Emphatic “Do” Dalam Grammar Bahasa Inggris Dan Contohnya


Sobat, bagi kamu yang sering nonton film berbahasa Inggris, saya yakin pasti pernah mendengar kata “Do” digunakan untuk memberi penekanan pada sebuah pernyataan atau statement. Misalnya saja pada kalimat berikut ini:

“I know you don’t believe me anymore, but I do love you.”

Kata “Do” seperti dalam contoh di atas tidak bisa kita terjemahkan begitu saja seperti biasa menjadi “melakukan”, karena makna kalimatnya tentu menjadi aneh. Contoh ucapan seperti inilah yang disebut dengan Emphatic Forms atau atau Emphatic “Do” tadi sobat, yaitu suatu kondisi dimana kita memanfaatkan auxiliary verbs untuk memberi penekanan terhadap makna kalimat (using Auxiliary Verbs for Emphasis).

Related: Perbedaan Serta Pengertian Let’s Dan Lets

Sebelum kita mulai mempelajari materi kali ini, perlu kami beritahukan pada sobat semua bahwa materi tentang Emphatic “Do” yang kami sajikan kali ini akan lebih sering kita jumpai penggunaannya pada percakapan langsung atau lisan dalam aktivitas sehari hari dibandingkan dengan penggunaannya dalam bentuk tulisan. Alasannya tentu saja karena pola seperti ini dianggap tidak formal. Namun tetap saja, agar kita semakin jago dalam menggunakan Bahasa Inggris, mempelajari materi ini menjadi hal yang wajib bagi kamu. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Emphatic Do, Does, Did

Emphatic Do Dalam Grammar Bahasa Inggris Dan Contohnya

Penjelasan Tentang Emphatic “Do”

Sebagai sebuah auxiliary verb, kata “Do” dengan dua bentuk lainnya yaitu “Does” dan “Did” ternyata bisa digunakan untuk memberikan penekanan terhadap main verb, sehingga makna dari main verb tersebut menjadi lebih kuat atau bisa juga menunjukkan adanya “contrast” atau perbedaan dengan pernyataan lainnya. Perhatikan contoh berikut ini:

I do love your voice.” Bisa diterjemahkan menjadi “Saya suka suara kamu.” Namun dengan penekanan yang lebih terhadap verb “Love”. Bisa juga dikatakan bahwa dengan menambahkan Emphatic “Do” dalam kalimat kita, makna nya akan terlihat lebih sungguh sungguh.

You may not believe me, but I did call him last night.” Bisa diterjemahkan menjadi “Kamu mungkin tidak percaya saya, tapi saya benar benar menelpon dia tadi malam.

Selain kedua contoh di atas, emphatic “Do” ternyata juga bisa digunakan bersama dengan bentuk Imperative. Perhatikan contoh berikut ini:

Do tell me your feeling, If you do love me.” Bisa diterjemahkan menjadi “Katakan padaku perasaanmu, jika kamu sunguh mencintaiku.”

Bagaimana sobat, apa bisa dipahami sejauh ini? Kami harap begitu ya. Perlu kamu ingat bahwa penggunaan Emphatic “Do” ini memang akan sering kamu jumpai dalam percakapan sehari hari, namun seandainya pun kita menghilangkan kata “Do” dari contoh di atas, kalimat yang tersisa masih merupakan sebuah kalimat yang utuh.

Contoh Penggunaan Emphatic “Do” Dalam Kalimat

I do hope you can come to my graduation tomorrow.

(Saya harap kamu bisa datang ke wisuda ku besok.)

The coach think that Andy is lazy, but he does practice all the time.

(Pelatih mengira Andy itu malas, tapi dia sungguh berlatih setiap saat.)

Did you forgot to brush your teeth this morning? You do smell bad.

(Apakah kamu lupa menyikat gigi mu pagi ini? Kamu berbau tidak enak.)

Do celebrate your victory! You deserve it.

(Rayakan kemenanganmu! Kamu berhak atas itu.)

Oke deh sobat, sekian penjelasan yang bisa kami berikan seputar materi Emphatic “Do” dalam grammar Bahasa Inggris, kami harap penjelasan yang kami sajikan bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih banyak telah membaca artikel di website kami, kami nantikan kunjunganmu selanjutnya. Jangan lupa baca juga postingan terbaru kami yang berjudul 100+ Nama Bumbu Dapur Dalam Bahasa Inggris Terlengkap. Sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Emphatic “Do” – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-emphatic-do – Diakses tanggal 2 September 2017
  2. The Emphatic Do – http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/grammar/ask_about_english/071112/ – Diakses tanggal 2 September 2017
  3. Using Emphatic “Do” – http://doctorsspeakup.com/content/using-emphatic-do – Diakses tanggal 2 September 2017
  4. Do – http://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/common-verbs/do – Diakses tanggal 2 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *