Double Possessive Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Double Possessive atau yang dikenal juga dengan sebutan double genetive, bisa kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia sebagai “bentuk kepemilikan ganda”. Hingga saat ini, bentuk Possessive ini masih menjadi pola yang sering membuat saya ragu saat akan menggunakannya. Misalnya saja nih, bagaimana kamu akan mengungkapkan “anak perempuannya teman baik ibu saya” dalam Bahasa Inggris? Kalau kamu masih bingung, berarti kamu sama seperti saya hehe. Sebenarnya untuk bentuk possessive nya kita mungkin tidak bingung ya, namun cara penyusunannya yang membuat kita jadi ragu untuk menggunakannya.

Jika sobat saat ini masih mengalami kesulitan saat akan menggunakan bentuk Double Possessive dalam kalimat, saya sarankan kamu untuk baca rangkuman materi yang kami sajikan dalam artikel kali ini. Informasi yang kami kemas dalam tulisan kali ini telah kami pilih dari beberapa sumber yang menurut kami bisa membantu kita dalam memahami penggunaan bentuk Double Possessive dalam Bahasa Inggris. Silahkan dibaca dengan teliti, jangan terburu buru karena materi kali ini memang agak membingungkan. – Bigbanktheories.com

Penjelasan Tentang Double Possessive Dalam Bahasa Inggris

Double Possessive Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Double Possessive

Untuk memahami pengertian dari Double Possessive, kita perlu mengingat kembali materi tentang Possessive form yang pernah kita pelajari sebelumnya. Bentuk Possessive merupakan cara yang kita gunakan untuk menunjukkan kepemilikan atas sesuatu. Jadi misalnya saja Ananda memiliki sebuah rumah maka kita bisa mengatakan:

Related: Kernel Sentence Dalam Bahasa Inggris

This is Ananda’s house.

(Ini adalah rumah milik Ananda.)

Untuk menyatakan kepemilikan kita bisa menambahkan tanda apostrophe (‘) diikuti dengan huruf “s” di belakangnya yang kita letakkan setelah nama pemilik benda tersebut. Kita tentu sudah sangat familiar dengan cara ini ya. Jadi apapun benda nya dan siapapun pemiliknya, kita sudah terbiasa menambahkan “apostrophe s” di belakangnya. Berikut beberapa contohnya:

Topi milik Ana = Ana’s hat

Mobil milik Kevin = Kevin’s car

Anak laki laki nya Rudi = Rudi’s son

Dan masih banyak lagi contoh yang lainnya, saya yakin sobat pun bisa menambahkan sendiri dengan jumlah yang tak terbatas.

Selain cara di atas, mungkin kita juga sudah sering menemukan cara mengungkapkan kepemilikan dengan menggunakan kata “of” misalnya saja seperti dalam contoh berikut ini:

The traditional costume of Indonesia.

(Pakaian tradisionil nya Indonesia.)

Meskipun biasanya kita menerjemahkan kata “of” seperti dalam contoh kalimat di atas sebagai “dari” namun kali ini saya sengaja menerjemahkannya sebagai “nya” agar lebih terlihat jelas bahwa sebenarnya penggunaan kata “of” dalam kalimat tersebut bertujuan untuk menunjukkan kepemilikan dari “the traditional costume” tersebut.

Kedua cara dalam mengungkapkan Possessive di atas tentu sudah sangat sering kita jumpai, dan saya juga yakin tidak sulit bagi kita untuk menggunakannya. Masalahnya muncul saat kedua cara di atas digunakan pada saat yang bersamaan, dan inilah yang kita sebut dengan Double Possessive.

Contoh Double Possessive: a friend of Jimmy’s

Saya juga baru tau bahwa bentuk seperti ini ternyata dibolehkan dan ada yang menggunakannya. Mungkin beberapa dari sobat pembaca pun baru kali ini juga menjumpai bentuk Double Possessive seperti di atas. Jujur saja, bagi saya akan lebih mudah jika kita mengatakan “Jimmy’s friend” lho, dan maksudnya pun sama saja.

Perlu sobat ketahui bahwa ternyata hingga saat ini, masih ada diskusi yang belum selesai mengenai bentuk Double Possessive ini, karena itulah mungkin akan sulit bagi kita untuk menemukan penjelasan yang sederhana tentang hal ini di internet. Ada yang mengkritisi penggunaan bentuk kepemilikan ini, namun pada kenyataannya memang digunakan dalam keseharian native speaker, misalnya saja seperti contoh berikut ini:

“friends of mine

Untuk contoh yang satu ini saya yakin kita sudah sering mendengarnya ya. Ini juga merupakan contoh Double Possessive, karena mengandung kata “of” serta sebuah possessive pronoun “mine”, dan keduanya memang berfungsi untuk menunjukkan kepemilikan.

Meski contoh di atas menunjukkan bahwa Double Possessive memang benar benar digunakan dan diterima oleh native speaker, namun kita perlu tau juga bahwa ternyata ada syarat yang harus dipenuhi agar bentuk Double Possessive bisa diterima yaitu noun atau pronoun yang muncul setelah kata “of” haruslah berupa “animate object” atau benda hidup, dan jika yang muncul adalah “inanimate object” atau benda mati, maka bentuk Double Possessive tersebut dianggap salah (ungrammatical) dan tidak bisa digunakan. Jadi kita tidak bisa mengatakan:

The traditional costume of Indonesia’s.

Contoh Double Possessive Yang Diperbolehkan

I thought she was a sister of yours.

(Saya pikir dia adalah saudara perempuanmu.)

Is she a girlfriend of Richard’s?

(Apakah dia salah seorang pacar Richard?)

I kept the dirty shoes of hers under the cupboard.

(Saya menyimpan sepatu kotor milik nya di bawah lemari.)

Oke deh sobat, itu saja yang bisa kami sampaikan dalam ulasan singkat tentang Double Possessive ini, semoga bermanfaat. Terimakasih untuk kunjungannya hari ini, kami nantikan kunjunganmu berikutnya. Jika sempat, baca juga artikel kami yang berjudul Mengenal Double Superlative Dalam Grammar Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Double Possessive – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-double-possessives-genitives – Diakses tanggal 14 September 2017
  2. Double Possessives – http://www.quickanddirtytips.com/education/grammar/double-possessives – Diakses tanggal 14 September 2017
  3. Double Possessive – https://www.dailywritingtips.com/double-possessive/ – Diakses tanggal 14 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *