Daftar Kata Terpanjang Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya


Hai sobat, pernah penasaran nggak sih apa saja kata terpanjang dalam Bahasa Inggris? Jika iya, baca deh artikel kali ini. Dalam tulisan kali ini, saya sudah mengumpulkan informasi dari beberapa sumber di internet tentang kosakata yang dianggap panjang oleh banyak orang. Tapi kamu tidak perlu menyiapkan meteran kok untuk mengukur panjang kata di bawah ini hehe, karena yang kita lihat adalah jumlah huruf yang menyusun kata tersebut.

Beberapa kosakata yang ada dalam daftar kata terpanjang Bahasa Inggris berikut ini mungkin akan terdengar asing bagimu, karena itu memang berasal dari istilah dalam bidang tertentu sehingga sangat jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Jadi, tidak perlu memaksakan untuk menghapal nya ya sobat. Cukup jadikan informasi yang saya sajikan di bawah ini sebagai hiburan serta tambahan pengetahuan untuk memperluas wawasanmu di bidang Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Longest Words in English

Daftar Kata Terpanjang Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Kata Terpanjang Dalam Bahasa Inggris

Daftar kata terpanjang dalam Bahasa Inggris di bawah ini saya lengkapi juga dengan penjelasan singkat atau arti dari kata tersebut. Hal ini saya lakukan karena ternyata agak sulit untuk memaksakan terjemahan beberapa kata kedalam Bahasa Indonesia. Untuk kosakata yang sulit diterjemahkan itulah penjelasan singkat saya rasa diperlukan. Silahkan dibaca selengkapnya di bawah ini.

Related: Contoh Acknowledgement Skripsi Dalam Bahasa Inggris Terbaru

Longest Words in English (Kata Terpanjang Dalam Bahasa Inggris)

1.Abstentious (11 characters / letters)

Arti: Pantang

2.Squirrelled (11 characters / letters)

Arti: menyembunyikan sesuatu yang berharga di tempat yang aman.

3.Uncopyrightables (16 characters / letters)

Arti: Kata ini berarti “sesuatu yang tidak bisa di klaim atau di miliki hak cipta nya”. Wah apa hal yang tidak bisa di klaim copyright nya? Karena saya juga penasaran, jadi saya coba cari di google dan ternyata memang ada beberapa hal yang tidak bisa diklaim copyright nya misalnya saja “Titles and Names” atau dalam Bahasa Indonesia nya “Judul / Gelar / Nama”. Ilustrasi sederhana nya seperti ini, setelah saya menerbitkan postingan dengan judul “Daftar Kata Terpanjang Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya” orang lain di luar sana bisa dan boleh saja membuat postingan dengan judul yang sama dan saya tidak bisa mengklaim bahwa judul postingan itu adalah milik saya. Namun untuk urusan konten atau isi artikel, tentu hal itu terlindungi, bahkan google pun sangat ketat akan hal ini. Fun Fact!! Ternyata kata ini termasuk kedalam Isogram lho, yaitu kelompok kata atau frasa yang tidak mengandung pengulangan huruf di dalamnya.

4.Sesquipedalianism (17 characters / letters)

Arti: kata ini ternyata merupakan istilah yang digunakan untuk melabeli “kecenderungan” seseorang untuk menggunakan kata-kata yang panjang. Sedangkan julukan bagi “orang nya” atau orang yang memiliki kecenderungan ini adalah “Sesquipedal”. Unik sekali ya sobat.

5.Uncharacteristically (20 characters / letters)

Arti: berdasarkan terjemahan google translate, kata ini berarti “tak seperti biasanya” dalam artian seseorang yang melakukan sesuatu yang tidak menggambarkan ciri khas yang “umum” dari orang tersebut. Mungkin contoh sederhana nya seorang pemuda yang biasanya kalem dan diam saja di rumah tapi tiba-tiba muncul di klub malam atau diskotik.

6.Incomprehensibilities (21 characters / letters)

Arti: berdasarkan terjemahan google translate, arti kata ini adalah “Ketidakpahaman”.

7.Honorificabilitudinitatibus (27 characters / letters)

Arti: Kata ini ternyata muncul dalam karya Shakespeare yang bisa diterjemahkan sebagai “kondisi dimana seseorang mampu mencapai penghargaan”.

8.Antidisestablishmentarianism (28 characters / letters)

Arti: Kata ini ternyata merujuk pada paham politik yang muncul di Inggris pada abad ke-19. Inti dari paham ini adalah penentangan terhadap penghapusan status gereja pada masa itu.

9.Floccinaucinihilipilification (29 characters / letters)

Arti: kata ini ternyata memiliki arti yang unik lho sobat, yaitu “Sesuatu yang memiliki sedikit makna atau bahkan tak bermakna sama sekali”.

10.Pseudopseudohypoparathyroidism (30 characters / letters)

Arti: Kata ini juga merupakan salah satu istilah di dunia medis yang digolongkan kedalam kata terpanjang dalam Bahasa Inggris. Sepertinya sudah bisa ditebak ya bahwa kata ini juga berhubungan dengan nama penyakit (penyakit turunan).

11.Dichlorodiphenyltrichloroethane (31 characters / letters)

Arti: Kata ini ternyata merupakan nama produk pembasmi serangga. Biasa dikenal juga dengan sebutan DDT.

12.Supercalifragilisticexpialidocious (34 characters / letters)

Arti: Kata ini ternyata berasal dari judul lagu dalam film Mary Poppins di tahun 1964 yang ternyata saat ini masuk dalam kamus dan diberi makna “a nonsense word by children to express approval or to represent the longest word in English”.

13.Pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis (45 characters / letters)

Arti: Nah, kata yang satu ini ternyata berasal dari dunia medis sobat. Kata ini merupakan nama penyakit paru-paru yang disebabkan oleh jenis pekerjaan tertentu.

14.Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg (45 characters / letters)

Arti: kata ini ternyata adalah nama sebuah danau di kota Webster, Massachusetts.

Extremely Long Word in English

15.Methionylthreonylthreonylglutaminylarginyl…isoleucine – disingkat (189.819 characters / letters)

Arti: Nama kimia dari “titin” atau “connectin” yang merupakan jenis protein yang ada dalam tubuh manusia.

Masih banyak lagi sobat contoh kata terpanjang dalam Bahasa Inggris, namun setidaknya beberapa contoh di atas sudah mewakilinya. Terimakasih banyak sudah membaca tulisan kali ini hingga selesai, semoga kamu terhibur dan mendapat pengetahuan baru. Sampai ketemu lagi dalam artikel menarik lainnya. Silahkan baca juga postingan terbaru saya yang berjudul Contoh Narrative Text Tentang Si Pahit Lidah Beserta Artinya.

Referensi:

  1. Longest word in English – https://en.wikipedia.org/wiki/Longest_word_in_English – Diakses tanggal 6 Mei 2019
  2. Longest word has 189,819 letters, takes three hours to pronounce – https://www.digitalspy.com/fun/a444700/longest-word-has-189819-letters-takes-three-hours-to-pronounce/ – Diakses tanggal 6 Mei 2019
  3. The Longest English Words – https://www.dictionary.com/e/s/longest-english-words/#sesquipedalianism – Diakses tanggal 6 Mei 2019
  4. Pseudopseudohypoparathyroidism – https://en.wikipedia.org/wiki/Pseudopseudohypoparathyroidism – Diakses tanggal 6 Mei 2019
  5. 5 Things That Can’t Be Copyrighted – https://www.plagiarismtoday.com/2010/01/08/5-things-that-cant-be-copyrighted/ – Diakses tanggal 6 Mei 2019
  6. Honorificabilitudinitatibus – https://en.wikipedia.org/wiki/Honorificabilitudinitatibus – Diakses tanggal 6 Mei 2019
  7. Titin – https://en.wikipedia.org/wiki/Titin – Diakses tanggal 6 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *