Elliptical Construction Beserta Fungsi Dan Contohnya


Elliptical Construction atau yang kadang dikenal juga dengan sebutan Ellipsis merupakan materi yang sangat penting dan berguna untuk dipelajari, terutama jika sobat adalah mahasiswa dari jurusan sastra Inggris atau pendidikan Bahasa Inggris. Namun ini bukan berarti pelajar di tingkat SMP dan SMA tidak perlu mempelajarinya ya, malahan sebenarnya sejak awal kita mengenal pelajaran Bahasa Inggris di sekolah, kita sudah sering diajarkan untuk menggunakan Elliptical Construction ini lho, terutama saat kita diminta membuat suatu paragraf atau sebuah teks bacaan.

Walau sebenarnya kita sudah pernah menemukan contoh Elliptical Construction dalam suatu teks bacaan, atau bahkan kita pun mungkin pernah menggunakannya, namun saya yakin deh beberapa orang masih penasaran tentang pengertian Elliptical Construction ini. Oleh karena itu, melalui artikel kali ini, saya ingin mencoba menyajikan rangkuman materi dari beberapa sumber yang saya temukan di internet, yang mungkin bisa menjelaskan tentang pengertian, fungsi serta contoh penggunaan Elliptical Construction dalam Bahasa Inggris. So, buat kamu yang sedang mencari penjelasan untuk materi ini, silahkan baca sebentar informasi yang kami sajikan di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Penjelasan Materi Elliptical Construction Dalam Grammar Bahasa Inggris

Elliptical Construction Beserta Fungsi Dan Contohnya

Elliptical Construction Dalam Grammar Bahasa Inggris

Secara sederhananya, Elliptical Construction atau Ellipsis ini bisa kita artikan sebagai cara menyusun kata kata dalam kalimat dalam rangka menghindari pengulangan kata kata yang tidak penting. Dengan pernyataan ini saya yakin sudah mulai terbayang di pikiran sobat ya seperti apa Elliptical Construction itu. Namun untuk lebih lengkapnya, saya akan menambahkan keterangan tentang pengertian Elliptical Construction dilihat dari bahasa medis nya, eh maksud saya pengertian resmi (ilmiah) nya sobat hehe.

Related: Relative Adverb Serta Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat

“Elliptical Construction is the omission of a word or words for the sake of conciseness.”

(Elliptical Construction adalah penghapusan kata atau kata kata demi tujuan keringkasan.)

“It refers to constructions in which some words are left out of a sentence but the sentence can still be understood.”

(Itu merujuk kepada suatu susunan dimana beberapa kata tidak diikut sertakan dalam sebuah kalimat namun kalimat tersebut masih bisa dipahami.)

Oke deh, dengan penjelasan dan juga kutipan di atas, saya yakin sekarang sobat sudah paham ya tentang pengertian dari Elliptical Construction ya. Ingat, fungsi dari Ellipsis ini adalah untuk meringkas atau menyingkat suatu kalimat. Nah, sekarang tentunya sobat penasaran kan seperti apa contohnya dalam kalimat. Hmm, supaya sobat bisa lebih cepat paham, saya akan mengajak sobat untuk mengingat pengalaman dari masa kecil sobat yang berhubungan dengan hal ini. Perhatikan ilustrasi berikut ini:

Saya memiliki dua kalimat, yang pertama “Andi adalah siswa kelas 6.” dan kalimat yang kedua adalah “Anita adalah siswa kelas 6.”. Apa yang akan sobat lakukan jika saya meminta sobat untuk menggabungkan kedua kalimat tersebut? Tentu sobat sudah ingat ya sekarang, dari jaman kita masih di tingkat SD, kita pernah dilatih untuk menggabungkan dua kalimat yang memiliki kesamaan informasi (berhubungan) di dalamnya seperti pada contoh di atas. Saat diminta menggabungkan kedua kalimat tersebut, tentu kita akan menyebutkan informasi yang sama tersebut satu kali saja, yang artinya kita “meninggalkan” “tidak mengikut sertakan” salah satu bagian dari kalimat tersebut. Inilah mungkin ilustrasi paling sederhana dari sebuah Elliptical Construction sobat.

Karena saat ini kita sudah berada di tingkat pendidikan lanjutan, tentunya kita akan mengenal Elliptical Construction secara lebih mendalam. Ini artinya, kita akan mulai mengenal aturan aturan atau rumus tertentu dalam membuat sebuah Elliptical Construction. Ayo kita pelajari bersama.

Contoh Elliptical Construction

Berikut ini akan kami tampilkan beberapa contoh Elliptical Construction yang bisa sobat amati dan pelajari susunan atau strukturnya. Kami harap setelah ini, sobat akan bisa membuat contoh kalimatmu sendiri.

Positive Elliptical Construction

Penggunaan kata “Too

Pola: Subject + Auxilary + Too

Contoh:

Ananda is a writer. Yona is a writer.

(Ananda is a writer and Yona is too.)

Penggunaan kata “So

Pola: So + Auxiliary + Subject

Contoh:

Ananda publish a novel. Yona publish a novel.

(Ananda publish a novel and so does Yona.)

Negative Elliptical Construction

Penggunaan “ Not Either

Pola: Subject + Auxiliary + Not Either

Contoh:

Ananda doesn’t like coffee. Yona doesn’t like coffee.

(Ananda doesn’t like coffee and Yona doesn’t either.)

Penggunaan “Neither

Pola: Neither + Auxiliary + Subject

Contoh:

Ananda is not a musician. Yona is not a musician.

(Ananda is not a musician and neither is Yona.)

Contrary Elliptical Construction

Penggunaan “But / While

Pola: But / While + Subject + Auxiliary + Not

Contoh:

Ananda is lazy. Yona is not lazy.

(Ananda is lazy but Yona is not.)

Selain contoh di atas, ada juga yang beranggapan bahwa contoh kalimat seperti di bawah ini juga termasuk kedalam Ellipsis atau Elliptical Construction, dengan alasan karena kalimat tersebut memenuhi syarat sebagai sebuah Ellipsis.

Contoh Kalimat: Ananda can buy five books, but Yona can buy only one (book).

Jika kata dalam tanda kurung tersebut kita hilangkan, orang lain yang membaca kalimat tersebut masih akan tetap bisa memahami maksud dari kalimat itu, inilah mengapa contoh ini juga dianggap sebagai Elliptical Construction.

Itulah beberapa contoh beserta penjelasan tentang Elliptical Construction yang bisa kami sajikan, semoga bisa dipahami dengan mudah ya. Terimakasih banyak untuk kunjungannya hari ini, sempatkan juga untuk membaca artikel kami yang berjudul Embedded Question Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya. Sampai jumpa lagi dalam artikel menarik lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Elliptical Construction – http://cepatbisainggris.com/2014/02/10/pengertian-dan-contoh-elliptical-construction/ – Diakses tanggal 12 September 2017
  2. Elliptical Construction – https://evagirl88.wordpress.com/2012/07/01/elliptical-construction/ – Diakses tanggal 12 September 2017
  3. Stylistic Devices – Ellipsis – http://www.myenglishpages.com/site_php_files/writing-ellipsis.php – Diakses tanggal 12 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *