Descriptive Adjective Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Descriptive Adjective adalah jenis adjective dalam Bahasa Inggris dengan jumlah kosakata terbanyak jika dibandingkan dengan tipe adjective lainnya seperti Demonstrative Adjective dan juga Quantitative Adjective. Oleh karena itu boleh kita simpulkan bahwa kata sifat (adjective) yang paling sering kita gunakan dalam Bahasa Inggris adalah kata-kata yang tergolong kedalam jenis Descriptive Adjective ini.

Jika kita lihat dari namanya, mungkin kita ingin menebak bahwa Descriptive Adjective adalah jenis kata sifat yang digunakan untuk menggambarkan / mendeskripsikan (to describe) sesuatu. Dengan dugaan ini, mungkin kita juga merasa penasaran, mengapa pengertian Descriptive Adjective terdengar sama dengan pengertian Adjective secara umum. Kalau menurut saya, alasannya mungkin karena mayoritas adjective memang tergolong kedalam Descriptive Adjective, jadi sangat wajar jika pengertiannya mewakili definisi Adjective secara umum yaitu kosakata yang digunakan untuk menerangkan kata benda (noun). – Bigbanktheories.com

Descriptive Adjective Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Pengertian Descriptive Adjective

Descriptive Adjective adalah tipe adjective yang digunakan untuk mendeskripsikan suatu noun. Bentuk deskripsi ini dapat meliputi warna (black, green), ukuran (large, small), bentuk (square, slim) kualitas (good, bad), bahan pembentuk dari suatu benda (cotton, iron) dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena digunakan untuk mendeskripsikan sebuah noun, maka penggunaan Descriptive Adjective akan bisa membuat pembaca atau pendengar memiliki gambaran dalam benak mereka tentang wujud atau tampilan dari noun yang sedang dideskripsikan.

Related: Hindari Kesalahan Umum Penggunaan Preposition Berikut Ini

Karena hubungannya dengan kegiatan “mendeskripsikan benda” maka sebagian orang ada yang memilih untuk menggunakan suatu tips mudah untuk mengingat berbagai contoh Descriptive Adjective dalam Bahasa Inggris. Cara mudah itu adalah dengan menghubungkan berbagai adjective yang ada dengan kemampuan pengamatan kita melalui panca indra yang kita miliki yaitu kemampuan melihat, membau, mendengar, mengecap atau merasa, dan meraba. Hal ini dilakukan sebagian orang karena umumnya contoh-contoh Descriptive Adjective memang berkaitan dengan hal yang bisa kita observasi melalui kemampuan lima indra kita tersebut.

Kosakata yang tergolong kedalam Descriptive Adjective bisa kita gunakan secara attributive (muncul sebelum noun: tall guy) ataupun secara predicative (muncul setelah noun: The guy is tall). Hal penting yang perlu kita ingat adalah bahwa sebuah Descriptive Adjective akan membantu kita untuk mendeskripsikan suatu benda, letaknya dalam kalimat bukanlah sebuah masalah selama kata tersebut membantu kita mendapatkan gambaran akan penampakan atau penampilan suatu benda.

Meski fungsi nya sudah jelas, namun mungkin kita masih ragu saat harus menentukan apakah sebuah adjective tergolong kedalam Descriptive Adjective atau tidak. Salah satu cara yang dapat membantu kita untuk mengenali Descriptive Adjective dalam sebuah kalimat adalah dengan menanyakan pertanyaan “What does it look like?” dalam benak kita. Jika adjective yang muncul dalam kalimat yang kita temui dapat menjawab pertanyaan itu, maka bisa dipastikan kalau ia termasuk kedalam Descriptive Adjective. Misalnya:

Contoh Kalimat: There is a cute dog in front of my house right now.

Pertanyaan: What does the dog look like?

Jawaban: It is cute. / The dog is cute.

Dengan begini bisa kita pastikan bahwa kata “cute” tergolong kedalam Descriptive Adjective.

Jenis Descriptive Adjective

Untuk membantu memudahkan kita dalam mengenal berbagai contoh Descriptive Adjective dalam Bahasa Inggris, kita bisa mengelompokkannya kedalam tiga jenis atau tiga kategori. Ketiga jenis Descriptive Adjective tersebut adalah: Simple Adjectives, Compound Adjectives dan juga Proper Adjectives. Berikut ini penjelasan untuk masing-masing kategori beserta beberapa contohnya:

Simple Adjectives

Simple adjectives atau kata sifat sederhana adalah bentuk-bentuk adjectives dasar yang hanya terdiri dari satu kata saja. Ini merupakan kategori Descriptive Adjective dengan jumlah terbanyak yang ada dalam Bahasa Inggris. Kata sifat apapun asalkan ia berbentuk sebuah kata (bukan merupakan gabungan beberapa kata) bisa kita golongkan kedalam simple adjectives. Namun perlu kita ingat, karena kita sedang membicarakan jenis Descriptive Adjective, maka kosakata yang kita bahas haruslah merupakan kata sifat yang bisa mendeskripsikan suatu benda. Misalnya saja seperti contoh berikut ini:

Contoh Simple Adjectives

Blue, Red, Yellow, White, Big, Tiny, Tremendous, Muscular, Bumpy, Triangular, Oval, Octagonal, Fancy, Ugly, Plain, Luxurious, Wild, Wooden, Woolen, Plastic, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Compound Adjectives

Compound adjectives adalah kata sifat yang dibentuk dengan menggabungkan dua kata untuk mengungkapkan satu konsep. Dalam penulisannya, compound adjectives biasanya dihubungkan dengan menggunakan tanda hyphen (). Perhatikan beberapa contoh compound adjectives berikut ini:

Contoh Compound Adjectives

Four-legged, Two-sided, Baby-faced, Broken-hearted, Hard-headed, High-heeled, Right-handed, Left-handed, Cold-blooded, Narrow-minded, Short-sighted, Short-tempered dan lain sebagainya.

Proper Adjectives

Proper adjectives adalah kata sifat yang berasal dari proper noun. Bisa dikatakan bahwa proper adjective ini adalah kata turunan dari proper noun. Sedangkan proper noun sendiri artinya kosakata untuk menamai benda yang bersifat spesifik seperti nama negara, nama tempat, agama atau juga nama orang. Berikut ini adalah beberapa contoh proper adjectives yang sering kita temukan di keseharian kita:

Contoh Proper Adjectives

Indonesian, Sundanese, Javanese, Batakese, Lampungese, Balinese, Buddhist, Moslem, Christian, Arctic, Atlantic, Pacific, English, American, German, Greek, Chinese, Cuban, Mexican, Egyptian, French, Spanish, Turkish dan lain-lain.

Bagaimana sobat, sudah jelas kan sekarang seperti apa pengelompokan Descriptive Adjective dalam Bahasa Inggris itu. Kalau begitu, ini saatnya kita mempelajari beberapa contoh penggunaan Descriptive Adjective dalam kalimat. Tapi sebelumnya, ada sedikit informasi yang perlu saya tambahkan. Terkadang kita akan menggunakan lebih dari satu adjective untuk mendeskripsikan suatu benda. Pada situasi seperti ini, ingatlah bahwa kita harus mengikuti urutan tertentu dalam menempatkan berbagai Descriptive Adjective yang kita gunakan dalam suatu kalimat, dan urutan tersebut kita kenal dengan istilah adjective order.

Contoh Descriptive Adjective

Sebagai penutup materi kali ini, saya sudah siapkan beberapa contoh kalimat yang mengandung Descriptive Adjective di dalamnya. Silahkan amati dan pahami cara penggunaan Descriptive Adjective melalui berbagai contoh berikut ini.

The adorable tiny cat lives in my basement.

(Kucing kecil yang lucu itu tinggal di ruang bawah tanahku.)

My father bought a big old blue Mustang from our neighbor.

(Ayahku membeli sebuah mobil Mustang tua besar berwarna biru dari tetangga kami.)

I threw the wooden chair into the trash bin.

(Aku melempar kursi kayu itu kedalam bak sampah.)

Buffalo is four-legged animal who loves to spend its time in a mud.

(Kerbau adalah hewan berkaki empat yang suka menghabiskan waktunya di dalam lumpur.)

This is Egyptian traditional costume.

(Ini adalah kostum tradisional Mesir.)

Seperti itulah tadi sobat penjelasan singkat tentang Descriptive Adjective yang bisa saya sajikan. Atas kekurangan dan kekeliruan yang ada dalam materi kali ini, saya mohon maaf dan harap bisa dimaklumi. Saya harap informasi yang saya sajikan bisa bermanfaat bagi sobat pembaca semua. Silahkan bagikan artikel ini di akun sosmed milikmu agar semakin banyak orang yang bisa ikut mempelajarinya. Terimakasih atas perhatian yang telah sobat curahkan untuk mempelajari materi kali ini, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya. Silahkan pelajari juga artikel terbaru kami yang membahas tentang Berbagai Macam Derivation Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya.

Referensi:

  1. List of Descriptive Adjectives: Simple, Compound, and Proper – https://grammar.yourdictionary.com/parts-of-speech/adjectives/list-of-descriptive-adjectives.html – Diakses tanggal 3 Maret 2020
  2. Kinds of Adjectives: Descriptive Adjectives – http://partofspeech.org/kinds-of-adjectives-descriptive-adjectives/ – Diakses tanggal 3 Maret 2020
  3. Pengertian dan Contoh Kalimat Descriptive Adjective – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-descriptive-adjectives – Diakses tanggal 3 Maret 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *