Daftar Kata Kerja Yang Bisa Transitive Dan Juga Intransitive


Kemarin kita sudah mengelompokkan kata kerja kedalam Daftar Transitive Verb dan juga Daftar Intransitive Verb. Kamu tentunya masih ingat ya alasan kita memisahkan verb kedalam dua kelompok tersebut. Kata kerja kita pisahkan kedalam kedua kelompok tersebut karena terdapat perbedaan diantara keduanya, yaitu ada atau tidaknya object yang mengikuti kata kerja tersebut.

Awalnya mungkin kita berfikir kalau suatu kata kerja sudah termasuk kedalam daftar transitive verb maka kata kerja tersebut tidak akan muncul dalam daftar intransitive verb dan begitu juga sebaliknya. Tapi ternyata, ada beberapa verb atau kata kerja yang bisa masuk kedalam kedua kategori diatas. Jadi kata kerja ini bisa muncul di dalam kalimat sebagai transitive verb dan juga bisa muncul sebagai intransitive verb.

Wah bagaimana bisa begitu? Mungkin sekarang kamu bertanya tanya ya, nah semua ini akan menjadi jelas setelah kamu selesai membaca artikel ini. Dalam artikel ini nanti kamu akan punya kesempatan untuk memperhatikan contoh contoh kalimat dengan menggunakan verb transitive dan juga intransitive. Dengan contoh kalimat tersebut, kamu akan melihat bahwa beberapa kata kerja transitive dapat juga digunakan dalam bentuk intransitive dan begitu pula sebaliknya. Ingin tau kata kerja apa saja yang menjadi verb hybrid antara transitive dan intransitive? Baca artikel ini sampai selesai ya. – Bigbanktheories.com

Related: Perfect Infinitive Dalam Grammar Dan Contoh Kalimatnya
Transitive And Intransitive Verb List

Kata Kerja Yang Bisa Transitive Dan Juga Intransitive

Kata Kerja Yang Bisa Transitive Dan Juga Intransitive

Agar lebih mudah dan lebih cepat memahami kata kerja yang bisa masuk kedalam transitive verb dan juga intransitive, langsung saja kita lihat beberapa contoh kalimat berikut ini.

Sing

Contoh Kalimat :

All of the audience sang Indonesia Raya. (Transitive)

I always sing in the bathroom. (Intransitive)

Leave

Contoh Kalimat :

Mr. Baskoro left Jamaica on July 26. (Transitive)

Do you really want to leave so soon? (Intransitive)

Change

Contoh Kalimat :

The tragedy hasn’t changed him. (Transitive)

The population has changed greatly within ten years. (Intransitive)

Close

Contoh Kalimat :

Close the door and stay inside. (Transitive)

The cinema close at 21.00 p.m. (Intransitive)

Write

Contoh Kalimat :

Write your name in the box. (Transitive)

Mojiko couldn’t write, but he could read. (Intransitive)

Eat

Contoh Kalimat :

My girl friend eats chocolate every day. (Transitive)

During his body building training, Bombi doesn’t eat at night.

Run

Contoh Kalimat :

My brother run a video game company in Japan. (Transitive)

I try to run as fast as I can. (Intransitive)

Sobat pembaca semua, itulah tadi beberapa kata yang bisa termasuk kedalam transitive verb maupun intransitive verb. Dengan mempelajari materi kali ini, hal ini menunjukkan pada kita kalau ternyata dalam menentukan suatu verb masuk ke golongan transitive atau intransitive verb, kita tidak bisa hanya berpatokan pada daftar yang telah kita pelajari kemarin, namun kita juga perlu memperhatikan konteks dimana verb tersebut berada. Walaupun begitu, tetap saja cara termudah untuk menentukan transitive atau intransitive verb adalah dengan selalu mengingat hubungan keduanya dengan object dalam suatu kalimat.

Rajin lah berlatih jika kalian benar benar ingin bisa menggunakan Bahasa Inggris dengan lancar. Salah satu cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk melatih kemampuan Bahasa Inggrismu adalah dengan sering membaca tulisan atau artikel yang berhubungan dengan Bahasa Inggris seperti yang kami sediakan dalam website ini. Terimakasih untuk kunjungannya kali ini, dan terimakasih juga sobat telah menjadi pembaca setia di website kami, semoga kami bisa terus menyediakan bacaan bermanfaat bagi pembaca semua. Kami pamit dulu, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penjelasan materi Bahasa Inggris kali ini, sampai jumpa lagi.

Referensi :

  1. Transitive And Intransitive Verbs – http://www.oxforddictionaries.com/words/transitive-and-intransitive-verbs – Diakses tanggal 26 Juli 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *