Embedded Question Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Embedded question merupakan salah satu materi dalam Bahasa Inggris yang membahas tentang jenis “question” atau “pertanyaan” yang bisa kita gunakan dalam dalam percakapan sehari hari. Beberapa tipe kalimat tanya lainnya yang mungkin sudah pernah sobat baca di website ini adalah seperti: Direct dan Indirect Question, Yes-No Question, WH Question dan juga Question Tag. Melalui artikel kali ini, kita akan mempelajari apa pengertian dari Embedded Question ini dan apa pula yang membedakannya dengan jenis question yang lain yang telah kita pelajari sebelumnya.

Perlu sobat ketahui dari awal bahwa pola atau cara bertanya dengan menggunakan Embedded Question ini merupakan hal yang sangat sering digunakan oleh native speaker Bahasa Inggris karena dirasa lebih sopan dan tidak terlalu terang terangan. Ini artinya, jika kita bisa memahami bagaimana cara penggunaan Embedded Question yang tepat, kita tentu akan bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan lebih baik dan natural. Namun masalahnya, materi ini masih sering menimbulkan kebingungan bagi sebagian pelajar Bahasa Inggris. Salah satu penyebabnya mungkin karena struktur suatu kalimat yang menggunakan pola Embedded Question ini berbeda dengan bentuk kalimat tanya pada umumnya. Oleh karena itu sobat, silahkan baca penjelasan berikut ini dan perhatikan beberapa contoh penggunaan Embedded Question yang telah kami sediakan. – Bigbanktheories.com

Pengertian Dan Rumus Embedded Question

Embedded Question Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Embedded Question

Untuk memahami pengertian dari Embedded Question, mungkin kita bisa mengawali nya dengan menerjemahkan kata “Embedded” terlebih dahulu. Kata ini memiliki kata dasar yaitu “Embed” yang artinya “menanam / melekatkan / menyimpan”. Kata “Embed” ini ternyata sering sekali digunakan dalam bidang komputer dan mengarah pada tindakan menanam atau menyematkan sesuatu di dalam suatu program atau aplikasi.

Related: Preposition Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh Kalimatnya

Jika kita berkaca pada keterangan di atas, maka akan timbul pertanyaan di pikiran kita, “tertanam dimanakah Embedded Question ini?”. Saat mencari penjelasan tentang hal ini, kami menemukan bahwa kata “Embed” saat dihubungkan dengan bidang kebahasaan atau Linguistic memiliki arti “menempatkan (sebuah phrase atau clause) di dalam sebuah klausa atau kalimat lainnya”. Dan ternyata memang inilah pengertian dari Embedded Question, yaitu pertanyaan yang terletak dalam sebuah pernyataan atau pertanyaan lainnya. Bagaimana sobat, bingung kan? Hehe, kalau masih bingung dengan pengertian di atas, coba perhatikan contoh berikut ini.

Contoh Question: Where is the nearest gas station?

Contoh Embedded Question: Do you know where the nearest gas station is?

Setelah membandingkan dua contoh di atas, kamu pasti menyadari bahwa ternyata struktur kedua kalimat tanya tersebut sangat berbeda. Kalimat pertama terkesan begitu “direct” jika kita bandingkan dengan kalimat kedua yang memiliki semacam “frasa pengantar” sehingga orang yang mendengarpun akan tau terlebih dulu bahwa kita berniat menanyakan sesuatu, dan hal ini dianggap sebagai tindakan yang lebih sopan bagi penutur asli Bahasa Inggris.

Dari beberapa sumber yang saya temukan di internet, ternyata memang ada beberapa “phrase” yang sering digunakan untuk mengawali atau mengenalkan sebuah Embedded Question dalam Bahasa Inggris. Beberapa phrase tersebut diantaranya adalah:

Can you tell me . . .

Could you tell me . . .

Can you remember . . .

Do you know . . .

I can’t remember . . .

I don’t know . . .

I’m not sure . . .

I have no idea . . .

I wanted to know . . .

I wonder . . .

Please tell me . . .

The question is . . .

We need to find out . . .

Who knows . . .

Would you mind explaining . . .

Itulah tadi beberapa frasa yang sering digunakan untuk mengawali sebuah Embedded Question. Jadi jika sobat ingin menggunakan Embedded Question, kamu bisa memilih salah satu frasa di atas atau kamu juga bisa membuat statement pembuka yang kamu rasa lebih sesuai.

Jika kita perhatikan dari beberapa frasa pembuka di atas, sebagian Embedded Question akan muncul dalam bentuk pertanyaan dan sebagian yang lain akan muncul dalam bentuk pernyataan yang sebenarnya mengandung pertanyaan. Coba perhatikan dua contoh kalimat berikut ini:

Kalimat 1: Can you tell me where the nearest gas station is?

Kalimat 2: I don’t know where the nearest gas station is.

Kedua kalimat di atas merupakan contoh Embedded Question yang sebenarnya menanyakan hal yang sama yaitu “lokasi pom bensin terdekat”. Namun ternyata dapat kita utarakan dalam dua cara yaitu dengan “menanyakan” dan “menyatakan”. Inilah yang kemudian memunculkan anggapan bahwa terdapat dua jenis Embedded Question yaitu: Embedded Question Within Question dan Embedded Question Within Statement.

Perlu sobat ketahui bahwa ada sebagian sumber yang menganggap Embedded Question itu sama dengan Indirect Question, namun apakah benar begitu? Saya pribadi tidak menganggap hal ini salah, namun saya lebih suka menyebut Embedded Question ini sebagai “concealed question” atau pertanyaan yang tersembunyi. Alasannya adalah sebagai berikut:

Kalimat “Can you tell me where the nearest gas station is?” jika kita terjemahkan artinya “Bisakah kamu memberitahu saya dimana pom bensin yang terdekat?”. Sebenarnya pertanyaan ini hanya menanyakan “bisa atau tidak” kita memberi informasi tersebut, namun jika ada seseorang yang bertanya seperti ini kepadamu, apakah kamu akan menjawabnya dengan “yes, I can” lalu kemudian pergi meninggalkan orang tersebut? Tentu tidak. Karena kita pun mengerti informasi yang dibutuhkan orang tersebut adalah penjelasan tentang letak pom bensin, bukan bisa atau tidak nya kita memberi informasi tersebut. Dari contoh ini mungkin belum seberapa jelas bagimu, tapi sebenarnya si pembicara dengan sengaja “menyembunyikan” pertanyaannya yang sesungguhnya yaitu “letak pom bensin”. Contoh kedua di bawah ini akan membuat penjelasan ini lebih jelas.

Mari kita artikan kalimat berikut ini:

I don’t know where the nearest gas station is.

(Saya tidak tau dimana pom bensin yang terdekat.)

Jika ada seseorang didekatmu memberikan pernyataan ini, apa yang akan kamu lakukan? Apakah kamu akan mengakatan “Okey” lalu pergi meninggalkannya disaat sebenarnya kamu tau letak pom bensin terdekat dan kamu pun tau bahwa orang tersebut sebenarnya ingin tau informasi tersebut? Tentu tidak. Meski orang tersebut tidak menanyakan secara langsung, tapi kita tentu tau bahwa statement dari orang tersebut sebenarnya adalah sebuah pertanyaan, dan sebagai respon yang sopan, tentu kita akan memberi penjelasan yang ia butuhkan. Si pembicara yang menggunakan Embedded Question seperti contoh kalimat di atas, tidak hanya “menyembunyikan” pertanyaannya, namun bisa kita katakan orang tersebut “bertanya tanpa mengelurakan pertanyaan”. Inilah alasannya mengapa saya lebih menyukai sebutan “Concealed Question” bagi Embedded Question.

Aturan Dalam Membentuk Embedded Question

Ada beberapa aturan atau rumus yang perlu kita perhatikan dalam penggunaan Embedded Question. Berikut ini adalah beberapa aturan tersebut:

Jika Embedded Question itu merupakan bagian dari “Statement” atau “Pernyataan” gunakanlah tanda titik di akhir kalimat, bukan tanda tanya.

Contoh:

How old are you? (Question)

I want to know how old you are. (Embedded Question)

Hilangkan Do, Does dan Did

Contoh:

Where did you go yesterday? (Question)

I wonder where he went yesterday. (Embedded Question)

Gunakan Whether, Whether or not dan If jika tidak ada question word dalam kalimat awalnya.

Contoh:

Can he fix my computer? (Question)

Do you know whether he can fix my computer? (Embedded Question)

Embedded Question menggunakan pola Subject mendahului Verb bukan sebaliknya.

Contoh:

Who are you? (Question)

I don’t know who you are. (Embedded Question)

Nah, itulah beberapa aturan yang perlu kita ingat jika ingin menggunakan Embedded Question. Sebagai penutup, berikut ini saya tampilkan beberapa contoh Embedded Question yang bisa sobat pelajari.

Contoh Penggunaan Embedded Question

Direct Question: What time did she leave?

Embedded Question: I wonder what time she left.

Direct Question: Why didn’t you take the money?

Embedded Question: Can you tell me why you didn’t take the money?

Direct Question: Do they like ice cream?

Embedded Question: We need to find out whether or not they like ice cream.

Oke deh sobat, itulah yang bisa kami sajikan seputar materi Embedded Question dalam Bahasa Inggris. Kami harap informasi yang ada dalam artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat pembaca semua, jika ada kekurangan atau kesalahan dalam informasi yang kami sampaikan, kami minta maaf dan semoga bisa dimaklumi. Terimakasih atas kunjungannya, sampai ketemu dalam artikel selanjutnya dan jangan lupa baca artikel terbaru kami yang berjudul Perbedaan Antara Immanent, Imminent, Eminent dan Prominent.

Referensi:

  1. Pengertian, Penggunaan, Aturan dan Contoh Embedded Question – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-embedded-questions – Diakses tanggal 10 September 2017
  2. Embedded Question in Grammar – https://www.thoughtco.com/embedded-question-grammar-1690588 – Diakses tanggal 10 September 2017
  3. Embedded Questions – https://www.learnamericanenglishonline.com/Orange%20Level/O20_Embedded_Questions.html – Diakses tanggal 10 September 2017
  4. Embedded Questions – http://www.headsupenglish.com/index.php/upper-intermediate-students/upper-intermediate-skill-builders/upper-intermediate-grammar/339-embedded-questions – Diakses tanggal 10 September 2017
  5. Embedded Questions – http://blog.esllibrary.com/2016/11/21/embedded-questions/ – Diakses tanggal 10 September 2017
  6. Embedded Questions – http://englishexpressyes.com/embedded-questions—grammar-lessons.html – Diakses tanggal 10 September 2017
  7. Embedded Question Dalam Bahasa Inggris – http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/embedded-question-dalam-bahasa-inggris.aspx – Diakses tanggal 10 September 2017
  8. Embedded Questions – http://www.perfect-english-grammar.com/embedded-questions.html – Diakses tanggal 10 September 2017
  9. Embedded Questions – http://web2.uvcs.uvic.ca/elc/studyzone/410/grammar/410-embedded-questions.htm – Diakses tanggal 10 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *