Discussion Text Beserta Generic Structure Dan Contohnya


Hai sobat, pernahkah kamu mendengar istilah Discussion Text sebelumnya? Mungkin sobat yang saat ini berada di kelas dua SMA atau SMK sudah pernah membahas jenis teks yang satu ini ya dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah. Nah dalam kesempatan kali ini, saya ingin memberikan sekilas ulasan tentang materi ini mulai dari definisi atau pengertian discussion text, fungsi atau tujuannya, susunan atau generic structure nya serta tidak ketinggalan contoh discussion text dalam Bahasa Inggris beserta terjemahannya. Buat kamu yang sedang mencoba memahami jenis teks discussion ini, silahkan baca beberapa informasi yang telah saya siapkan dalam artikel ini.

Jika mendengar kata “diskusi” apa yang terbayang dibenak sobat semua? Mungkin keadaan di kelas dimana kita berkumpul dengan beberapa teman dan membentuk satu grup, biasanya duduk dengan posisi membentuk lingkaran, dan membahas sebuah materi pelajaran atau suatu tema tertentu. Masing-masing anggota kelompok dapat mengutarakan pikiran nya mengenai tema diskusi tersebut sehingga akan terjadi tukar pikiran antar anggota kelompok dan kemudian di akhir kita akan mengambil suatu kesimpulan yang kita sebut dengan hasil diskusi. Kira-kira seperti itulah ilustrasi yang ada di pikiran kita ketika mendengar kata “diskusi” ya. Nah, Discussion text ini pun mirip dengan ilustrasi tersebut. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini ya. – Bigbanktheories.com

Pengertian Discussion Text Beserta Generic Structure Dan Language Feature nya

Discussion Text Beserta Generic Structure Dan Contohnya

Pengertian Discussion Text

Discussion text adalah jenis teks yang membahas suatu issue atau topik dari dua sisi. Yang dimaksud dengan “dua sisi” di sini adalah sudut pandang terhadap masalah atau tema yang diangkat dalam teks tersebut. Kedua sisi atau sudut pandang tersebut adalah: sisi atau sudut pandang yang sejalan dengan pokok bahasan (bisa dikenal juga dengan sisi “affirmative”, atau “pros” atau yang artinya “mendukung / menyetujui”), dan sisi atau sudut pandang yang tidak sejalan dengan pokok bahasan (biasa dikenal juga dengan sisi “negative” atau “against”, atau “cons / contra” atau yang artinya “tidak setuju / melawan”.

Related: Procedure Text Tentang Cara Pengoprasian Handphone Masa Kini

Hal ini mirip dengan ilustrasi kita tentang kata “diskusi” di atas ya. Dalam sebuah diskusi tentunya akan muncul pendapat dari dua sisi, karena jika semua orang setuju atau semua orang tidak setuju akan suatu hal, pasti tidak akan pernah terjadi diskusi. Misalnya saja tema yang kita angkat adalah “waktu istirahat di sekolah seharusnya diperpanjang”. Bayangkan jika semua orang setuju akan hal itu, maka topik itu tidak perlu lagi didiskusikan, langsung saja tambah waktu istirahat nya sesuai dengan keinginan semua orang. Namun nyatanya tidak seperti itu kan, saat ada tema seperti ini, pasti akan muncul orang-orang yang setuju dengan hal itu dan juga orang-orang yang tidak setuju akan hal itu, dan masing-masing pihak tentu akan punya opini serta argument yang kuat untuk mendukung pernyataannya. Disinilah peran penting atau fungsi dari sebuah discussion text berada.

Fungsi Sosial Discussion Text

Social function atau fungsi sosial dari sebuah discussion text tentu bisa kita gambarkan melalui ilustrasi yang telah kita baca di atas. Sebuah discussion text tidak ditujukan untuk menghakimi suatu issue dari satu sudut pandang saja, sebuah discussion text tidak pula bertujuan untuk memaksakan pembaca agar menerima cara pandang sang penulis, namun sebuah discussion text tujuannya lebih ke arah mengedukasi atau memberikan informasi kepada pembaca akan suatu topik tertentu agar mereka mampu membuat pertimbangan mereka sendiri dengan cara menyajikan kelebihan serta kekurangan suatu hal atau bisa dikatakan menampilkan poin plus dan minus nya.

Generic Structure Discussion Text

Saat saya browsing dan melihat beberapa sumber yang ada di internet, saya belum menemukan pakem untuk generic structure dari discussion text. Namun saat saya mempelajari teks ini di sebuah sesi perkuliahan di kampus, susunan informasi dalam sebuah teks discussion ternyata mirip dengan Argumentative Text, namun tentu ada perbedaan. Berikut penjelasan singkatnya:

Issue / Problem / Topic

Ada yang menyebut bagian ini sebagai “thesis” atau “issue” tapi yang jelas pada bagian awal ni sang penulis mengenalkan masalah yang dijadikan bahan pembahasan dalam teks discussion.

Arguments

Pada bagian ini penulis akan menuliskan argument nya beserta fakta pendukung yang bisa memperkuat pendapatnya baik dari sisi positive maupun negative. Hingga saat ini saya juga belum menemukan aturan yang jelas tentang cara mempresentasikan argument mendukung dan menolak, namun biasanya argument yang bersifat mendukung tema utama akan ditampilkan duluan baru kemudian diikuti oleh statement dan argument yang bersifat menolak.

Conclusion

Bagian akhir atau closing dari sebuah discussion text. Isinya adalah kesimpulan dari pembahasan pada bagian argument (sama hal nya dengan hasil diskusi).

Baca Juga: Concluding Sentence Beserta Contoh Dan Cara Membuatnya

Language Feature Discussion Text

Language feature atau ciri khas kebahasaan dari sebuah discussion text pada dasarnya bisa kita kenali dengan memperhatikan contoh-contoh yang ada. Berikut ini beberapa hal yang bisa dikatakan cukup “crucial” atau penting untuk kita perhatikan.

Logical Connector (Adversative)

Penggunaan connector yang bersifat “adversative” atau berlawanan sangat sering kita jumpai dalam sebuah discussion text. Hal ini tentunya karena dalam teks tersebut, penulis perlu menunjukkan “contrast” antara argument positive dan negative. Beberapa diantaranya seperti: On the other hand, on the contrary, in contrast, etc.

Simple Present Tense

Yak, tenses sejuta fungsi hehe. Coba saja perhatikan, dalam sebuah discussion text pasti akan didominasi oleh bentuk-bentuk simple present tense.

Contoh Discussion Text (About Education)

Student Loan for College Students in Indonesia

Student loan may not be a new issue for other countries, but it is considered to be an intriguing topic for the people in Indonesia. It is one of Indonesian government plans that attracts attention of many people from various background.

Most students decided to stop their education in Senior High School level because they do not have money to pay for tuition in college. Student loan provides a better chance for them to pursue higher education. Because they can borrow the cost for their college from the government or other student loan provider first and then return it later when they have finished their study and find a job to support their live.

In addition, student loan will also provide a convenience for the student to undergo their study as they can use it not only to pay for the tuition in college, but also to support their life in daily basis. It means that the students do not have to take any time-consuming-part-time job to fulfill their need of food and place to stay during their time in college so that they can stay focus on their study and reach their best achievement.

On the other hand, taking a student loan will leave the student with certain amount of debt that they need to return to the government or the student loan provider as soon as they get a job. This condition has created anxiousness among the students and also the society in general. They are worried of their prosperity in the future with the amount of debt that they need to pay.

Besides, most universities in Indonesia cannot guarantee the student to get a job as soon as they are graduated from the university. This fact makes the student think twice to accept the government plan about student loan. They are afraid that their life will be much harder if they take the student loan and they cannot return it just because they do not get a job when they have finished their study in the college.

The advantages and also the disadvantages of student loan above are the reason why this topic attract so many attention in the society. People realize that it can be helpful for students to achieve higher education but it can also be a burden for them in certain situation.

Terjemahan Contoh Discussion Text (Tentang Pendidikan)

Student Loan untuk Mahasiswa di Indonesia

Student loan (pinjaman pelajar) mungkin bukanlah isu yang baru bagi negara lain, namun hal itu dianggap sebagai sebuah topik yang menarik bagi orang-orang di Indonesia. Hal itu merupakan salah satu dari rencana pemerintah Indonesia yang menarik perhatian banyak orang dari berbagai macam latar belakang.

Kebanyakan pelajar memutuskan untuk menghentikan pendidikan mereka di tingkat SMA karena mereka tidak memiliki uang untuk membayar uang kuliah. Student loan memberikan sebuah kesempatan yang lebih baik bagi mereka untuk mengejar pendidikan yang lebih tinggi. Karena mereka bisa meminjam uang yang mereka butuhkan untuk kuliah mereka dari pemerintah atau penyedia student loan lainnya terlebih dahulu dan mengembalikannya kemudian saat mereka telah menyelesaikan pendidikan mereka dan mendapatkan pekerjaan untuk membiayai kehidupan mereka.

Disamping itu, student loan juga akan memberikan kenyamanan bagi pelajar yang menjalani pendidikan mereka karena mereka bisa menggunakannya tidak hanya untuk membayar biaya perkuliahan, namun juga untuk membiayai kehidupan mereka dalam hal kebutuhan sehari-hari. Hal ini berarti bahwa para pelajar tidak perlu melakukan pekerjaan sampingan yang menghabiskan waktu untuk memenuhi kebutuhan mereka akan makan dan tempat tinggal selama masa mereka berada di perkuliahan sehingga mereka bisa tetap fokus pada pelajaran mereka dan meraih pencapaian terbaik mereka.

Di sisi lain, mengambil student loan akan membuat pelajar memiliki sejumlah hutang yang harus mereka kembalikan pada pemerintah atau penyedia student loan segera setelah mereka mendapatkan pekerjaan. Keadaan ini telah menyebabkan kekhawatiran diantara pelajar dan juga masyarakat secara umum. Mereka khawatir akan kemakmuran mereka di masa depan dengan sejumlah hutang yang harus mereka bayar.

Selain itu, sebagian besar universitas di Indonesia tidak bisa menjamin bahwa para pelajar itu akan mendapatkan pekerjaan segera setelah mereka lulus dari universitas. Kenyataan ini membuat para pelajar berpikir dua kali untuk menerima rencana pemerintah akan student loan. Mereka khawatir kehidupan mereka akan bertambah sulit jika mereka mengambil student loan itu dan mereka tidak bisa mengembalikannya hanya karena mereka tidak mendapatkan pekerjaan setelah mereka menyelesaikan proses belajar mereka di perguruan tinggi.

Kelebihan dan juga kekurangan dari student loan di atas adalah alasan mengapa topik ini menarik begitu banyak perhatian di masyarakat. Orang-orang menyadari bahwa hal itu bisa bermanfaat bagi para pelajar untuk mencapai pendidikan tinggi namun itu juga bisa menjadi beban bagi mereka dalam keadaan tertentu.

Oke deh sobat, itulah tadi penjelasan singkat tentang Discussion Text beserta generic structure dan contoh nya, saya harap tulisan kali ini bisa dipahami dengan mudah ya. Terimakasih banyak atas kunjunganmu hari ini, saya harap sobat bisa menemukan sesuatu yang bermanfaat dengan berkunjung ke website bigbanktheories ini, sampai ketemu lagi dalam artikel lainnya, dan jangan lupa baca juga Hortatory Exposition Text Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya.

Referensi:

  1. Contoh Discussion Text dalam Bahasa Inggris – https://blog.ruangguru.com/contoh-discussion-text-dalam-bahasa-inggris – Diakses tanggal 29 Mei 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *