Defuse vs Diffuse Serta Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat


Hai sobat! Kali ini kita akan membahas perbedaan dua kata yaitu: Defuse vs Diffuse. Kedua kata ini seringkali membingungkan para penggunanya. Saat digunakan secara lisan, kata Defuse dan Diffuse terdengar seakan memiliki pelafalan yang sama, tapi ingat ya, keduanya bukanlah Homophone. Permasalahan muncul saat kita harus menggunakan salah satu kata tersebut dalam tulisan. Disinilah kita perlu berhati-hati, karena jika tidak, kita bisa salah dalam memilih antara Defuse dan Diffuse.

Defuse vs Diffuse memang sangat sulit dibedakan dari cara pengucapannya, kalau sobat tidak percaya, coba deh kamu ketik kedua kata itu di kolom Google translate secara bergantian kemudian klik tombol “dengarkan” yang ada di pojok kanan bawah. Pasti kamu akan menganggap kalau keduanya memiliki cara pengucapan yang sama. Padahal jika mengacu pada symbol phonetic, ada perbedaan lho antara Defuse dan Diffuse ini, dimana kata Defuse disimbolkan dengan “/dē-ˈfyüz/” sedangkan kata Diffuse disimbolkan dengan “/di-ˈfyüz/”. Wah, sangat tipis ya perbedaannya, dan ternyata tidak hanya itu sobat perbedaan Defuse dan Diffuse ini. Untuk memahaminya, yuk simak penjelasan singkat berikut. – Bigbanktheories.com

Defuse vs Diffuse Serta Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat

Perbedaan Defuse Dan Diffuse

Defuse dan Diffuse sama-sama bisa berfungsi sebagai verb (kata kerja). Jika kita menerjemahkan kedua kata tersebut dengan menggunakan bantuan Google translate, maka kita akan menemukan bahwa “Defuse” artinya “Menjinakkan”, sedangkan “Diffuse” artinya “Menyebarkan”. Dengan penjelasan singkat seperti ini kita bisa langsung melihat perbedaan jelas antar keduanya ya sobat. Supaya sobat lebih mantap pemahamannya, izinkan saya memberikan beberapa informasi tambahan terkait perbedaan antara kata Defuse dan Diffuse ini.

Related: Pengertian Dan Penggunaan Wanna Dalam Bahasa Inggris

Meski kata “Defuse” berarti “Menjinakkan”, namun jangan bayangkan kalau yang dimaksud di sini adalah “menjinakkan hewan liar” ya sobat, seperti misalnya menjinakkan Serigala atau Singa hehe, karena jika hal itu yang ada di bayangan sobat, maka sebenarnya kita punya kata lain yaitu “Tame” yang merujuk pada proses “penjinakan hewan”.

Menurut kamus online Merriam-Webster, kata “Defuse” ternyata merupakan salah satu sisa sejarah atau bisa dibilang salah satu peninggalan dari Perang Dunia II (PD II). Pada masa itu, banyak sekali ranjau, bom dan sejenisnya yang digunakan oleh berbagai pihak yang terlibat dalam peperangan tersebut. Nah, kata “Defuse” ini ternyata dibentuk dari dua bagian yaitu “de-” yang berarti “membuang / mencabut / menyingkirkan” serta “fuse” yang berarti “sumbu / sekering”. Jadi, yang dimaksud “Menjinakkan” dari kata “Defuse” ini adalah “menjinakkan bom” sobat.

The Bomb Has Been Defused Counter Strike

Contoh: The bomb has been defused. (Bom telah dijinakkan.)

Bagi sobat yang senang main game Counter-Strike, saya yakin sobat sudah sangat sering mendengar kalimat “the bomb has been defused” yang berarti “bom telah dijinakkan”. Nah, kata yang kita gunakan dalam konteks ini adalah “Defuse” dan bukanDiffuse”. Dengan begini sudah jelas kan sobat tentang penggunaan kata Defuse, setelah ini saya harap sobat tidak bingung lagi ya saat harus membedakan kedua kata itu.

Sedikit tambahan lagi tentang kata “Defuse”, seiring perkembangan jaman, makna kata “Defuse” ternyata ikut mengalami perubahan. Kata yang awalnya merujuk pada aksipenjinakan bom” ini sekarang bisa juga kita gunakan untuk membahas tindakan yang kita lakukan untuk membuat suatu hal / kondisi menjadi jauh lebih aman, mengurangi ketegangan dalam suatu situasi, atau mengurangi tingkat bahaya dari suatu kondisi. Dengan kata lain, kita dapat mengartikan kata ini sebagai “meredakan / menenangkan” dalam Bahasa Indonesia.

Contoh: The governor’s decision to bring the perpetrator to trial has defused the conflict between the two tribes. (Keputusan gubernur untuk membawa pelaku ke pengadilan telah meredakan konflik antara dua suku itu.)

Selesai dengan kata “Defuse”, kini saatnya kita membahas tentang kata “Diffuse”. Tadi sudah saya sampaikan bahwa arti kata “Diffuse” adalah “Menyebarkan”. Untuk membantu kita memahami makna serta contoh penggunaan kata Diffuse, saya ingin sobat memperhatikan gambar berikut ini:

Essential Oil Diffuser

(Aromatherapy Diffuser / Essential Oil Diffuser)

Saya yakin sobat semua sudah sering ya melihat alat di atas. Mungkin kita pernah melihatnya di TV atau mungkin sempat juga kita melihatnya secara langsung di berbagai toko yang menjual perlengkapan rumah dan kantor seperti IKEA, ACE Hardware, Informa dan lain sebagainya, atau bahkan juga mungkin sebagian dari sobat ada yang memiliki alat ini di rumah.

Alat seperti yang kita lihat pada gambar di atas kita sebut dengan “Diffuser”. Nama ini sesuai dengan fungsi alat tersebut yaitu alat untukmen-Diffuse” atau “Menyebarkanbahan atau zat yang sudah kita masukkan ke dalamnya. Apa yang disebarkan? Sesuai dengan nama lengkap yang tertera pada gambar, biasanya yang disebarkan ke seluruh penjuru ruangan oleh alat tersebut adalah “Aroma” atau “Wewangian”.

Jika memang fungsinya adalah untuk membuat ruangan wangi, apa bedanya alat ini dengan parfum ruangan semprot yang biasa kita beli dalam kemasan kalengan? Apakah kita bisa menyebutnya “Diffuser” juga? Wah, jika ditanya seperti ini, jujur saja saya juga tidak bisa memberikan jawaban yang pasti sobat hehe. Tapi, jika boleh saya ingin mengutarakan opini saya.

Menurut saya, parfum ruangan dalam bentuk semprot (spray can) itu berbeda dengan “Diffuser”. Parfum semprot kalengan itu digunakan dengan cara di-spray atau disemprotkan, sedangkan “Diffuser” bekerja dengan cara men-diffuse material yang diisikan kedalamnya. Apa bedanya? Jika kita perhatikan, semua bentuk alatDiffuser” yang pernah kita jumpai konsepnya selalu sama yaitu “menguapkanmaterial cair yang diisikan kedalamnya. Itulah sebabnya di berbagai gambar Diffuser yang kita temui di internet selalu nampak asap putih yang menguap ke atas dari alat tersebut. Di sinilah letak bedanya sobat, “uap” pada dasarnya memang akan bergerak secara bebas ke atas dan menyebar ke segala arah, sedangkan cairan dalam parfum semprot dikeluarkan dengan cara memberikan tekanan pada cairan tersebut. Hal ini membuat arah hasil semprotan terfokus ke satu titik yang ditekan saja (tidak meyebar bebas). Coba saja sobat perhatikan kalau kita sedang menggunakan parfum semprot, tentu kita akan berulang kali menyemprotkan parfum itu di beberapa titik kan? Hal ini kita lakukan karena kita menyadari bahwa parfum yang dikeluarkan itu tidak menyebar.

Contoh: I let the scent of my therapeutic candles diffused around the room for about 30 minutes before I entered. (Saya membiarkan wangi lilin terapi saya menyebar kesekeliling ruangan selama 30 menit sebelum saya masuk.)

Seperti itulah kira-kira konsep makna “Menyebarkan” dari kata “Diffuse” ini sobat. saya harap ilustrasi di atas bisa membantu ya. Oh ya, perlu saya sampaikan juga bahwa kata “Diffuse” bisa juga kita gunakan sebagai adjective (kata sifat) yang berarti “tersebar” atau “memakai banyak kata-kata”.

Contoh Penggunaan Defuse Dan Diffuse Dalam Kalimat

Setelah kita mempelajari pengertian kata Defuse dan juga Diffuse, kini saatnya kita mengamati beberapa contoh penggunaan kedua kata ini dalam kalimat.

Contoh Penggunaan Kata “Defuse” dalam Kalimat

When I saw them yelling at each other, I knew that I had to defuse the situation.

(Ketika saya melihat mereka saling memaki, saya tau bahwa saya harus menenangkan suasana.)

Two Police officers sneaked into the building to defuse the bomb.

(Dua orang petugas Polisi menyelinap kedalam bangunan itu untuk menjinakkan bom.)

The withdrawal of foreign troops defused the tension in my country.

(Penarikan pasukan asing meredakan ketegangan di negaraku.)

Densus 88 is one of Special Forces of Indonesian Army with an ability to defuse bomb threat.

(Densus 88 adalah salah satu Pasukan Khusus dari Tentara Indonesia dengan kemampuan untuk menangani ancaman bom.)

Contoh Penggunaan Kata “Diffuse” dalam Kalimat

The scent of floral fragrance is diffused throughout my bedroom ever since I turned on the diffuser this morning.

(Aroma wangi bunga menyebar diseluruh penjuru kamarku sejak aku menyalakan diffuser pagi ini.)

Mr. Richard’s comment on my essay is so diffuse that I cannot memorize all of it.

(Komentar Mr. Richard terhadap karangan saya sangat panjang sehingga saya tidak bisa mengingat semuanya.)

Diffuse reflection is a condition when light is randomly reflected to many directions.

(Refleksi difus / refleksi yang menyebar adalah kondisi ketika cahaya dipantulkan secara acak ke berbagai arah.)

Diffuse pollution is a type of pollution cause by pollutants from wide range of activities such as the use of fertilizer and pesticides in agriculture, urban and industrial activities which produce waste.

(Polusi difus / polusi yang menyebar adalah jenis polusi yang disebabkan oleh polutan dari berbagai kegiatan seperti penggunaan pupuk dan pestisida pada pertanian, aktivitas perkotaan dan industry yang menghasilkan limbah.)

Sekian pembahasan tentang perbedaan Defuse dan Diffuse dalam Bahasa Inggris, mudah-mudahan penjelasan yang saya sajikan bermanfaat. Saya akhiri sampai di sini pembahasan materi kali ini, silahkan lanjutkan dengan mempelajari materi terbaru yang berjudul Definite Article dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat.

Referensi:

  1. Diffuse vs. Defuse: What’s the Difference – https://www.merriam-webster.com/words-at-play/diffuse-vs-defuse – Diakses tanggal 1 Desember 2019
  2. Perbedaan antara Defuse dan Diffuse dan Contoh Kalimatnya – https://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-defuse-diffuse – Diakses tanggal 1 Desember 2019
  3. How to Use Defuse vs. diffuse Correctly – https://grammarist.com/usage/defuse-diffuse/ – Diakses tanggal 1 Desember 2019
  4. “Diffuse” Versus “Defuse” – https://www.quickanddirtytips.com/education/grammar/diffuse-versus-defuse – Diakses tanggal 1 Desember 2019
  5. Use defuse in a sentence – https://sentence.yourdictionary.com/defuse – Diakses tanggal 1 Desember 2019
  6. Use diffuse in a sentence – https://sentence.yourdictionary.com/diffuse – Diakses tanggal 1 Desember 2019
  7. Diffuse pollution – https://www.sepa.org.uk/regulations/water/diffuse-pollution/ – Diakses tanggal 1 Desember 2019
  8. Sources of Pollution – http://www.euwfd.com/html/sources-of-pollution—diffuse-pollution.html – Diakses tanggal 1 Desember 2019
  9. Diffuse reflection – https://en.wikipedia.org/wiki/Diffuse_reflection – Diakses tanggal 1 Desember 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *