Demonstrative Pronoun Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Bicara tentang Demonstrative Pronoun, tentu kita harus tau dulu apa yang dimaksud dengan pronoun. Jika kita coba terjemahkan dengan menggunakan Google Translate, maka kita akan menemukan bahwa kata “Pronoun” artinya adalah “kata ganti”. Dalam hal ini, saat kita kaitkan dengan materi Grammar Bahasa Inggris, sebuah pronoun merupakan kata yang digunakan untuk menggantikankata benda” atau “Noun” dengan tujuan agar kalimat atau bahasa kita menjadi lebih efisien karena kita tidak perlu berulang kali menyebut noun yang sama, misalnya saja kata “He” atau “She” yang bisa kita gunakan untuk menggantikanNama orang”.

Sekarang setelah sobat tau apa yang dimaksud dengan pronoun, maka saya yakin sobat sudah siap untuk mempelajari penjelasan materi di bawah ini tentang Demonstrative Pronoun yang merupakan salah satu dari sekian banyak jenis pronoun dalam Bahasa Inggris. Silahka baca dan amati pengertian serta berbagai contoh Demonstrative Pronoun yang ada di bawah ini. Saya harap sobat bisa memahaminya dengan mudah. – Bigbanktheories.com

Demonstrative Pronoun Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Pengertian Demonstrative Pronoun

Demonstrative Pronoun adalah jenis kata ganti yang dapat mengindikasikan jumlah serta jarak suatu benda (noun) yang ia gantikan. Dengan begini, saat sebuah Demonstrative Pronoun digunakan, baik si pembicara maupun si pendengar akan langsung bisa mengerti apakah benda yang sedang dibicarakan itu merupakan benda tunggal / hanya satu (singular) ataukah jumlahnya jamak / lebih dari satu (plural), serta dapat pula membantu memperjelas apakah benda tersebut dianggap berjarak dekat atau jauh dari si pembicara.

Related: Penjelasan Dan Contoh Adjective Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Kosakata yang tergolong kedalam Demonstrative Pronoun pada umumnya ada empat yaitu: This, That, These dan Those. Keempat kosakata ini bisa juga kita gunakan sebagai Demonstrative Adjective namun dengan cara penggunaan yang berbeda. Beberapa sumber ada pula yang menambahkan kata “Such” dan “None” sebagai kosakata yang juga termasuk kedalam Demonstrative Pronoun.

Saya yakin sobat sudah sangat familiar ya dengan keempat bentuk Demonstrative Pronoun di atas. Jika kita terjemahkan, kata “This” dan “These” artinya adalah “Ini” sedangkan kata “That” dan “Those” artinya adalah “Itu”. Nah, saya yakin sekarang sudah semakin jelas ya mengapa di atas saya nyatakan bahwa Demonstrative Pronoun bisa mengindikasikanJarak” suatu benda dengan si pembicara, karena keempat kosakata tersebut artinya adalah “Ini” dan “Itu”, dan kita tau bahwa saat kita menggunakan kata “Ini” dalam kalimat, asumsinya bagi kita hal yang sedang kita bicarakan itu berada di dekat kita bahkan mungkin di genggaman, dan sebaliknya, saat kata “Itu” yang kita gunakan, maka kita sebenarnya mengindikasikan bahwa hal tersebut jauh dari kita.

Ada hal yang perlu sobat ingat, saat ini kita sedang membahas Demonstrative Pronoun, artinya keempat kosakata tadi juga merupakan sebuah “Pronoun” atau “Kata Ganti”. Dengan begitu “Noun” yang digantikannya tentu jadi menghilang atau tidak disebutkan lagi. Namun jangan sampai salah paham ya, yang dimaksud menghilang atau tidak disebutkan lagi di sini bukan berarti benda yang dirujuk oleh Demonstrative Pronoun tersebut tidak boleh muncul sama sekali, tapi yang jelas ia tidak ada disamping Demonstrative Pronoun, karena jika letak kosakata This, That, These dan Those berada tepat disebelah noun, maka kata-kata tersebut bukan berperan sebagai pronoun, namun sebagai adjective. Disinilah letak bedanya Demonstrative Pronoun dengan Demonstrative Adjective. Perhatikan contoh berikut:

Contoh 1: Annisa gave me this book yesterday. (Demonstrative Adjective)

Contoh 2: Annisa gave me this yesterday. (Demonstrative Pronoun)

Contoh 3: This is Annisa’s book. (Demonstrative Pronoun)

Sekarang, yang belum kita bahas adalah tentang kemampuan Demonstrative Pronoun untuk mengindikasikan jumlah benda yang ia gantikan. Sederhana saja sobat, kata “This” dan “That” kita gunakan untuk menggantikan benda tunggal (singular noun) dan kata “These” dan “Those” kita gunakan untuk benda jamak (plural noun). Bagaimana, mudah kan? Jika kita urutkan secara rapih, maka susunannya akan nampak seperti berikut:

Jarak Dekat:

This (Singular) – Ini

These (Plural) – Ini

Jarak Jauh:

That (Singular) – Itu

Those (Plural) – Itu

Setelah membaca penjelasan dan mengamati susunan di atas, saya yakin sekarang sudah jelas ya apa bedanya This, That, These dan Those. Ternyata mudah sekali kan untuk memahami Demonstrative Pronoun.

Contoh Demonstrative Pronoun

Setelah sobat selesai mempelajari pengertiannya, kini saatnya sobat mengamati berbagai contoh Demonstrative Pronoun dalam kalimat. Di bawah ini saya sudah menyiapkan beberapa contoh kalimat yang mengandung Demonstrative Pronoun di dalamnya untuk sobat pelajari. Silahkan dibaca, semoga bermanfaat.

I don’t like this. (Aku tidak suka ini.)

That was not my idea. (Itu bukan ide saya.)

You have to bring these to school. (Kamu harus membawa ini (jamak) ke sekolah.)

Those are mine. (Itu (jamak) adalah milikku.)

This was my house. (Ini dulunya adalah rumah saya.)

That is a good idea. (Itu adalah ide yang bagus.)

These are our remaining food. (Ini (jamak) adalah sisa makanan kita.)

Give me one of those! (Beri aku satu dari benda itu (jamak))

Itulah beberapa contoh penggunaan Demonstrative Pronoun dalam kalimat. Jika kita perhatikan, memang agak rancu ya jika kalimat di atas hanya berdiri sendiri tanpa konteks yang jelas, kita jadi bingung apa benda yang digantikan oleh masing-masing pronoun ini. Inilah sebabnya sobat, Demonstrative Pronoun biasanya memang digunakan pada percakapan langsung, dimana si pembicara bisa sambil menunjukkan barang yang dimaksud sehingga antara pembicara dan pendengar sudah sama-sama tau bendanya.

Sekian dulu pembahasan materi kali ini, saya ucapkan terimakasih banyak atas perhatian serta waktu yang sudah sobat luangkan. Semoga materi yang kita pelajari kali ini bermanfaat. Sampai ketemu lagi di artikel keren lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Demonstrative Pronoun – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-demonstrative-pronouns – Diakses tanggal 24 Januari 2020
  2. What is a Demonstrative Pronoun? – https://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/demonstrative-pronouns/ – Diakses tanggal 24 Januari 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *