Ergative Verb Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Penggunaannya


Halo sobat, pagi ini kita akan membahas sebuah materi yang bisa dibilang tergolong rumit. Untuk itu, kita akan membahas nya secara perlahan dan bertahap. Materi baru yang akan kita pelajari bersama dalam artikel kali ini adalah tentang Ergative Verb. Sobat ada yang sudah tau materi ini sebelumnya? Kalau belum, sangat wajar kok sobat, saya pun baru pagi ini mengenal istilah Ergative Verb, dan ternyata ini merupakan sebuah istilah di bidang linguistic (ilmu kebahasaan) yang bisa dikatakan bersifat universal karena ternyata tidak hanya muncul dalam Bahasa Inggris saja, namun juga dalam bahasa bahasa yang lain seperti Bahasa Perancis dan juga Bahasa Belanda.

Oh ya sobat, perlu kami sampaikan dulu bahwa materi tentang Ergative Verb ini juga merupakan hal yang baru bagi kami, dan saat kami berusaha memahaminya kami juga menemukan kesulitan karena beberapa sumber ternyata memiliki pendapat dan pemahaman yang berbeda beda tentang Ergative Verb. Namun kami berusaha untuk bisa menampilkan rangkuman dari apa yang kami baca di beberapa artikel dan mengemasnya menjadi bacaan yang kami harap bisa dipahami dengan lebih mudah. Bagi sobat yang sudah menunggu dari tadi, silahkan langsung disimak kumpulan informasi yang berhasil kami rangkum tentang penjelasan Ergative Verb dalam Bahasa Inggris serta contoh penggunaannya berikut ini. – Bigbanktheories.com

Memahami Pengertian Ergative Verb

Ergative Verb Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Penggunaannya

Memahami Pengertian Ergative Verb

Untuk bisa memahami pengertian Ergative Verb ternyata tidak mudah lho sobat, buktinya saja hingga saat ini masih banyak yang mencari dan mendiskusikan pemahaman mereka tentang apa itu Ergative Verb. Taukah kamu kenapa hal ini terjadi? Menurut saya pribadi sih, sepertinya kita sulit untuk memahami penjelasan dari Ergative Verb karena saat digunakan dalam kalimat hal ini mirip sekali dengan passive voice (bentuk pasif) namun berbeda jika dilihat dari struktur nya, sedangkan kita secara umum sudah terbiasa dengan struktur dari passive voice, sehingga ini mengakibatkan kita seolah olah sulit menerima bahwa pola dari Egrative Verb ini adalah pola yang benar juga, karena kita mengharapkan bentuk pasif itu ya seperti yang selama ini kita kenal.

Related: Contoh Penggunaan Kata Hardly Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Perlu sobat ketahui, meski jumlahnya dikatakan cukup banyak, namun tidak semua verb dalam Bahasa Inggris termasuk kedalam Egrative Verb. Lain halnya dengan passive voice tadi sobat, seperti yang kita tau sebuah passive voice bergantung pada struktur kalimatnya, jika kalimat tersebut mengandung subject, verb dan object, maka kita bisa merubahnya menjadi passive voice. Dengan begini kita bisa mulai sedikit membedakan Egrative Verb dengan passive voice ya.

Dari semua sumber yang kami temukan menyatakan bahwa pengertian Egrative Verb adalah jenis kata kerja yang bisa menjadi transitive verb dan juga intransitive verb. Namun dari semua sumber itu, ada satu yang menurut saya definisi nya sangat mengena dihati hehe, yaitu dari wiktionary.org, berikut kutipannya:

“An ergative verb in English is an intransitive verb with a passive meaning that alternates with a transitive verb with active meaning.”

Jika kita terjemahkan artinya kira kira seperti berikut ini:

“Ergative verb dalam Bahasa Inggris adalah sebuah intransitive verb dengan makna pasif yang bisa saling menggantikan dengan sebuah transitive verb dengan makna aktif.”

Dari sini, kita bisa tarik kesimpulan bahwa Ergative Verb adalah verb yang bisa kita gunakan sebagai transitive verb dan juga intransitive verb, dan saat digunakan sebagai transitive verb kata kerja tersebut akan bermakna aktif namun saat digunakan sebagai intransitive verb akan bermakna pasif.

Untuk membantu memahami penjelasan di atas, coba perhatikan ilustrasi berikut ini.

Sebuah transitive verb akan memerlukan object agar makna kalimatnya menjadi utuh. Misalnya saja verb “open” dalam kalimat berikut ini:

He opened.

Jika kalimat ini berhenti sampai di sini saja (terdiri dari subject dan verb) tentu akan timbul pertanyaan ya, “apa yang dia buka?”, inilah sebabnya kita perlu menambahkan object terhadap kalimat yang menggunakan transitive verb. Mari kita lengkapi contoh kalimatnya menjadi seperti ini:

He opened the window.

Nah, sekarang makna kalimatnya jadi lengkap. Kalimat di atas menggunakan sebuah transitive verb sehingga membutuhkan object agar maknanya menjadi lengkap. Kalimat ini bermakna “aktif” yang artinya kalimat ini menunjukkan bahwa subject melakukan suatu tindakan terhadap object. Karena kalimat ini memiliki susunan subject, verb dan juga object, maka kita bisa merubahnya kedalam bentuk pasif menjadi seperti berikut ini:

The window was opened by him.

Kita lihat ya, ternyata struktur kalimatnya berubah saat kita membuat kalimat tersebut kedalam bentuk passive voice. Posisi object dan subject yang saling bertukar tempat, serta muncul nya verb be sebelum kata kerja yang menjadiciri khas dari sebuah kalimat pasif yang selama ini kita kenal.

Nah, sebuah Ergative Verb mampu memunculkan sense atau makna “passive” dari suatu kalimat tanpa harus mengikuti proses perubahan kedalam passive voice, inilah yang membuatnya unik dan sedikit membingungkan. Lalu bagaimana contoh penggunaan Ergative Verb ini dalam kalimat? Contohnya seperti berikut ini sobat:

The window opened.

Saat melihat kalimat seperti di atas, makna apa yang kamu tangkap? Apakah kamu akan menerjemahkannya dengan “jendela itu membuka” ? tentu tidak, makna yang kita tangkap tentu saja “jendela itu terbuka” yang artinya muncul sense passive di sini. Pada saat ini, verb “opened” berada pada bentuk intransitive verb, dimana tidak muncul object setelahnya. Inilah yang dimaksud dengan pernyataan di atas tadi bahwa Ergative Verb saat digunakan sebagai intransitive verb akan bermakna pasif. Namun dilihat dari bentuknya verb “opened” dalam kalimat ini tetap berbentuk aktif, karena tidak mendapatkan penambahan “verb be” seperti yang biasa kita lakukan terhadap verb pasif.

Sampai disini apa bisa dimengerti sobat? Jangan terburu buru dalam membaca penjelasan ini, memang butuh waktu kok untuk memahaminya.

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari wikipedia.org, Ergative Verb dalam Bahasa Inggris bisa dibagi menjadi beberapa kategori yaitu:

Verbs Suggesting a Change of State: break, burst, form, heal, melt, tear, transform

Verbs of Cooking: bake, boil, cook, defrost, freeze, fry

Verbs of Movement: move, run, shake, sweep, turn, walk

Verbs Involving Vehicles: crash, drive, fly, reverse, run, sail

Nah, itulah tadi beberapa contoh dari Ergative Verb sobat. Sekali lagi kami ingatkan, berkaca dengan definisi dari Ergative Verb yang telah kami sampaikan di atas, berarti semua contoh verb yang baru saja kami sebutkan bisa digunakan sebagai transitive (bersama object) dan intransitive (tanpa object), serta dapat menimbulkan kesan makna pasif tanpa melalui perubahan kedalam passive voice.

Beberapa Contoh Penggunaan Ergative Verb Dalam Kalimat

Transitive: He run the company well.

Intransitive: The company run well.

Transitive: The committee started the competition.

Intransitive: The competition started at 10.30

Transitive: He crashed his car.

Intransitive: His car crashed.

Oke deh sobat itu saja yang bisa kami sajikan kali ini, semoga sekilas rangkuman ini bisa membantumu dalam memahami pengertian serta contoh Ergative Verb dalam Bahasa Inggris. Jika penjelasan dalam artikel kali ini masih sulit untuk dimengerti, kami mohon maaf, dan tentu akan kami perbaiki kedepannya. Terimakasih banyak untuk kunjungannya hari ini, semoga informasi yang kami tampilkan dalam artikel artikel di website ini bermanfaat bagimu. Baca juga diskusi menarik yang berjudul Sebaiknya Kita Memakai Kata Especially Atau Specially Ya? Sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Ergative Verb – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-ergative-verbs – Diakses tanggal 21 Juli 2017
  2. What is the way to understand “ergative verbs”? – https://english.stackexchange.com/questions/124695/what-is-the-way-to-understand-ergative-verbs – Diakses tanggal 21 Juli 2017
  3. Appendix: English Ergative Verbs – https://en.wiktionary.org/wiki/Appendix:English_ergative_verbs – Diakses tanggal 21 Juli 2017
  4. Ergative Verbs and some discussion about them – https://linguistics.stackexchange.com/questions/8600/ergative-verbs-and-some-discussion-about-them – Diakses tanggal 21 Juli 2017
  5. Ergative Verbs – http://primus.arts.u-szeged.hu/bese/Chapter5/5.2.3.htm – Diakses tanggal 21 Juli 2017
  6. Ergative Verb – https://en.wikipedia.org/wiki/Ergative_verb – Diakses tanggal 21 Juli 2017
  7. Reflexive and Ergative Verbs – https://learnenglish.britishcouncil.org/en/english-grammar/verbs/reflexive-and-ergative-verbs – Diakses tanggal 21 Juli 2017
  8. Definition of Ergative – https://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/ergative – Diakses tanggal 21 Juli 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *