Definite Article Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat


Definite Article adalah istilah dalam grammar Bahasa Inggris yang kita gunakan untuk melabeli kataThe”. Selama ini kita mungkin tidak begitu familiar dengan istilahDefinite Article”, tapi saya yakin kita semua sudah sangat akrab dengan penggunaan kataThe” dalam kalimat. Oleh karena itu, saya percaya sobat pasti bisa memahami penjelasan di bawah ini dengan sangat mudah.

Jika sobat ingin memahami dengan baik tentang Definite Article yang akan kita bahas kali ini, saya sangat menyarankan sobat untuk mempelajari juga penjelasan tentang Indefinite Articles yang juga merupakan jenis Article dalam Bahasa Inggris. Dengan mempelajari kedua jenis Article tersebut, sobat akan bisa membandingkan keduanya dari segi definisi hingga aturan penggunaannya, sehingga sobat akan bisa menarik kesimpulan sendiri tentang apa sebenarnya yang dimaksud dengan Definite Article dalam Bahasa Inggris itu. – Bigbanktheories.com

Definite Article Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat

Pengertian Definite Article

Jika kita terjemahkan dengan menggunakan Google translate, maka “Definite Article” artinya adalah “Artikel yang Pasti”. Hmm, apa ya maksudnya? Untuk membantumu memahami pengertian Definite Article ini, saya akan mengingatkan kembali tentang definisi Article dalam istilah grammar Bahasa Inggris.

Related: Penjelasan Dan Contoh Non-Defining Clause Bahasa Inggris

Yang dimaksud dengan “Article” dalam istilah grammar Bahasa Inggris adalah kosakata yang menerangkan sebuah kata benda (noun) dari segi spesifik atau tidak spesifiknya kata benda tersebut. Jenis “Article” yang menunjukkan bahwa suatu benda yang sedang dibicarakan itu merupakan hal yang “spesifik” disebut dengan “Definite Article” yang akan kita pelajari dalam materi kali ini. Sedangkan jenis “Article” yang mengindikasikan bahwa suatu benda yang sedang dibicarakan itu tidak spesifik disebut dengan “Indefinite Articles”. Supaya sobat bisa memahami maksud penjelasan ini, coba perhatikan contoh kalimat berikut ini:

Contoh 1: The girl was sitting on a park bench when the accident happened yesterday. (Gadis itu sedang duduk di sebuah bangku taman ketika kecelakaan itu terjadi kemarin.)

Contoh 2: A girl was sitting on a park bench when the accident happened yesterday. (Seorang gadis sedang duduk di sebuah bangku taman ketika kecelakaan itu terjadi kemarin.)

Perhatikan! Yang sedang kita fokuskan kali ini adalah perbedaan antara “The girl” dan “A girl” dalam contoh kalimat di atas. Menurutmu apa perbedaan keduanya? Ya, Benar sekali! Dengan merujuk pada hasil terjemahan kedua kalimat di atas, kita bisa langsung tau bahwa frasaThe girl” membicarakan suatu hal atau dalam contoh kali ini seseorang yang spesifik, sedangkan frasaA girl” tidak.

The girl” = Gadis itu (Definite Article)

A girl” = Seorang gadis (Indefinite Article)

Saat kita menggunakan frasaThe girl” dalam kalimat kita, maka hal ini berarti noun atau benda yang sedang kita bicarakan itu merupakan suatu hal yangspesifik” atau bisa dikatakan “sudah pasti yang itu”. Frasa “The girl” menunjukkan bahwa kita sedang membicarakan satu gadis tertentu saja / hanya gadis yang kita maksudkan dalam konteks pembicaraan itu saja yang sedang kita sebutkan dan bukan gadis-gadis yang lain.

Hal yang berbeda terjadi saat kita menggunakan frasaA girl”. Saat kita menggunakan frasa ini, kita tidak sedang membicarakan seorang gadis secara spesifik. Memang benar arti “A girl” adalah “seorang gadis”, tapi ini berarti yang sedang kita bicarakan bisa saja gadis manapun (belum / tidak pasti), bisa gadis A, B atau C yang kebetulan sedang duduk di bangku taman tersebut ketika kecelakaan kemarin terjadi.

Seperti inilah konsep dari Definite dan Indefinite Articles sobat. Definite Article (The) menunjukkan suatu benda yang bersifat “spesifik” atau “sudah pasti” sedangkan Indefinite Articles (A dan An) merujuk pada suatu hal yang “tidak spesifik” atau “belum pasti”. Sampai di sini bisa dipahami ya.

Penting untuk diingat! Karena penggunaan “Definite Article” menunjukkan bahwa noun yang dibicarakan merupakan noun yang spesifik / sudah pasti, maka anggapannya baik si pembicara maupun si pendengar sama-sama sudah tau dengan pastiapa / siapa” yang sedang dibicarakan. Dengan kata lain, saat kita menggunakan “Definite Article” dalam kalimat kita, noun yang diterangkan oleh article tersebut haruslah memiliki rujukan yang jelas.

Penjelasan sederhananya seperti ini sobat, Contoh Kalimat 1 (The girl was sitting on a park bench when the accident happened yesterday) tidak boleh dan tidak mungkin secara tiba-tiba saja diucapkan oleh seseorang pada kita atau kita ucapkan secara tiba-tiba pada seseorang. Mengapa? Karena tentu akan timbul pertanyaanwhat girl? / which girl?”, ya kan? Jadi intinya, penggunaan “Definite Articletidak mungkin dijadikan pembuka percakapan kecuali saat si pembicara dan pendengar sudah sama-sama memiliki prior knowledge (pemahaman / pengetahuan tentang hal tersebut sebelumnya / sejak lama) terhadap hal yang dibicarakan.

Kembali lagi pada pembahasan kita tentang Contoh Kalimat 1 di atas, supaya kalimat tersebut bisa dipahami oleh pendengar dengan baik, maka salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan menambahkan introductory sentence dimana kita mengenalkan terlebih dahulu sigadis” yang ingin kita bicarakan. Misalnya saja dengan membuat pernyataannya menjadi seperti berikut ini:

Contoh: I saw a strange girl here yesterday. The girl was sitting on a park bench when the accident happened yesterday. (Saya melihat seorang gadis yang aneh di sini kemarin. Gadis itu sedang duduk di sebuah bangku taman ketika kecelakaan itu terjadi kemarin.)

Nah, dengan begini baru rujukanThe girl” jadi jelas bagi si pendengar. Jadi ketika muncul pertanyaan “Which girl?” kita bisa menjawab “the strange girl”. Bagaimana sobat? sudah jelas kan? Saya harap begitu ya.

Contoh Penggunaan Definite Article Dalam Kalimat

Setelah sobat memahami pengertian Definite Article yang saya jelaskan di atas, kini saatnya sobat mengamati beberapa contoh penggunaan Definite Article dalam kalimat agar ilmu yang baru saja sobat pelajari bisa melekat kuat dalam ingatan sobat semua. Perhatikanlah beberapa contoh yang sudah saya siapkan berikut ini:

1.There was a cat in my house. The cat has black colour.

2.Which one do you prefer to eat? I prefer the red one.

3.We meet him in the gas station.

4.Here it is the use of mind-mapping technique.

5.We meet him in the morning.

6.The first winner is John de Legend.

7.In the 1920s, people still use horses to travel.

8.Tina is the most beautiful girl in my class.

9.Most of the people love chickens and eggs.

10.We can find some beautiful reptiles in the Himalaya mountain.

11.The Chinese people celebrate the New Year ceremony happily.

12.The mountains are green in the spring season.

13.The Prime Minister visit the victims of flood in the west.

14.The round table conference results some new policies.

15.The Istiqlal Mosque is located in Jakarta.

16.The New York Times is a famous newspaper.

17.You can find the needle in the middle of the textiles.

18.The new shoes are expensive, so I cannot buy it.

19.The book is so cheap, so the students buy it happily.

20.The second winner is Bambang, while the third winner is Joko.

Itulah tadi sobat materi singkat tentang Definite Article dalam grammar Bahasa Inggris, semoga bermanfaat. Terimakasih banyak atas kunjungannya kali ini, silahkan jelajahi materi menarik yang sudah saya siapkan di blog ini jika sobat masih ada waktu luang. Saya akhiri sampai di sini, sampai jumpa dalam tulisan berikutnya. Silahkan baca juga Pengertian dan Penggunaan Kata Dare Dalam Kalimat.

Referensi:

  1. Articles: A Complete Grammar Guide – https://www.grammarly.com/blog/articles/ – Diakses tanggal 26 November 2019
  2. Pengertian dan Contoh Kalimat Definite Article (The) – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-definite-article-the – Diakses tanggal 26 November 2019
  3. The definite article – https://www.ef.com/wwen/english-resources/english-grammar/definite-article/ – Diakses tanggal 26 November 2019
  4. Definite Article dalam Bahasa Inggris – https://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/definite-article-dalam-bahasa-inggris.aspx – Diakses tanggal 26 November 2019
  5. Article (grammar) – https://en.wikipedia.org/wiki/Article_(grammar) – Diakses tanggal 26 November 2019
  6. The definite article – http://learnenglishteens.britishcouncil.org/grammar/beginner-grammar/definite-article – Diakses tanggal 26 November 2019
  7. Definite Article – https://www.grammar-monster.com/glossary/definite_article.htm – Diakses tanggal 26 November 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *