Direct Dan Indirect Questions Dalam Bahasa Inggris


Direct dan indirect questions merupakan dua cara yang bisa kita lakukan untuk mengungkapkan pertanyaan dalam Bahasa Inggris. Jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia menggunakan kamus, direct questions artinya pertanyaan langsung, sedangkan indirect questions artinya pertanyaan tak langsung. Seperti apa ya maksudnya? Penasaran kan? Cari tau penjelasan lengkapnya dalam artikel ini ya. – Bigbanktheories.com

Contoh Direct dan Indirect Questions

Direct Dan Indirect Questions

Pengertian Direct dan Indirect Questions

Saat kami sedang ingin membahas materi Bahasa Inggris tentang direct dan indirect questions, kami menemukan bahwa dari beberapa sumber terdapat dua versi penjelasan tentang materi ini. Menurut kami, kedua versi tersebut memiliki alasan yang masuk akal dalam menjelaskan versi mereka terhadap pengertian serta contoh direct dan indirect questions ini, karena itu kami pun memutuskan untuk merangkum dan menampilkan semuanya dalam artikel ini. Ayo kita bahas satu persatu.

Versi Pertama

Related: Misplaced Modifier Beserta Contoh Dan Cara Mengatasinya

Beberapa sumber melihat direct dan indirect question sebagai bentuk pertanyaan dalam reported speech (direct and indirect speech). Dengan begini, direct question diterjemahkan sebagai bentuk pertanyaan yang kita lontarkan secara langsung sebagai pembicara, sedangkan indirect question atau yang dikenal juga dengan reported questions diterjemahkan sebagai sebuah pernyataan dimana kita menceritakan atau mengulangi pertanyaan yang diucapkan oleh orang lain. Bentuk indirect question ini sering dikenal juga dengan istilah “a question embedded inside a statement” atau dalam Bahasa Indonesia nya “sebuah pertanyaan yang terkandung dalam sebuah pernyataan.

Direct question yang diangap sebagai bentuk normal dari sebuah pertanyaan tentu sudah tidak menjadi masalah lagi bagi kita, karena selama ini pun tentu kita sudah sering membuat kalimat tanya dalam Bahasa Inggris baik yang berupa yes-no question (closed question) ataupun jenis pertanyaan yang diawali dengan question word. Sedangkan untuk indirect question yang berbentuk statement (pernyataan), kita perlu mengetahui rumus indirect question berikut ini agar dapat membuat sebuah contohnya dengan tepat. Perlu kita ingat, karena berbentuk pernyataan, maka dibagian akhir indirect question kita tidak akan menambahkan question mark (tanda tanya).

Rumus Indirect Question

Yes-No Question : Introductory Clause + if / whether + Subject + Verb

WH Question : Introductory Clause + WH word + Subject + Verb

Penjelasan:

Introductory clause – pernyataan pembuka yang bertujuan untuk memberitahukan bahwa kalimat ini sebenarnya merupakan sebuah pertanyaan, atau bisa juga dengan tujuan agar memperjelas siapa yang bertanya kepada siapa.

WH word – terdiri dari: what, who, where, why, when, which, how.

Contoh Direct dan Indirect Questions

Direct Question: Do you like coffee?

Indirect Question: He asked (me) whether I liked coffee.

Direct Question: Who is the tall guy?

Indirect Question: He asked (me) who the tall guy was.

Itulah tadi sobat penjelasan serta contoh direct dan indirect questions dalam versi pertama. Selanjutnya kita akan mempelajari juga versi kedua yang kami temukan dari berbagai sumber.

Versi Kedua

Dalam versi kedua ini, kami mengumpulkan informasi dari beberapa sumber yang menganggap direct dan indirect question merupakan dua cara mengungkapkan pertanyaan dilihat dari segi kesopan santunan pertanyaan tersebut. Disini, direct question adalah bentuk pertanyaan “normal” yang kita gunakan untuk bertanya kepada orang orang yang kita kenal dengan baik seperti keluarga dan teman. Disebut direct question karena tipe pertanyaan nya bersifat “langsung” tanpa perlu memikirkan cara untuk lebih membuatnya terdengar sopan.

Indirect question adalah jenis pertanyaan yang sedikit lebih sopan dan lebih formal strukturnya, digunakan saat kita ingin bertanya kepada orang yang tidak terlalu kita kenal atau untuk membuat pertanyaan dalam situasi resmi. Cara membentuknya adalah dengan menambahkan frasa yang dapat membuat pertanyaan terdengar lebih sopan di depan pertanyaan yang akan kita ajukan. Namun perlu kamu ketahui juga bahwa, susunan kalimat tanya nantinya akan diubah menjadi seperti pernyataan.

Beberapa frasa yang bisa kita gunakan untuk mengawali sebuah indirect questions diantaranya:

Could you tell me . . .

Do you know . . .

Do you have any idea . . .

I’d like to know . . .

Is there any chance . . .

Iwas wondering . . .

Would it be possible . . .

Contoh Direct dan Indirect Questions

Direct Question: Where is the exit door?

Indirect Question: Could you tell me where the exit door is?

Direct Question: What time does this store open?

Indirect Question: Do you know what time the bank opens?

Itulah tadi sekilas materi yang bisa kami sampaikan tentang pengertian serta contoh direct dan indirect questions dalam versi kedua.

Ternyata setelah kita baca penjelasan tentang direct dan indirect question di atas, kedua versi penjelasan tersebut tidak jauh berbeda, keduanya sama sama berpendapat bahwa untuk mengubah direct question menjadi indirect question, kita perlu memasukkan pertanyaan tersebut kedalam kalimat yang lebih panjang. Penambahan frasa atau clause ini bertujuan untuk membuat pertanyaan tersebut terkesan lebih sopan.

Terimakasih untuk kunjunganmu hari ini, kami minta maaf jika dalam materi yang kami sampaikan kali ini terdapat kekeliruan informasi, dan kami harap hal tersebut bisa dimaklumi. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat bagimu, sampai jumpa lagi dalam artikel menarik lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimat Indirect Question – https://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-indirect-question – Diakses tanggal 19 Februari 2017
  2. What Is an Indirect Question? (with Examples) – http://www.grammar-monster.com/glossary/indirect_questions.htm – Diakses tanggal 19 Februari 2017
  3. Indirect Questions – http://www.perfect-english-grammar.com/indirect-questions.html – Diakses tanggal 19 Februari 2017
  4. Direct And Indirect Questions In English – https://www.espressoenglish.net/direct-and-indirect-questions-in-english/ – Diakses tanggal 19 Februari 2017
  5. Indirect Questions – http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/flatmates/episode46/languagepoint.shtml – Diakses tanggal 19 Februari 2017
  6. Indirect Questions – http://www.e-grammar.org/indirect-question/ – Diakses tanggal 19 Februari 2017
  7. English Questions – http://www.english-at-home.com/grammar/questions/ – Diakses tanggal 19 Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *