Exclamation Mark – https://en.wikipedia.org/wiki/Exclamation_mark – Diakses tanggal 2 Juli 2017
  4. Exclamation Mark / Exclamation Point (!) – https://en.oxforddictionaries.com/punctuation/exclamation-mark-point – Diakses tanggal 2 Juli 2017
  5. The Exclamation Mark – http://grammar.ccc.commnet.edu/grammar/marks/exclamation.htm – Diakses tanggal 2 Juli 2017
  6. The Exclamation Mark – http://www.ef.com/english-resources/english-grammar/exclamation-mark/ – Diakses tanggal 2 Juli 2017
  7. Exclamation Point – http://www.thepunctuationguide.com/exclamation-point.html – Diakses tanggal 2 Juli 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *