Defining Clause Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya


Defining clause merupakan salah satu jenis dari adjective clause (relative clause). Jenis clause ini dikenal juga dengan nama lainnya yaitu Essential Clause, jadi kalau kamu sedang mencari penjelasan tentang essential clause dalam Bahasa Inggris, inilah materi yang perlu kamu baca. Defining Clause ini memiliki jenis clause kebalikan atau lawannya yaitu “Non-Defining Clause” yang sudah sempat kita bahas dalam artikel terdahulu. Dengan begini, maka “Essential Clause” pun memiliki jenis clause kebalikannya yang disebut dengan “Nonessential Clause”. Baik “Defining Clause” dan “Essential Clause” serta “Non-Defining Clause” dan “Nonessential Clause” itu sama saja, hanya namanya saja yang berbeda.

Khusus dalam artikel kali ini, yang akan kita pelajari adalah jenis Defining Clause atau Essential Clause. Kami harap penjelasan yang akan kami sajikan di bawah ini bisa membantu sobat dalam memahami pengertian serta cara penggunaan jenis relative clause yang satu ini dengan benar. Melalui pembahasan materi kali ini, kami juga mencoba untuk menerangkan mengapa jenis clause ini bisa dikenal dengan sebutan Essential Clause, sehingga sobat pembaca bisa benar benar paham asal mula istilah tersebut. Sekarang, ayo kita simak bersama penjelasan tentang Defining Clause berikut ini. – Bigbanktheories.com

Penjelasan Tentang Essential Clause atau Defining Clause

Penjelasan Tentang Defining Clause Dalam Bahasa Inggris

Defining Clause

Defining clause juga disebut dengan essential clause karena jenis klausa ini mengandung informasi yang bersifat essential (penting). Mengapa bisa dikatakan bahwa informasi yang terkandung di dalamnya adalah informasi yang penting? Hal ini karena jika klausa itu dihilangkan dari kalimat, maka kalimat tersebut tidak akan utuh lagi jika dilihat dari sisi makna, informasi yang hilang ini akan menimbulkan pertanyaan dan bahkan bisa membuat kalimat tersebut jadi tidak bisa dimengerti. Karena sifatnya yang tidak bisa dihilangkan dari kalimat inilah yang membuatnya mendapat julukan Essential Clause atau klausa yang penting.

Related: Bagaimanakah Cara Menggunakan So Do I Dan Me Too Yang Benar?

Penasaran kan seperti apa sih contoh yang termasuk kedalam kategori defining clause itu, yuk perhatikan contoh kalimat berikut ini:

The boy who broke my window claims to be the son of the governor.

Perhatikan sobat, bagian yang di cetak tebal adalah contoh dari Defining Clause atau Essential Clause. Sekarang bayangkan bagian tersebut kita hilangkan, apa yang terjadi? Informasinya menjadi tidak jelas bukan? Tentu akan timbul pertanyaan, “which boy?” atau “anak yang mana yang mengaku sebagai anak gubernur?”. Namun dengan adanya penambahan Defining Clause, informasinya menjadi jelas dan bisa dipahami. Inilah fungsi dari sebuah Defining Clause, yaitu untuk menambah keterangan terhadap sebuah noun (kata benda) dengan cara membatasi atau menyepesifikkan noun yang dimaksud.

Berbeda dengan Non-Defining Clause, ternyata jika kita perhatikan saat kita menggunakan Defining Clause dalam kalimat, maka kita tidak menggunakan tanda comma (koma) untuk memisahkan nya dari klausa utama. Hal ini tentu karena Defining Clause juga merupakan bagian penting bagi kalimat tersebut.

Penggunaan Relative Pronouns Dalam Defining Clause

Jika kita perhatikan dari contoh kalimat di atas, bagian yang dicetak tebal (bagian defining clause) di awali dengan relative pronoun berupa “who” yang merujuk pada noun yang di jelaskan (dalam hal ini “the boy”). Nah, ternyata ada beberapa relative pronouns yang lain yang umum digunakan dalam sebuah Defining Clause lho, berikut penjelasannya.

Subject (Who, That, Which)

Jika noun yang dirujuk berada pada posisi Subject, maka pilihlah diantara ketiga relative pronoun di atas (who, that, which). Ingat “Who” hanya digunakan jika yang dirujuk adalah “Person” atau orang, “Which” hanya digunakan jika yang dirujuk adalah “Thing” atau benda, sedangkan “That” bisa digunakan untuk keduanya.

Contoh: The pizza which contain mushroom can cause allergy.

Object (Who, Whom, Which, That, Where, When, Why)

Jika noun yang dirujuk berada pada posisi Object, maka pilihlah diantara relative pronoun di atas (who, whom, which, that, where, when, why). Ingat “Who, Whom dan That” digunakan untuk “Person”, “Which dan That” digunakan untuk “Thing”, “Where” digunakan untuk “Place”, “When” digunakan untuk “Time”, dan “Why” digunakan untuk “Reason”.

Contoh: The pizza which I bought yesterday was delicious.

Possessive (Whose)

Jika yang ingin diungkapkan adalah kepemilikan (possessive), maka gunakanlah relative pronoun “Whose”.

Contoh: He is helping a woman whose bike was stolen yesterday.

Oke deh sobat, itulah yang bisa kami sajikan mengenai materi Defining Clause atau yang kita kenal juga dengan sebutan Essential Clause dalam Bahasa Inggris. Mudah mudahan bermanfaat dan bisa dipahami dengan mudah. Kami pamit dulu, sampai ketemu lagi dalam materi menarik lainnya. Baca juga artikel terbaru dari kami yang berjudul Arti Kata Even dan Contoh Penggunaannya Sebagai Adverb.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Defining Clause (Restrictive Relative Clause) – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-defining-relative-clause – Diakses tanggal 20 Juli 2017
  2. Defining Relative Clauses – http://www.ef.com/english-resources/english-grammar/defining-relative-clauses/ – Diakses tanggal 20 Juli 2017
  3. The Essential Clause – http://www.chompchomp.com/terms/essentialclause.htm – Diakses tanggal 20 Juli 2017
  4. Essential and Nonessential Adjective Clauses Examples – http://www.softschools.com/examples/grammar/essential_and_nonessential_adjective_clauses_examples/81/ – Diakses tanggal 20 Juli 2017
  5. Relative Clauses: Defining and Non-Defining – http://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/relative-clauses/relative-clauses-defining-and-non-defining – Diakses tanggal 20 Juli 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *