Double Comparative Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Double Comparative adalah salah satu istilah yang masih berhubungan dengan materi bentuk comparative. Sebelum mempelajari materi ini, saya sangat menyarankan sobat untuk membaca terlebih dahulu penjelasan lengkap tentang comparative degree agar bisa memahami penjelasan yang akan kami berikan dengan lebih mudah. Sekedar menyegarkan ingatan kita bersama, bentuk comparative merupakan cara kita dalam membandingkan adjective (kata sifat) atau adverb (kata keterangan) dari suatu benda.

Dalam membentuk comparative form, kita bisa menambahkan suffix “–er” setelah adjective atau adverb yang kita tuju, atau bisa juga dengan menggunakan kata more atau less sebelumnya. Misalnya saja pada klimat berikut ini:

The man is taller than my friend.

Related: Aturan Penggunaan Semicolon Dalam Bahasa Inggris Yang Tepat

(Laki laki itu lebih tinggi dari teman saya.)

Bagaimana dengan Double Comparative? Seperti apa contohnya? Kalau sobat penasaran, bacalah informasi di bawah ini dengan teliti. – Bigbanktheories.com

Pengertian Double Comparative

Double Comparative Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Pengertian Double Comparative

Dari beberapa sumber yang kami temukan, kami baru tau bahwa ada perbedaan pendapat tentang apa itu yang dimaksud dengan Double Comparative dalam Bahasa Inggris. Berbeda dengan materi sebelumnya tentang Double Superlative dimana semua sumber menyatakan hal yang sama bahwa itu merupakan salah satu jenis error atau kesalahan dalam aturan tata bahasa, pada Double Comparative tidak begitu.

Sebagian sumber memang menyatakan bahwa istilah ini merujuk pada salah satu jenis error atau pola yang ungrammatical, namun sebagian lainnya menyatakan bahwa ini merupakan pola yang bisa digunakan dan memiliki fungsi tertentu. Mana yang benar? Sejauh ini kami belum tau, tapi yang jelas masing masing pendapat tersebut datang dengan contoh yang memang muncul dan digunakan dalam keseharian. Seperti inilah rangkumannya.

Pengertian Pertama

Double Comparative merupakan pola yang ungrammatical karena menggunakan dua cara pembentukan comparative disaat yang bersamaan, padahal seharusnya tidak. Sebisa mungkin kita jangan menggunakan bentuk seperti ini. Beberapa contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

Contoh Kalimat Double Comparative

Double Comparative: This dress is more better than that one.

Versi Perbaikan: “This dress is better than that one.” Atau “This dress is more beautiful than that one.”

Double Comparative: This bike is less cheaper than mine.

Versi Perbaikan: This bike is cheaper than mine.

Pengertian Kedua

Double Comparative adalah dua bentuk comparative digunakan dalam satu kalimat yang menceritakan dua hal yang saling berhubungan, biasanya salah satu merupakan dampak dari yang lainnya. Beberapa contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

Contoh Kalimat Double Comparative

The closer you look, the less you see.

The more you read, the more you know.

The more beautiful the design is, the more expensive the price is.

Pengertian Ketiga

Double Comparative merupakan frasa yang terdiri dari bentuk comparative adjective atau adverb yang diulang dan di sisipi conjunction “and” di tengahnya, yang digunakan untuk menunjukkan bahwa adanya suatu peningkatan atau penurunan. Beberapa double comparative yang sring digunakan misalnya: fewer and fewer, less and less, dan juga more and more. Beberapa contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

Contoh Kalimat Double Comparative

More and more people come to Meikarta.

Fewer and fewer student enrol to our School every year.

Oke deh sobat, itulah tadi pengertian serta beberapa contoh kalimat Double Comparative yang bisa kami sajikan dalam artikel kali ini, semoga bermanfaat dan bisa membantumu dalam memahami materi ini. Terimakasih sudah berkunjung, kami nantikan kunjunganmu berikutnya dan jangan lupa baca materi terbaru kami dalam artikel berjudul Double Negatives Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Double Comparative – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-double-comparatives – Diakses tanggal 18 September 2017
  2. What is a Double Comparative? (with Examples) – http://www.grammar-monster.com/glossary/double_comparative.htm – Diakses tanggal 18 September 2017
  3. Double Comparative Grammar – https://www.slideshare.net/angelomagno/double-comparative-grammar – Diakses tanggal 18 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *