Degrees Of Comparison Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya


Degrees of Comparison adalah istilah dalam grammar Bahasa Inggris yang kita gunakan untuk merujuk pada bentuk-bentuk adjective (kata sifat) atau adverb (kata keterangan) yang menunjukkan perbandingan antara satu hal dengan hal lainnya. Dalam kesempatan kali ini, kita akan mempelajari tentang Degrees of Comparison secara bertahap, mulai dari pengertiannya, tipe atau jenis-jenisnya, aturan yang berlaku di dalamnya dan tentunya tidak ketinggalan berbagai contoh Degrees of Comparison dalam Bahasa Inggris.

Sebagian orang ada yang masih belum menyadari bahwa materi tentang Degrees of Comparison ini sebenarnya sangat dekat dengan keseharian kita. Contoh sederhananya saja, saya yakin sobat semua pasti bisa menjawab jika saya tanya apa Bahasa Inggrisnyalebih besar”? saya yakin kamu pasti langsung menjawab “Bigger”. Nah, penggunaan kata “Bigger” yang sering kita temui di keseharian kita ini adalah salah satu contoh Degrees of Comparison sobat. Jadi sebenarnya materi ini sudah bukan hal yang asing buat kamu. Kalau nggak percaya, yuk langsung aja kita buktikan lewat penjelasan materi berikut ini. – Bigbanktheories.com

Degrees Of Comparison Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya

Pengertian Degrees of Comparison

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas bahwa Degrees of Comparison adalah sebutan atau nama untuk berbagai bentuk adjective dan adverb yang kita gunakan saat kita ingin membandingkan suatu hal dengan hal lainnya. Misalnya saja kita ingin membandingkan antara Rumah A dengan Rumah B. Anggap saja kita ingin menyatakan bahwa Rumah A lebih besar dibanding Rumah B, maka kalimatnya bisa kita ungkapkan seperti berikut:

Related: Possessive Adjective Serta Penjelasan Dan Contoh Kalimatnya

Contoh: A is bigger than B. (A lebih besar daripada B) *Rumah

Pada contoh kalimat di atas, kita menggunakan sebuah contoh Degrees of Comparison yaitu kata “Bigger” yang artinya “lebih besar”. Kata ini merupakan kata bentukan dari kata dasar yang juga berupa adjective yaitu “Big” yang artinya “besar”. Mengapa kata ini kita golongkan kedalam Degrees of Comparison? Alasannya tentu karena ia menunjukkan sebuah “comparison” atau “perbandingan”. Apa yang dibandingkan dalam contoh kalimat di atas? Jawabannya adalah “ukuran” atau “size” dari suatu benda, dimana suatu hal ternyata ukurannyalebih besar” dari hal lainnya.

Pengertian serta ilustrasi di atas merupakan konsep dasar yang perlu kamu pahami dari Degrees of Comparison. Jika sobat sudah memahaminya, silahkan lanjutkan dengan pembahasan tentang jenis Degrees of Comparison dalam Bahasa Inggris. Tapi, jika kamu belum menangkap dengan jelas konsep dari Degrees of Comparison ini, saya sarankan sobat untuk membaca ulang penjelasan saya di atas atau kamu juga boleh memberikan pertanyaanmu di kolom komentar.

Tipe Degrees of Comparison Beserta Contohnya

Degrees of Comparison dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu: Positive Degree, Comparative Degree dan Superlative Degree. Berikut ini adalah penjelasan singkat serta contoh untuk masing-masing tipe atau jenis Degrees of Comparison di atas.

Positive Degree

Jika kita urutkan, Positive Degree adalah tingkatan paling awal dalam Degrees of Comparison baru kemudian diikuti oleh dua tingkatan yang lain. Alasan mengapa tingkatan ini berada di lapisan paling awal adalah karena di posisi ini adjective atau adverb yang kita gunakan dalam kalimat tidak menunjukkan bahwa suatu hal memiliki kelebihan atau kekurangan jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Positive Degree mencakup bentuk normal / standar dari adjective dan juga adverb, misalnya saja seperti: bad, clean, good, fun, handsome, beautiful, big, small, long, short dan sebagainya. Kita bisa menggunakan Positive Degree saat kita sedang membandingkan sesuatu dengan catatan bahwa pernyataan kita tidak mengindikasikan bahwa salah satu benda atau hal yang sedang kita bandingkan memiliki kelebihan atau kekurangan dibanding yang lainnya. Dengan kata lain kita harus mengungkapkan bahwa kedua benda yang sedang kita bandingkan memiliki tingkatan yang sama. Misalnya saja saat kita menyatakan bahwa Pensil A dan Pensil B sama panjang, atau Bola A dan Bola B sama besarnya dan lain sebagainya. Karena konsep ini, maka rumus dalam Positive Degree adalah sebagai berikut:

Contoh Positive Degree – Similar Size Pencil

Rumus Positive Degree: as . . . as (bagian titik-titik kita isi dengan bentuk Positive Degree)

Contoh: Pencil A is as long as Pencil B. (Pensil A sama panjang dengan Pensil B)

Bagaimana sobat, mudah kan ternyata menggunakan bentuk Positive Degree dalam kalimat. Kalau begitu, mari kita lanjutkan.

Comparative Degree

Comparative Degree adalah tingkatan kedua dalam Degrees of Comparison. Pada tingkatan inilah unsur “membandingkan” mulai terlihat jelas, karena kata-kata yang tergolong kedalam Comparative Degree akan selalu menunjukkan bahwa suatu hal memiliki sifat yang kita nilailebih” dari benda yang lain, contohnya saja kata “bigger” yang kita gunakan di awal yang artinya “lebih besar”. Asumsi nya, jika ada sesuatu yang kita anggap “lebih besar”, berarti kita tentu sedang membandingkan dua benda dari sisi “ukurannya”, dimana ternyata salah satu benda yang kita bandingkan itu “lebih besar / bigger” ukurannya sedangkan yang lainnya “lebih kecil / smaller”.

This house is bigger

Dengan memperhatikan contoh kata-kata yang saya sebutkan di atas, saya yakin sobat mulai menarik kesimpulan bahwa untuk membentuk sebuah Comparative Degree, kita hanya perlu menambahkan suffix / akhiran-er” kepada bentuk dasar adjective atau adverb nya, seperti misalnya perubahan dari “Small” menjadi “Smaller”. Asumsi yang sobat buat ini tepat sekali, tapi ternyata ini bukan satu-satunya cara dalam membentuk sebuah Comparative Degree. Perhatikan penjelasan rumus Comparative Degree berikut ini untuk penjelasan lengkapnya:

Rumus Comparative Degree

Untuk membentuk sebuah Comparative Degree, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Berikut ini adalah penjelasan singkat dan contohnya.

Adjective / Adverb dengan Satu Suku Kata (One Syllable)

Jika adjective / adverb dasar yang kita temui terdiri dari satu syllable saja, maka rumus atau polanya adalah dengan menambahkan suffix-er” seperti yang sudah kita bahas di atas. Perlu kita perhatikan, jika kata dasar yang ingin kita ubah menjadi bentuk Comparative Degree memiliki susunan huruf pada bagian akhir dengan polaconsonantvowelconsonant”, maka umumnya consonant yang terakhir akan di-double baru kemudian ditambahkan suffix-er” setelahnya.

Contoh: BigBigger | 1 Syllable | B (consonant) – I (vowel) – G (consonant)

Adjective / Adverb dengan Dua Suku Kata atau Lebih (Two or More Syllables)

Berbeda dengan rumus yang telah kita bahas di atas, jika adjective / adverb dasar yang akan kita ubah ke dalam bentuk Comparative Degree terdiri dari dua syllable atau lebih, maka yang perlu kita lakukan adalah menambahkan kata “more” atau “less” di depan adjective / adverb tersebut. Mudah kan? Ayo lihat contoh berikut ini:

Contoh: ExpensiveMore Expensive | 3 Syllables: Ex – pen – sive

Adjective dengan Dua Suku Kata atau Lebih yang berakhiran “-y”

Jika adjective yang ingin kita ubah kedalam bentuk Comparative Degree terdiri dari dua Syllable atau lebih namun kata itu berakhiran huruf-y”, maka yang kita lakukan adalah menghilangkan (mereduksi) huruf-y” tersebut dan menggantinya dengan suffix-ier”. Perhatikan contoh:

Contoh: HappyHappier | 2 Syllables: Ha – py

Adjective dengan Dua Suku Kata atau Lebih yang Tidak Ikut Aturan

Ada beberapa adjective yang ternyata tidak mengikuti aturan yang telah kita bahas di atas dalam pemakaiannya di kehidupan sehari-hari. Beberapa adjective tersebut adalah:

SimpleSimpler | 2 Syllables: Sim – ple

NarrowNarrower | 2 Syllables: Na – row

CleverCleverer | 2 Syllables: Cle – ver

Adjective / Adverb dengan bentuk perubahan Tak Beraturan (Irregular Form)

Perbuahan adjective / adverb dasar kedalam bentuk Comparative Degree ternyata juga ada yang bersifat Irregular. Berikut adalah daftar adjective dan adverb tersebut beserta bentuk perubahannya.

Irregular Adjective

Good (Baik) – Better (Lebih Baik)

Bad (Buruk) – Worse (Lebih Buruk)

Far (Jauh) – Further (Lebih Jauh

Little (Sedikit) – Less (Lebih Sedikit)

Many / Much / Some (Banyak) – More (Lebih Banyak)

Irregular Adverb

Well (Dengan Baik) – Better (Dengan Lebih Baik)

Badly (Dengan Buruk) – Worse (Dengan Lebih Buruk)

Seperti itulah tadi sobat bentuk-bentuk perubahan dari adjective / adverb dasar ke versi Comparative Degree nya. Nanti, jika sobat ingin menggunakan bentuk Comparative Degree di atas dalam sebuah kalimat, sobat harus mengingat bahwa katathanakan muncul dalam kalimat tersebut yang menjadi penghubung antar kedua benda yang sedang kita bandingkan. Posisi / letak katathan” bisa sobat lihat pada contoh berikut:

Contoh 1 (Adjective): The red car is faster than the black car.

Contoh 2 (Adverb): A cheetah runs faster than a lion.

Sampai di sini bisa dipahami ya sobat. Kalau begitu ayo kita lanjutkan dengan pembahasan tentang Superlative Degree berikut ini.

Superlative Degree

Superlative Degree adalah tingkatan terakhir dalam Degrees of Comparison. Penggunaan Superlative Degree dalam sebuah kalimat mengindikasikan bahwa ada karakteristik dari suatu hal atau suatu benda yang menduduki tingkatanPaling” saat dibandingkan dengan benda-benda lain yang sejenis. Contoh sederhananya saat kita menganggap bahwa sebuah kursi dalam suatu ruangan sebagai kursi yang “Paling bagus” diantara kursi-kursi yang lainnya. Hal ini berarti kita tidak hanya sedang membandingkan dua hal saja, namun kita sedang membandingkan suatu hal dengan suatu kelompok benda sejenis / group of things (bisa terdiri dari lebih satu benda).

Contoh Superlative Degree – Biggest

Ungkapan-ungkapan seperti: paling baik, paling baru, tertinggi / paling tinggi, paling besar / terbesar dan lain sebagainya adalah contoh hal-hal yang sering kita ungkapkan dengan menggunakan bentuk Superlative Degree. Di bawah ini, saya akan jelaskan bagaimana cara membentuk versi Superlative Degree dari sebuah adjective / adverb serta cara menggunakannya dalam kalimat.

Rumus Superlative Degree

Untuk membentuk sebuah Superlative Degree, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Cara-cara tersebut tidaklah jauh berbeda dengan proses pembentukan Comparative Degree yang sudah kita pelajari di atas. Berikut ini adalah penjelasan singkat dan contohnya.

Adjective / Adverb dengan Satu Suku Kata (One Syllable)

Agak sedikit berbeda dengan yang kita lakukan pada Comparative Degree, dalam proses pembentukan Superlative Degree, jika adjective / adverb dasar yang akan kita ubah hanya terdiri dari satu syllable, kita hanya perlu menambahkan suffix-est” kepada kata dasar tersebut. Perlu sobat perhatikan juga bahwa aturan double word pada hasil kata bentukan juga berlaku bagi setiap kata dasar yang mengandung pola urutan hurufconsonantvowelconsonantdi bagian akhir kata tersebut. Aturan ini sama dengan aturan yang kita temui pada Comparative Degree, namun bedanya pada bentuk Superlative Degree, setelah consonant terakhir dari kata tersebut kita double / duplikasi, kita menambahkan suffix-est”.

Contoh: BigBiggest | 1 Syllable | B (consonant) – I (vowel) – G (consonant)

Bagaimana sobat, bisa dipahami kan sampai di sini. Jika kita urutkan, maka contoh perubahan kata “Big” dari versi Positive Degree hingga Superlative Degree adalah sebagai berikut:

Positive DegreeComparative DegreeSuperlative Degree

Big (Besar) – Bigger (Lebih Besar) – Biggest (Paling Besar)

Saya harap dengan alur penjelasan seperti ini sobat jadi semakin kuat pemahamannya akan materi Degrees of Comparison kali ini.

Adjective / Adverb dengan Dua Suku Kata atau Lebih (Two or More Syllables)

Jika tadi kita diminta untuk menambahkan kata “more” atau “less” pada proses pembentukan Comparative Degree untuk adjective / adverb yang terdiri dari dua syllable atau lebih, maka pada proses pembentukan Superlative Degree untuk kata dasar dengan kriteria seperti itu kita hanya perlu menambahkan katamost” di depannya. Catatan Penting! Bentuk Definite Article (The) akan selalu ditambahkan tepat di depan Superlative Degree yang kita gunakan dalam sebuah kalimat.

Contoh: ImportantMost Important | 3 Syllables: Im – por – tant

Contoh Kalimat: You are the most important person in my life. (Kamu adalah orang terpenting dalam hidupku.)

Jika kita tuliskan secara berurutan, maka perubahan kata “Important” dari versi Positive Degree hingga Superlative Degree adalah seperti berikut ini:

Positive DegreeComparative DegreeSuperlative Degree

Important (Penting) – More Important (Lebih Penting) – Most Important (Paling Penting)

Adjective dengan Dua Suku Kata atau Lebih yang berakhiran “-y”

Aturan kali ini pun mirip dengan yang sudah kita pelajari pada bagian Comparative Degree di atas, jika kita menemukan sebuah adjective yang terdiri dari dua Syllable atau lebih namun kata itu berakhiran huruf-y” dan kita ingin mengubahnya ke dalam bentuk Superlative Degree, maka yang kita lakukan adalah menghilangkan (mereduksi) huruf-y” tersebut dan menggantinya dengan suffix-iest”. Perhatikan contoh:

Contoh: HappyHappiest | 2 Syllables: Ha – py

Sekarang kita akan mengurutkan perubahan kata “Happy” dari bentuk Positive Degree hingga Superlative Degree. Perhatikan urutan perubahan kata berikut ini:

Positive DegreeComparative DegreeSuperlative Degree

Happy (Bahagia) – Happier (Lebih Bahagia) – Happiest (Paling Bahagia)

Adjective dengan Dua Suku Kata atau Lebih yang Tidak Ikut Aturan

Melanjutkan yang telah kita bahas di bagian Comparative Degree di atas, beberapa adjective berikut ini meski terdiri dari dua Syllable atau lebih, namun hanya membutuhkan suffix-est” saja untuk membentuknya jadi Superlative Degree.

SimpleSimplest | 2 Syllables: Sim – ple

NarrowNarrowest | 2 Syllables: Na – row

CleverCleverest | 2 Syllables: Cle – ver

Adjective / Adverb dengan bentuk perubahan Tak Beraturan (Irregular Form)

Beberapa adjective / adverb dasar berikut ini tergolong kedalam bentuk perubahan yang tak beraturan. Jika dari tadi kita mengenal aturan atau pola tertentu dalam proses pembentukan Superlative Degree, kali ini hal tersebut tidak berlaku. Dengan begini, saya sangat menyarankan sobat untuk menghafalkan perubahan bentuk kata-kata di bawah ini.

Irregular Adjective

Good (Baik) – Best (Terbaik / Paling Baik)

Bad (Buruk) – Worst (Terburuk / Paling Buruk)

Far (Jauh) – Furthest (Terjauh / Paling Jauh)

Little (Sedikit) – Least (Paling Sedikit)

Many / Much / Some (Banyak) – Most (Terbanyak / Paling Banyak)

Irregular Adverb

Well (Dengan Baik) – Best (Dengan Sangat Baik / Terbaik)

Badly (Dengan Buruk) – Worst (Dengan Sangat Buruk / Terburuk)

Nah, itulah tadi sobat penjelasan tentang jenis-jenis Degrees of Comparison beserta rumus atau cara membentuknya. Saya harap penjelasan dan berbagai contoh yang saya sajikan di atas bisa membantu sobat untuk memahami materi Degrees of Comparison.

Contoh Kalimat Menggunakan Degrees Of Comparison

Untuk melengkapi penjelasan materi di atas, saya sudah menyiapkan beberapa contoh penggunaan berbagai bentuk Degrees of Comparison dalam kalimat. Silahkan pelajari dengan teliti.

Kiki is as clever as Donna.

(Kiki sama pintarnya dengan Donna.)

Jimmy is taller than Keizya and he is also stronger than she is.

(Jimmy lebih tinggi daripada Keizya dan dia juga lebih kuat darinya.)

Puncak Jaya is the highest mountain in Indonesia.

(Puncak Jaya adalah gunung tertinggi di Indonesia.)

The test is harder than I thought.

(Ujian nya lebih sulit dari yang aku kira.)

I believe that you can do better than that.

(Saya yakin kamu bisa melakukan lebih baik daripada itu.)

This bag is more expensive than my old bag.

(Tas ini lebih mahal dari tas lama saya.)

Alif is the best student in my class.

(Alif adalah siswa terbaik di kelas saya.)

You look prettier than the last time I met you.

(Kau terlihat lebih cantik dari saat terakhir aku bertemu denganmu.)

HP Spectre Pro 13 is the thinnest laptop in the world right now.

(HP Spectre Pro 13 adalah laptop tertipis di dunia saat ini.)

Your magic trick is simpler than mine.

(Trik sulap milikmu lebih sederhana dari milikku.)

Chess is the most difficult game of all time.

(Catur adalah permainan tersulit sepanjang masa.)

My mother is less likely to come to my birthday party this weekend.

(Ibu saya memiliki kemungkinan kecil untuk hadir di pesta ulang tahun saya minggu ini. *Sepertinya tidak datang)

Our needs of foods and clean water is a lot more urgent than our needs of entertainment at this time.

(Kebutuhan kita akan makanan dan air bersih jauh lebih penting dibandingkan dengan kebutuhan kita akan hiburan pada saat ini.)

Contoh Soal Degrees of Comparison Dan Jawabannya

Setelah sobat mempelajari penjelasan lengkap tentang Degree of Comparison beserta berbagai contohnya di atas, kini saya ingin mengajak sobat untuk menguji pemahaman sobat akan materi yang telah sobat pelajari kali ini. Untuk itu, saya sudah menyiapkan beberapa contoh soal tentang Degrees of Comparison beserta kunci jawabannya berikut ini:

1. My school building is . . . than other buildings around it.

a.high

b.more high

c.higher

d.the highest

2. Wild boar is known as . . . animal in the world.

a.fierce as

b.fiercest

c.the fiercest

d.the most fierce

3. The dress that I bought yesterday is . . . dress that I’ve ever had.

a.the fanciest

b.as fancy as

c.the most fancy

d.fancy

4. Add some cheese into your spaghetti sauce to make it . . . than the original recipe.

a.more tasty

b.tastier

c.more taste

d.taste better

5. This is definitely . . . chocolate ever.

a.a delicious

b.the delicious

c.most delicious

d.the most delicious

 

Kunci Jawaban:

1) c.higher

2) c.the fiercest

3) a.the fanciest

4) b.tastier

5) d.the most delicious

Sudah dicek jawabanmu? Bagaimana hasilnya? Saya yakin sobat bisa menjawab kelima soal di atas tanpa kesulitan ya. Contoh soal tentang Degrees of Comparison di atas akan jadi penutup materi kita kali ini, terimakasih banyak sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini hingga selesai. Semoga apa yang saya sajikan bisa membawa manfaat bagi sobat pembaca semua dan orang lain di sekitar sobat. Saya akhiri sampai di sini, terimakasih banyak atas kunjungannya, sampai jumpa lagi dalam materi menarik lainnya. Jangan lupa baca penjelasan tentang Defuse vs Diffuse Serta Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Degrees of Comparison – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-degrees-comparison – Diakses tanggal  7 Desember 2019
  2. Degrees of Comparison dalam Bahasa Inggris – https://www.ef.co.id/englishfirst/efblog/grammar-and-vocab/tips-tata-bahasa/degrees-of-comparison-dalam-bahasa-inggris/ – Diakses tanggal 7 Desember 2019
  3. Pengertian, Aturan, dan Contoh Kalimat Superlative Degree – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-superlative-degree – Diakses tanggal 7 Desember 2019
  4. Pengertian, Aturan, dan Contoh Kalimat Comparative Degree – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-comparative-degree – Diakses tanggal 7 Desember 2019
  5. Examples of Comparative and Superlative Adjectives for Kids – https://examples.yourdictionary.com/examples-of-comparitive-and-superlative-adjectives-for-kids.html – Diakses tanggal 7 Desember 2019
  6. List of 228 Common Adjectives – https://grammar.yourdictionary.com/parts-of-speech/adjectives/list-of-adjective-words.html – Diakses tanggal 7 Desember 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *