Delexical Verbs Dalam Bahasa Inggris Dan Berbagai Contohnya


Sobat pernah menggunakan istilah “take a shower” atau “take a quick shower”? Atau ungkapan yang lebih umum lagi deh seperti “take a bath”? Sebenarnya saat ungkapan seperti ini digunakan, apa sih kegiatan yang sedang kita bicarakan? Apakah “take a shower” akan kita artikan “mengambil sebuah shower (alat mandi berupa gagang yang menyemprotkan air)”? Saya rasa tidak ya.

Kita semua tentu tau, maksud “take a shower” atau “take a quick shower” itu adalah “mandi” atau “mandi kilat / cepat”. Penggunaan kata “take” dalam expression khusus seperti contoh di atas ini kita kenal dengan istilah Delexical Verbs atau Empty Verbs. Melalui tulisan kali ini, kita akan mengenal berbagai kata kerja (verb) yang tergolong kedalam Delexical Verbs beserta berbagai ungkapan umum dimana kata tersebut digunakan. Namun sebelum melangkah lebih jauh, tentu kita perlu mengawalinya dengan pemahaman yang baik akan pengertian Delexical Verbs itu sendiri. Untuk itu, bacalah dengan teliti penjelasan berikut ini. – Bigbanktheories.com

Delexical Verbs Dalam Bahasa Inggris Dan Berbagai Contohnya

Pengertian Delexical Verbs

Delexical Verbs adalah jenis kata kerja yang saat kita gunakan bersama dengan noun (kata benda) tertentu akan kehilangan maknanya sebagai sebuah kata. Makna dari sebuah Delexical Verbs akan terkesan melebur dengan noun yang di dampinginya dalam sebuah expression berbentuk transitive structure (pola yang terdiri dari “verb” dan “object”) dan membuat gabungan kata-kata tersebut berperan layaknya sebuah kata kerja, yang artinya ia akan menamai sebuah aksi.

Related: Contoh Soal Dan Penjelasan Lengkap Tentang Noun Dan Jenisnya

Contoh sederhananya adalah kata “take” yang kita bahas di atas. Sebagai sebuah kata yang berdiri sendiri, kata “Take” mengandung makna “Mengambil”. Namun saat ia digunakan bersama nounshower” atau “bath” dan membentuk ungkapan “take a shower” atau “take a bath” maka kata “Take” pun jadi kehilangan maknanya dan expression tersebut langsung saja kita artikan sebagai sebuah aksi (verb) yaitu “Mandi”.

Beberapa kosakata yang sering digunakan sebagai sebuah Delexical Verbs adalah: Have, Take, Make, Give, Do, dan Go. Meski tadi telah dinyatakan bahwa saat digunakan sebagai sebuah Delexical Verbs kosakata di atas akan kehilangan maknanya, namun dalam beberapa kondisi beberapa kosakata kita anggap masih dapat mempertahankan maknanya, misalnya saja kata “Do” yang berarti “Mengerjakan” yang ternyata bisa mempertahankan maknanya saat digunakan sebagai Delexical Verbs dalam ungkapanDo homework” yang artinya “Mengerjakan PR”.

Meski sama-sama berupa kumpulan kata yang berperan sebagai sebuah kata kerja, namun kita jangan sampai menganggap bahwa Delexical Verbs itu sama dengan Phrasal Verb. Kedua hal ini sangatlah berbeda, dimana Delexical Verbs bisa dibilang hampir membentuk sebuah klausa karena terdiri dari verb dan object nya, sedangkan phrasal verb berbentuk sebuah frasa yang terdiri dari verb dengan particle yang dapat berupa adverb atau preposition.

Contoh Delexical Verbs Dalam Kalimat

Setelah sobat memahami pengertian Delexical Verbs di atas, kini saatnya kita mempelajari berbagai ungkapan umum yang mengandung Delexical Verbs di dalamnya. Untuk mempermudah sobat dalam mengamati berbagai contoh Delexical Verbs di bawah ini, saya sudah membagi pembahasanya secara khusus untuk masing-masing verb yang telah disebutkan di atas.

Contoh Delexical Verbs dengan kata “Have

Ada beberapa tema tertentu yang dikaitkan dengan penggunaan kata “Have” sebagai Delexical Verbs. Berikut ini adalah beberapa tema tersebut beserta contoh ungkapan atau expression nya.

Makanan dan Minuman: have breakfast, have lunch, have dinner, have a meal, have a cup of tea, have a snack, have a drink, have coffee.

Contoh Kalimat: I am going to have dinner with my family tonight.

Pembicaraan: have a conversation, have a talk, have a chat, have a discussion.

Contoh Kalimat: I believe we need to have a talk.

Kegiatan Mencuci: have a bath, have a scrub, have a shower, have a wash

Contoh Kalimat: Kalina had a quick shower before she went to bed last night.

Beristirahat: have a rest, have a break, have a holiday

Contoh Kalimat: My wife and I had a long holiday in Italy last summer.

Ketidaksetujuan: have a fight, have an argument, have a dispute, have a quarrel

Contoh Kalimat: My brother had an argument with a shopkeeper last night.

Beberapa Noun yang berasal dari Verb: have a swim, have a listen, have a bite, have a look, have a sit

Contoh Kalimat: Have a sit please.

Contoh Delexical Verbs dengan kata “Take

Penggunaan kata “Take” sebagai Delexical Verbs ternyata mirip dengan penggunaan kata “Have”. Umumnya ia dikaitkan dengan kegiatan mencuci atau beristirahat seperti misalnya: take a bath, take a wash, take a shower, take a rest, take a break dan take a holiday. Selain itu ada pula beberapa noun lain yang bisa disandingkan dengan kata ini, seperti: take care, take care of, take a chance, take a risk, take a turn, take turns, take a decision, dan take a photograph, serta beberapa kata lain seperti: take a look, take a walk, dan take a swim.

Contoh Kalimat: We have to take a decision right now.

Contoh Delexical Verbs dengan kata “Make

Penggunaan kata “Make” sebagai Delexical Verbs umumnya dihubungkan dengan kegiatan membuat rencana, perjalanan serta hal yang berhubungan dengan kegiatan berbicara, misalnya saja seperti: make arrangements, make a decision, make a plan, make a choice, make an appointment, make a date, make a tour, make a trip, make a comment, make a noise, make a point, make a suggestion, make a speech, make a sound, dan make a promise.

Contoh Kalimat: Do not make any noise.

Contoh Delexical Verbs dengan kata “Give

Kata “Give” sebagai Delexical Verbs bisa digunakan untuk berbagai hal. Yang pertama untuk hal-hal yang berkaitan dengan suara seperti: give a shout, give a laugh, give a scream, give a whistle. Yang kedua untuk membicarakan hal terkait ekspresi wajah seperti: give a smile, give a look, give a glance, dan hal-hal terkait gerakan tubuh dan ungkapan perasaan seperti: give a punch, give a push, give a blow, give a kick, give a knock, give a slap, give a hug, dan give a kiss. Dan yang terakhir untuk membicarakan hal terkait dengan kegiatan berbicara seperti: give an answer, give some advice, give a lecture, give some news, give a speech, give a report, give a warning dan sebagainya.

Contoh Kalimat: Mr Richard gave a speech in front of new students yesterday.

Contoh Delexical Verbs dengan kata “Do

Kata “Do” sebagai Delexical Verbs biasanya digunakan berdampingan dengan –ing noun khususnya untuk membicarakan pekerjaan rumah seperti: do the cooking, do the cleaning, do the drying, do homework dan sebagainya. Kata ini dapat juga digunakan untuk membicarakan aksi yang “obvious = sudah jelas”. Sudah jelas di sini maksudnya seperti ini sobat, saat ada yang bilang “do your hair” maka yang dimaksudkan itu sudah pasti “merapikan rambut” dalam artian “menyisir” atau “mencatok” dan sebagainya. Inilah sebabnya, sebuah pertanyaan seperti “Have you done the car?” bisa bermakna “udah di cuci atau belum?” atau “udah dibenerin belum?” atau bahkan “udah diisi bensin belum?”.

Contoh Kalimat: Let me do the cooking today.

Contoh Delexical Verbs dengan kata “Go

Kata “Go” sebagai Delexical Verbs juga sering diikuti bentuk –ing seperti: go shopping, go swimming, go walking, go running. Kita bisa juga menggunakan pola “go for a” diikuti dengan verb yang berkaitan dengan “gerakan” misalnya seperti: go for a walk, go for a ride, go for a hike dan sebagainya.

Contoh Kalimat: I usually go swimming at the weekend.

Itulah tadi sobat penjelasan singkat tentang Delexical Verbs dalam Bahasa Inggris. Informasi yang saya sajikan tentu masih jauh dari sempurna, namun saya harap tulisan kali ini bisa membantu sobat dalam memahami seperti apa Delexical Verbs itu. Terimakasih banyak atas perhatiannya, mudah-mudahan materi kali ini bermanfaat. Sampai jumpa lagi dan jangan lupa pelajari juga materi terbaru tentang Delayed Subject yang sudah saya terbitkan kemarin.

Referensi:

  1. Delexical verbs: ‘have’, ‘take’, ‘make’, ‘give’, ‘go’, and ‘do’ – https://learnenglish.britishcouncil.org/english-grammar-reference/delexical-verbs-have-take-make-give-go-and-do – Diakses tanggal 9 Januari 2020
  2. Pengertian dan Contoh Kalimat Delexical Verb Bahasa Inggris – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-delexical-verbs – Diakses tanggal 9 Januari 2020
  3. Delexical Verbs – https://www.curso-ingles.com/en/learn/courses/advanced-level/collocations-and-expressions/delexical-verbs – Diakses tanggal 9 Januari 2020
  4. What are Empty Verbs? – https://larisaenglishclub.com/verbs/empty-verbs-grammar-review-pdf/ – Diakses tanggal 9 Januari 2020
  5. Bath vs. Bathe – https://www.grammarly.com/blog/bath-bathe/ – Diakses tanggal 9 Januari 2020
  6. ‘Have a sit’ or ‘Take a sit’ – https://english.stackexchange.com/questions/317160/have-a-sit-or-take-a-sit – Diakses tanggal 9 Januari 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *