Discontinuous Noun Phrase Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya


Discontinuous Noun Phrase adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada suatu cara menampilkan noun phrase dalam sebuah kalimat yang tidak seperti penggunaan noun phrase pada umumnya. Apa bedanya? Nah, itulah yang akan kita pelajari dalam artikel kali ini sobat. Sebelum masuk ke pembahasan tentang pengertian dan juga contoh Discontinuous Noun Phrase, sebaiknya kita mengulang sedikit pembahasan tentang apa itu noun phrase dan bagaimana bentuknya. Bila kita sudah ingat kembali mengenai materi noun phrase yang sudah pernah kita pelajari sebelumnya, barulah kita bisa mengetahui dimana letak perbedaannya dengan Discontinuous Noun Phrase ini.

So, masih ingat kan apa itu noun phrase? Ya tepat sekali, noun phrase adalah jenis phrase (frasa) yang berperan sebagai sebuah noun (kata benda). Sedangkan Phrase itu sendiri adalah kumpulan dari beberapa kata, jadi bisa kita bilang bahwa noun phrase adalah kumpulan kata kata yang berfungsi sebagai noun. Kita ambil sebuah contoh, kata “Cat” misalnya, ini adalah sebuah noun, dengan menambahkan beberapa kata, kita bisa merubahnya menjadi sebuah noun phrase, misalnya saja merubahnya menjadi “The cat on the tree”. Meski terlihat panjang, sebenarnya frasa tersebut tetap saja hanya membicarakan satu buah noun atau benda, ya si “Cat” itu, hanya saja menjadi lebih jelas “kucing yang mana?” yang sedang dibicarakan. Lalu apa hubungannya dengan Discontinuous Noun Phrase? Ini dia penjelasannya. – Bigbanktheories.com

Pengertian Discontinuous Noun Phrase Dalam Grammar Bahasa Inggris

Discontinuous Noun Phrase Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya

Pengertian Discontinuous Noun Phrase

Sebuah noun phrase dibentuk dari sebuah noun dan diikuti oleh kata kata lain yang merupakan modifier nya. Seperti yang telah saya contohkan di atas dan seperti yang selama ini sering kita jumpai, noun dan modifier nya ini letaknya akan berurutan atau dalam Bahasa Inggris bisa disebut dengan istilah “continuous”. Nah, yang dimaksud dengan Discontinuous Noun Phrase ini adalah situasi dimana sebagian dari noun phrase tersebut dipisahkan letaknya dan di pindah ke bagian akhir kalimat sehingga noun phrase ini seolah terbelah dengan struktur kalimat yang lain. Hal ini terkadang dilakukan dengan tujuan untuk menambah penekanan terhadap informasi yang terkandung di dalamnya atau bisa juga untuk membuat kalimat tersebut nampak lebih seimbang jika ternyata noun phrase yang digunakan sebagai subject kalimat mengandung terlalu banyak kata.

Related: Pengertian Dan Contoh Predicative Adjective Dalam Kalimat

Ingin tau seperti apa contoh penggunaan Discontinuous Noun Phrase ini dalam kalimat? Perhatikan ilustrasi berikut ini:

Contoh Penggunaan Discontinuous Noun Phrase Dalam Kalimat

Materi tentang Discontinuous Noun Phrase ini bagi saya tergolong materi yang agak ribet dalam memahami nya, apalagi dalam menjelaskannya. Untuk itu saya akan mencoba menampilkan contoh penggunaan Discontinuous Noun Phrase melalui sebuah ilustrasi di bawah ini, semoga bisa dipahami. Contoh kalimat yang saya gunakan ini saya kutip dari website stackexchange.com, sengaja saya ambil karena dari sekian banyak contoh yang beredar di berbagai website, hanya satu kalimat ini yang memberi saya titik terang tentang materi ini.

Perhatikan!

System” adalah sebuah noun (kata benda)

The system” sudah berupa noun phrase (dengan modifier berupa articles “the”)

The system that could have been revolutionary” berupa noun phrase yang lebih panjang lagi (dengan modifier berupa adjective clause)

Ketiga contoh di atas berbeda sekali dalam hal panjang atau jumlah kata yang digunakan, namun sekali lagi ingat, mereka sebenarnya tetap muter muter membicarakan satu hal saja yaitu “system” tadi. Ingat, mau sepanjang apapun itu, noun phrase tetap berfungsi sebagai noun, yang artinya bisa menempati posisi: Subject, Object dan juga Complement. Mari kita gunakan contoh di atas dalam sebuah kalimat.

He made it useless.

Pronoun “it” pada kalimat di atas menempati posisi object (sesuatu yang dibuat oleh “he”), dan kata “useless” disini merupakan adjective yang menerangkan “it”, sehingga kita menyebutnya dengan “object complement”.

Nah, karena noun phrase sama saja dengan noun, maka selain bisa menempati berbagai posisi noun seperti yang telah saya sebutkan tadi, noun phrase juga bisa digantikan dengan sebuah pronoun, begitu pula sebaliknya yaitu noun phrase bisa menempati posisi pronoun dalam kalimat. Jika kita gunakan kalimat di atas, maka kalimatnya akan menjadi:

He made the system that could have been revolutionary useless.

Sekarang kita akan membelah noun phrase tersebut agar terbentuk Discontinuous Noun Phrase. Seperti ini contohnya:

He made the system useless that could have been revolutionary.

Nah, inilah contoh dari Discontinuous Noun Phrase. Bagaimana? Agak terdengar aneh ya, hehe menurut saya juga begitu sih, tapi ternyata penggunaan pola seperti ini dalam kalimat tidak salah lho, mungkin saya saja yang belum terbiasa.

Oke deh segitu saja yang bisa kami bahas mengenai Discontinuous Noun Phrase, mungkin sangat kurang informasinya hehe karena saya pun masih kesulitan nih menemukan sumber yang memberi penjelasan yang cukup oke, untuk itu saya minta maaf. Semoga bisa membantu bagi yang sedang mempelajari materi ini. Terimakasih banyak sudah membaca tulisan ini dan jangan lupa baca postingan kami sebelumnya dengan judul Ini Lho Bedanya Discreet Dan Discrete Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Discontinuous Noun Phrase – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-discontinuous-noun-phrase – Diakses tanggal 25 September 2017
  2. Discontinuous Noun Phrase and Apposition Involving Object Complements – https://english.stackexchange.com/questions/321897/discontinuous-noun-phrase-and-apposition-involving-object-complements – Diakses tanggal 25 September 2017
  3. Discontinuous Noun Phrase – https://www.usingenglish.com/forum/threads/86800-discontinuous-noun-phrase – Diakses tanggal 25 September 2017
  4. The Garden Of Phrases – http://grammar.ccc.commnet.edu/grammar/phrases.htm – Diakses tanggal 25 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *