Everyday Atau Every Day Yang Tepat Digunakan Dalam Tulisan


Halo sobat, kita pasti tau dong Bahasa Inggrisnya kata “sehari hari” atau “setiap hari”, ya tepat sekali jawabannya adalah “Everyday”. Saya penasaran nih, bagaimana sih cara kamu menuliskan kata “Everyday” ini? Apakah kamu menuliskannya sebagai satu kata yaitu “Everyday” atau kamu menuliskannya sebagai dua kata yang terpisah yaitu “Every Day” ? Jujur saja nih, selama ini saya selalu menuliskannya sebagai satu kata, mungkin sebagian dari kamu pun melakukan hal yang sama ya seperti saya, tapi apakah benar penulisan kata “Everyday” itu berbentuk satu kata, atau malah yang benar adalah dengan memisahkannya menjadi kata “Every” dan “Day” ? Inilah yang akan kita pelajari bersama lewat artikel kali ini sobat.

Mungkin selama ini kita tidak memperhatikan ya, bahwa ternyata kata “Everyday” dan “Every Day” adalah dua hal yang berbeda, yang memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda juga. Hal ini mungkin disebabkan oleh pengucapan antara keduanya yang memang terdengar sama ditelinga kita, ditambah lagi makna yang mirip antara keduanya, membuat kita beranggapan bahwa kedua kata tersebut adalah satu hal yang sama, padahal tidak seperti itu. Jika kamu ingin mengetahui perbedaan antara “Everyday” dan “Every Day” dalam Bahasa Inggris, bacalah penjelasan singkat yang telah kami siapkan di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Everyday Atau Every Day Yang Tepat Digunakan Dalam Tulisan

Everyday Atau Every Day

“Everyday” atau “Every Day”

Penjelasan tentang perbeaan antara kata “Everyday” dengan “Every Day” ternyata sangat mudah untuk diingat. Jadi buat sobat yang selama ini belum tau bahwa kedua hal ini berbeda, tidak perlu khawatir deh, baca saja penjelasan berikut ini.

Related: 100 Kata Yang Paling Sering Digunakan Dalam Bahasa Inggris

Dua hal penting yang perlu kita ingat yaitu:

Everyday” merupakan sebuah kata dan tergolong kedalam adjective (kata sifat).

Every Day” merupakan sebuah frasa dan umumnya berfungsi sebagai adverb (kata keterangan).

Bagi sobat yang sudah akrab dengan fungsi adjective dan juga adverb, pasti langsung nyambung deh bahwa “Everyday” dan “Every Day” itu ternyata memang berbeda. Nah, berkaitan dengan pengertiannya, saya menemukan beberapa kutipan yang saya suka banget karena menurut saya bisa membantu memudahkan kita dalam mengingat bahwa “Everyday” dan “Every Day” itu berbeda. Simak deh beberapa kutipan berikut ini.

Pengertian “Everyday” dan “Every Day”

Sobat, sebelum kita menyimpulkan apa pengertian dari “Everyday” dan juga “Every Day”, ada baiknya kita memperhatikan beberapa kutipan yang telah kami kumpulkan di bawah ini, jika ingin membaca artikel lengkapnya, kami juga sudah menyediakan link nya lho.

“Everyday is an adjective we use to describe something that’s seen or used every day.”

“Every Day is a phrase that simply means “each day” ”. grammarly.com

“Everyday is an adjective used to describe things that occur every day, or are ordinary or commonplace.”

“In the two-word phrase “every day”, the adjective “every” modifies the noun “day”, and the phrase usually functions adverbially.” grammarist.com

“Everyday is an adjective, it will be modifying a noun in the sentence, so you should expect it to appear near a noun.”

“Every day is an adverbial phrase, meaning each day, it will be modifying adjectives, verbs, or other adverbs, but not nouns.” writingexplained.org

“Everyday is an adjective that means commonplace, ordinary, or normal.”

“Every day means each day.” elearnenglishlanguage.com

Bagaimana sobat, sudah mengerti kan sekarang apa yang dimaksud dengan “Everyday” dan juga “Every day”. Dengan melihat beberapa kutipan di atas, kita jadi tau bahwa Everyday artinya “sehari-hari” sedangkan Every Day artinya “setiap hari”. Nah, supaya lebih jelas, perhatikan deh beberapa contoh berikut ini:

We shouldn’t wear an everyday outfit to a formal ceremony.

I go to school every day.

Sekarang pasti sudah terlihat jelas ya bedanya. Ingat, jika kita ingin mengungkapkan sesuatu yang kita “lakukan” setiap hari, gunakanlah “Every day” yang terdiri dari dua kata ini. Namun jika kita ingin menjelaskan sesuatu yang “biasa” kita lihat atau pakai, gunakanlah “Everyday” yang berbentuk satu kata.

Sebagai tambahan, kami telah mengutip dua buah contoh yang sangat unik menurut kami, karena mampu mengemas penggunaan Everyday dan Every Day dengan cara yang mudah dipahami, perhatikan deh!

“I wear my everyday clothes every day

(Saya memakai pakaian sehari hari saya setiap hari) – writingexplained.org

every day you eat breakfast, you brush your teeth every day, maybe you go for a walk every day, and these are everyday activities.”

(setiap hari kamu sarapan, kamu menyikat gigi mu setiap hari, mungkin kamu pergi jalan jalan setiap hari, dan kesemuanya ini adalah aktivitas sehari hari.” – grammarist.com

Oke deh, selesai sudah penjelasan singkat yang bisa kami berikan, kami harap apa yang kami sajikan dalam artikel ini bisa membantu sobat dalam memahami perbedaan antara “Everyday” dengan “Every Day”. Oh ya, sedikit tambahan lagi sobat, kalau kita bingung saat harus memilih penggunaan “Everyday” atau “Every Day”, coba gantikan posisi tersebut dengan “each day”, jika penggunaan “each day” dalam kalimat tersebut dirasa tepat, maka yang kamu harus gunakan adalah bentuk “Every day” yang terdiri dari dua kata ini. Mudah kan ternyata memahami nya.

Sebagai penutup, kami telah menyiapkan beberapa contoh penggunaan kata Everyday dan juga Every Day dalam kalimat, silahkan disimak.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata “Everyday” dan “Every Day”

We shouldn’t use terms that are not common in everyday language.

I like your everyday style.

I wake up at 5 a.m every day.

It is important to exercise every day.

Itulah tadi sobat beberapa contoh penggunaan kata “Everyday” dan “Every Day” dalam kalimat. Kami akhiri sampai disini pembahasan materi kali ini, sampai ketemu lagi dalam artikel menarik lainnya, jangan lupa kunjungi juga artikel terbaru kami yang berjudul Everyone atau Every One yang tepat digunakan dalam tulisan. Terimakasih banyak atas kunjungannya.

Referensi:

  1. Perbedaan antara Everyday dan Every Day – https://www.wordsmile.com/perbedaan-contoh-everyday-every-day – Diakses tanggal 19 Juli 2017
  2. Everyday vs. Every day – https://www.grammarly.com/blog/everyday-every-day/ – Diakses tanggal 19 Juli 2017
  3. Everyday vs. every day – http://grammarist.com/usage/everyday-every-day/ – Diakses tanggal 19 Juli 2017
  4. Everyday vs. Every Day: What’s the Difference? – http://writingexplained.org/everyday-vs-every-day-difference – Diakses tanggal 19 Juli 2017
  5. Everyday vs Every day – http://www.elearnenglishlanguage.com/blog/english-mistakes/everyday-vs-every-day/ – Diakses tanggal 19 Juli 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *