Double Negatives Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat


Double Negatives adalah salah satu gaya dalam menggunakan Bahasa Inggris yang akan kita temui dalam lirik lagu atau percakapan santai sehari hari yang bersifat informal dan tidak akan serta tidak boleh kita gunakan dalam situasi yang formal. Dari namanya, mungkin kita bisa menebak ya, bahwa akan ada dua (double) bentuk pernyataan negative yang digunakan. Misalnya saja seperti dalam salah satu lirik lagu Backstreet Boys yang berjudul “Shape of My Hearts” ada kata kata “Got nothing to hide no more”. Dengan struktur seperti ini, kira kira apa ya makna yang bisa kita ungkapkan dengan menggunakan Double Negative? Kita akan mempelajarinya bersama dalam artikel ini.

Kalau kamu pernah menyadari penggunaan bentuk Double Negative ini dalam film atau lagu yang kamu dengarkan, satu hal yang perlu kamu ingat yaitu penggunaan struktur ini sangat tidak di sarankan bahkan dikategorikan sebagai bentuk yang ungrammatical, namun boleh boleh saja kalau kamu ingin bergaya dan menggunakannya saat berbicara, tapi ingat, kamu harus yakin juga bahwa apa yang ingin kamu sampaikan akan dimengerti dengan baik oleh pendengarmu. Oke deh, tanpa menunggu lebih lama lagi, yuk kita simak penjelasan tentang Double Negatives dalam Bahasa Inggris berikut ini. – Bigbanktheories.com

Pengertian Double Negatives Dalam Bahasa Inggris

Double Negatives Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat

Double Negative dan Penggunaannya

Double Negative adalah sebuah struktur kalimat dimana ada dua bentuk negation yang muncul secara bersamaan dan menimbulkan pertentangan makna. Struktur seperti ini dikenal juga dengan sebutan Multiple Negation. Tenyata hal ini tidak hanya muncul dalam Bahasa Inggris saja lho, namun juga pada beberapa bahasa lainnya seperti bahasa Protugis, Persia, Rusia, Spanyol dan juga Italia. Efek yang ditimbulkan dari penggunaan Double Negative ternyata berbeda beda dalam berbagai bahasa, ada yang bersifat membatalkan satu sama lain (cancel one another) sehingga menghasilkan makna affirmative, dan ada pula yang bersifat memperkuat atau mempertegas negation atau makna negative tersebut.

Related: Perbedaan Serta Pengertian Let’s Dan Lets

Dalam Bahasa Inggris sendiri, sebenarnya saat ini sudah tidak diterima lagi penggunaannya karena dari sisi aturan tata bahasa terkesan terlalu acak dan tidak menuruti aturan yang ada, selain itu penggunaannya juga sering menimbulkan kebingungan dalam memahami maksud nya. Sedangkan, untuk efek yang ditimbulkannya, penggunaan Double Negative dalam Bahasa Inggris juga masih samar, karena ada sebagian yang bersifat membatalkan satu sama lain dan ada pula yang memperkuat pernyataan negative tersebut.

Lalu, seperti apa sih sebenarnya yang disebut dengan Double Negative dalam Bahasa Inggris itu? Agar sobat bisa memahami jawaban untuk pertanyaan ini, saya sarankan sobat baca sebentar penjelasan berikut ini.

Seperti yang selama ini sudah kita kenal bahwa ada tiga bentuk dasar kalimat yang bisa kita buat yaitu Affirmative, Negative dan Interrogative. Kalimat Negative ini adalah lawan atau kebalikan dari kalimat Affirmative (biasa kita kenal juga dengan sebutan kalimat positive) yang bisa kita bentuk dengan beberapa cara di bawah ini:

Dengan menambahkan negative adverb “Not” kepada kalimat atau kalusa tersebut.

Contohnya: “He is thirsty.” Menjadi “He is not thirsty.”

Dengan menggunakan bentuk contraction dari “Not” yaitu “n’t”.

Contohnya: “She likes cotton candy.” Menjadi “She doesn’t like cotton candy.”

Dengan menggunakan “Negative Word

Contohnya: I’ve never been to America.

Beberapa contoh Negative Word misalnya:

Barely, Hardly, Scarcely, No, Not, None, No One, Never, Nobody, Nothing Nowhere, Neither.

Dengan menggunakan “Negative Prefix

Contohnya: “Active” Menjadi “Inactive”

Beberapa contoh Negative Prefix misalnya: Dis-, Un-, Non- dan In-

Berurusan dengan bentuk negative seperti di atas mungkin sudah bukan masalah lagi bagi kita. Tapi bagaimana dengan bentuk Double Negative? Struktur yang kita sebut dengan Double Negative akan menggabungkan dua cara pembentukan kalimat negative di atas di dalam satu klausa atau kalimat, dan ini tentunya akan membuat kita bingung dalam menerjemahkan serta menangkap maksudnya. Mislanya saja seperti contoh berikut ini:

“Her cell phone isn’t inactive.”

Menurutmu apa maksud kalimat ini? Apakah maksudnya bahwa “telepon genggam nya tidak aktif” ? Atau malah sebenarnya yang ingin diungkapkan adalah “telepon genggam nya aktif”. Kalau saya pribadi sih akan mengartikan nya dengan opsi kedua yaitu bahwa “teleponnya aktif”. Karena seperti yang sudah disampaikan di atas, bahwa saat negative bertemu negative, maka itu akan membatalkan satu sama lain dan menghasilkan makna positive, selain itu jika kita uraikan dengan cara sederhana pun, kita akan menangkap makna bahwa telepon tersebut aktif, coba saja pahami terjemahan berikut “telepon genggam nya tidak tidak aktif.”, “tidak tidak aktif” berarti “aktif” kan. Yang jadi pertanyaan, kenapa harus ribet begini sih hehe, kenapa tidak bilang saja bahwa “her cell phone is active”. Hal ini karena, selain penggunaan pola ini sudah membudaya, dalam beberapa situasi juga memang dirasakan manfaat menggunakan bentuk Double Negative ini. Misalnya saja seperti contoh berikut ini:

Richard was not unaware of his mistake.

Jika kita coba pahami, makna yang terkandung di dalamnya adalah bahwa si Richard ini sebenarnya sadar akan kesalahannya. Tapi coba bandingkan dengan kalimat di bawah ini:

Richard was aware of his mistake.

Pasti kamu merasakan makna yang berbeda datang dari kalimat kedua ini, ternyata pada situasi seperti ini, penggunaan Double Negative benar benar membawa nuansa yang berbeda terhadap makna kalimat yang bahkan tidak tergantikan bila kita coba ungkapkan tanpa Double Negative.

Beberapa Contoh Double Negative

I ain’t got no time for that.

I can’t just do nothing with her condition.

We didn’t see nothing, I swear.

The item is not uncommon.

The family hardly have none.

Oke deh sobat, itu saja yang bisa kami bahas dalam artikel tentang Double Negative ini, semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan dan kekurangan kami minta maaf. Terimakasih atas kunjungannya, dan jangan lupa baca artikel kami yang berjudul Double Possessive Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Double Negatives – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-double-negatives – Diakses tanggal 15 September 2017
  2. Examples of Double Negatives – http://examples.yourdictionary.com/examples-of-double-negatives.html – Diakses tanggal 15 September 2017
  3. What is a double negative? – http://blog.oxforddictionaries.com/2012/02/grammar-myths-3/ – Diakses tanggal 15 September 2017
  4. Double Negatives – https://en.oxforddictionaries.com/grammar/double-negatives – Diakses tanggal 15 September 2017
  5. Double Negative – https://en.wikipedia.org/wiki/Double_negative – Diakses tanggal 15 September 2017
  6. Double Negatives – https://leo.stcloudstate.edu/grammar/doubneg.html – Diakses tanggal 15 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *