Demonstrative Adjective Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya


Demonstrative Adjective adalah salah satu materi yang biasanya muncul di tingkatan Basic English (materi Bahasa Inggris dasar). Hal ini bisa saja dikenalkan di tingkat SD ataupun SMP. Oleh karena itu, saya rasa untuk materi kali ini, akan lebih sesuai jika saya menyapa sobat pengunjung semua dengan sebutan “adik-adik” ya.

Bagi adik-adik yang baru mengenal istilah Demonstrative Adjective, kakak perlu sampaikan bahwa materi kali ini pasti bisa kamu pahami dengan sangat mudah. Di bawah ini, kakak sudah menyiapkan penjelasan lengkap tentang Demonstrative Adjective, mulai dari pengertiannya, berbagai kata yang tergolong kedalamnya, hingga contoh penggunaan Demonstrative Adjective yang sering kita jumpai sehari-hari. So, jangan khawatir, kamu pasti bisa memahaminya. – Bigbanktheories.com

Demonstrative Adjective Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya

Pengertian Demonstrative Adjective

Kakak yakin kita semua sudah terbiasa ya dengan pertanyaan “What is this?” dan juga “What is that?”. Menurut kamu, apa sih bedanya dua pertanyaan di atas? Secara sederhana, perbedaan kedua pertanyaan di atas terletak pada kata “this” dan “that” yang jika kita terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya “ini” dan “itu”. Nah, kata “This” dan “That” ini adalah contoh Demonstrative Adjective dalam Bahasa Inggris.

Related: Pengertian Verb Dalam Bahasa Inggris Yang Mudah Dipahami

Demonstrative Adjective adalah kata sifat (adjective) yang digunakan untuk memberi informasi tambahan terhadap suatu noun dalam hal jarak dan jumlah sehingga noun tersebut menjadi lebih spesifik. Kosakata yang tergolong kedalam Demonstrative Adjective adalah: This, That, These dan Those.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, saya ingin memastikan bahwa adik-adik semua sudah paham dengan pengertian Demonstrative Adjective di atas. Ada dua hal yang terkandung dalam penggunaan Demonstrative Adjective yaitu informasi jarak dan jumlah. Apa sih maksudnya? Penjelasan sederhananya seperti ini adik-adik, kata “This” kita artikan sebagai “Ini” ya, sedangkan kata “That” kita artikan sebagai “Itu”. Nah, sekarang kakak tanya, apa bedanyaIni” dan “Itu”? jawabannya adalah “Jarak”.

Sesuatu yang kita bicarakan dengan menggunakan kata “Ini” sudah pasti berada di dekat kita, dengan kata lain kata “This” atau “Ini” digunakan untuk membicarakan benda yang jaraknya dekat dengan si pembicara. Sebaliknya, jika kita merujuk suatu benda dengan kata “Itu” maka asumsinya benda tersebut tidak berada di dekat kita, atau bisa kita katakan bahwa kata “That” digunakan untuk membicarakan benda yang jaraknya jauh dari si pembicara.

Sekarang terkait dengan “jumlah”, bagaimana bisa sebuah Demonstrative Adjective mengindikasikan jumlah suatu benda? Perlu kakak sampaikan bahwa yang dimaksud dengan “jumlah” di sini adalah tentang “Singular / tunggal” atau “Plural / jamak” nya “Noun” yang sedang dibicarakan. Jika benda yang dibicarakan jumlahnya hanya satu (single) maka pilihan Demonstrative Adjective yang bisa kita gunakan adalah: This dan That. Sedangkan jika jumlah bendanya lebih dari satu (plural) maka pilihan yang bisa kita gunakan adalah antara These (ini) dan Those (itu) tergantung dengan jarak benda tersebut dengan si pembicara. Dengan begini, maka jika kita urutkan secara rapih urutan Demonstrative Adjective beserta fungsinya akan terlihat seperti berikut:

Jarak Dekat:

This (Singular) – This book = Buku ini

These (Plural) – These books = Buku-buku ini

Jarak Jauh:

That (Singular) – That book = Buku itu

Those (Plural) – Those books = Buku-buku itu

Bagaimana adik-adik, bisa dipahami kan sekarang? Kakak harap begitu ya.

Perbedaan Demonstrative Adjective Dan Demonstrative Pronoun

Salah satu hal yang perlu kita perhatikan saat mempelajari materi tentang Demonstrative Adjective adalah perbedaannya dengan Demonstrative Pronoun. Hal ini perlu kita bahas karena ternyata Demonstrative Pronoun juga terdiri dari empat kosakata yang sama dengan Demonstrative Adjective yaitu: This, That, These dan Those. Lalu apa bedanya? Jawabannya sederhana sobat yaitu “fungsi” nya.

Meski Demonstrative Adjective dan Demonstrative Pronoun terdiri dari kosakata yang sama, namun keduanya digunakan dengan cara yang berbeda dalam sebuah kalimat, dimana Demonstrative Adjective digunakan sebagai “Adjective” sedangkan Demonstrative Pronoun digunakan sebagai “Pronoun”.

Sebuah “Adjective” berfungsi untuk menerangkan / menjelaskan / memodifikasi Noun. Maka saat sebuah Adjective digunakan dalam suatu kalimat, Noun yang diterangkannya juga harus ada di sana. Misalnya saja seperti contoh di atas “This book”, dimana “This” adalah “adjective” yang menerangkan nounbook”. Saat digunakan dengan cara seperti ini, maka kata “This” merupakan Demonstrative Adjective.

Hal yang berbeda terjadi saat kita menggunakan kata “This” sebagai Demonstrative Pronoun, karena sebuah “Pronoun” fungsinya adalah “menggantikanNoun, sehingga pada kondisi seperti ini, noun yang dibicarakan sudah tidak muncul lagi karena sudah digantikan dengan bentuk Demonstrative Pronoun yang berfungsi layaknya sebuah Pronoun pada umumnya. Contoh penggunaannya seperti berikut:

Contoh: Annisa gave me this yesterday. (Annisa memberiku ini kemarin.)

Bagaimana sobat, terlihat jelas kan bahwa benda (noun) nya “hilang” atau dalam artian tidak disebutkan secara gamblang. Hal ini karena pada contoh di atas kata “This” berperan sebagai Demonstrative Pronoun dan menggantikan Noun yang dimaksud, sehingga ia pun sama saja seperti Noun tersebut.

Saya akui, memang jika kita tuliskan seperti ini kalimatnya menjadi terasa tidak jelas, karena kita tentu bertanya yang dimaksud dengan “ini” dalam kalimat “Annisa memberiku ini kemarin” itu apa? Tapi sebenarnya, bentuk kalimat seperti ini biasanya adalah kalimat yang diucapkan secara langsung / lisan sambil diiringi dengan aksi (misalnya sambil menunjukkan benda yang dimaksud), dengan begitu tentu tidak akan terjadi salah paham.

Contoh Demonstrative Adjective

Berikut ini saya sajikan beberapa contoh penggunaan Demonstrative Adjective dalam kalimat, silahkan amati dan pahami cara penggunaan Demonstrative Adjective melalui beberapa contoh berikut ini.

This scarf is from my mother. (Syal ini dari ibuku.)

That man is my uncle. (Pria itu adalah pamanku.)

Eric gave me these marbles. (Eric memberiku kelereng-kelereng ini.)

Did you borrow those books from Felicia? (Apakah kau meminjam buku-buku itu dari Felicia?)

I have lived in this house for five years. (Saya sudah tinggal di rumah ini selama lima tahun.)

That building is my office. (Bangunan itu adalah kantor saya.)

I need to hide these candies from my mother. (Saya harus menyembunyikan permen-permen ini dari ibu saya.)

I want those figurines to be in my office by tomorrow morning. (Saya ingin patung-patung itu ada di kantor saya besok pagi.)

Nah, seperti itulah tadi sekilas contoh Demonstrative Adjective dalam kalimat. Mudah-mudahan dengan beberapa contoh yang saya sajikan di atas, adik-adik dan sobat akan semakin paham seperti apa yang dimaksud dengan Demonstrative Adjective itu dan bagaimana pula cara menggunakannya.

Contoh Soal Demonstrative Adjective dan Jawabannya

Setelah adik-adik mempelajari penjelasan materi tentang Demonstrative Adjective di atas, kini saatnya kalian menguji pemahaman kalian tentang materi kali ini dengan mengerjakan beberapa contoh soal tentang Demonstrative Adjective berikut ini. Silahkan baca soalnya dengan teliti, kemudian pilih jawaban yang menurut kamu benar. Jika sudah selesai menjawab semua soal, kamu boleh melihat kunci jawaban yang ada di bagian bawah.

1.I hate . . . kinds of things.

a.this

b.that

c.these

2. . . . people over there work in the same company as my parents.

a.these

b.those

c.that

3.I have taken . . . test before.

a.that

b.this

c.those

4.My sister bought . . . earring for me last month.

a.this

b.that

c.these

5.Pass me . . . screwdriver, Please!

a.this

b.those

c.that

Kunci Jawaban: 1) c.these 2) b.those 3) b.this 4) a.this 5) c.that

Oke deh sobat, seperti itulah tadi penjelasan singkat tentang Demonstrative Adjective dalam Bahasa Inggris, saya harap informasi yang saya sajikan di atas bisa bermanfaat bagi sobat dan adik-adik pembaca semua. Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini di akun media sosial mu jika kamu merasa isinya bermanfaat.

Oh ya sedikit tambahan, ternyata ada dua bentuk Demonstrative Adjective lain yang sering digunakan dalam versi Bahasa Inggris kuno yaitu “Yon” dan “Yonder” yang sama-sama bisa digunakan untuk merujuk pada benda tunggal maupun jamak di jarak yang jauh. Tapi kedua kata ini ternyata jarang digunakan dalam modern English, itulah sebabnya jarang yang mengetahuinya.

Itulah tadi sedikit tambahan informasi untuk melengkapi penjelasan materi kali ini, sampai jumpa lagi dalam materi menarik lainnya, dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel terbaru saya tentang Delexical Verbs. Bye!

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Demonstrative Adjective – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-demonstrative-adjectives – Diakses tanggal 21 Januari 2020
  2. What is a Demonstrative Adjective? – https://grammar.yourdictionary.com/parts-of-speech/adjectives/demonstrative-adjectives.html – Diakses tanggal 21 Januari 2020
  3. What is a Demonstrative Adjective? – https://writingexplained.org/grammar-dictionary/demonstrative-adjective – Diakses tanggal 21 Januari 2020
  4. Demonstrative Adjectives – https://www.grammar-monster.com/glossary/demonstrative_adjective.htm – Diakses tanggal 21 Januari 2020
  5. Examples of Demonstrative Adjective – https://www.learngrammar.net/a/examples-of-demonstrative-adjective – Diakses tanggal 21 Januari 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *