Cumulative Adjective Beserta Contoh Dan Urutan Penyusunannya


Cumulative Adjective adalah salah satu materi dasar Bahasa Inggris yang sangat penting untuk kita kuasai. Dalam rumusan kurikulum, materi ini akan dikenalkan sebagai Adjective Order (urutan penulisan kata sifat) di kelas sepuluh. Untuk sobat yang saat ini sudah duduk di kelas 1 SMA, saya sarankan kamu untuk membaca artikel ini sebelum guru di sekolah membahasnya, supaya nanti kamu bisa mengikuti penjelasan materi di kelas dengan mudah.

Meski mungkin ini kali pertama bagi sobat mendengar istilah Cumulative Adjective, namun saya yakin sobat yang sampai menemukan artikel ini sudah kenal dengan istilah adjective order, atau bahkan saat ini sedang mengalami kesulitan dengan proses mengurutkan letak adjective dalam satu kalimat secara tepat. Supaya sobat benar-benar paham dan bisa menemukan jawaban untuk masalah yang sedang kamu temui di sekolah, ayo kita pelajari bersama materi kali ini mulai dari pengertian Cumulative Adjective hingga berbagai contoh yang bisa mengilustrasikan bagaimana urutan penyusunan adjective dalam sebuah kalimat. – Bigbanktheories.com

Cumulative Adjective Beserta Contoh Dan Urutan Penyusunannya

Pengertian Cumulative Adjective

Yang dimaksud dengan Cumulative Adjective adalah suatu rangkaian adjective (terdiri dari dua adjective atau lebih) yang saling bekerjasama dalam memodifikasi sebuah noun (kata benda) dalam satu frasa, klausa maupun kalimat. Jenis adjective ini juga dikenal dengan sebutan “unit modifiers” yang artinya merupakan jenis modifier yang bekerja sebagai sebuah kesatuan. Sifatnya yang bertindak sebagai sebuah kesatuan inilah yang menyebabkan sebuah Cumulative Adjective harus mengikuti urutan tertentu dalam hal penempatannya. Aturan penempatan adjective inilah yang kita kenal dengan istilah adjective order. Perhatikan contoh berikut ini:

Related: Pengertian Dan Contoh Personal Pronouns Dalam Bahasa Inggris

Contoh: A big brown cat is sleeping on my couch.

Pada kalimat di atas, contoh Cumulative Adjective yang kita gunakan adalah “A big brown” yang memodifikasi makna dari nounCat”. Jika kita rinci, maka kita bisa lihat bahwa ada dua kata sifat di sana yaitu “big” dan “brown”, sedangkan “A” yang merupakan “article” dalam Bahasa Inggris, berperan sebagai “determiner” dalam hal ini, dan ia juga kita masukkan kedalam adjective, karena pada dasarnya adjective adalah semua kosakata yang memodifikasi / memberi keterangan tambahan terhadap kata benda (noun).

Sekarang saya ada pertanyaan untuk sobat, memang benar bahwa determiner “A” beserta adjective “big” dan “brown” pada contoh kalimat di atas sama-sama memodifikasi makna / memberi keterangan pada noun “Cat”, tapi masalahnya, apakah urutan penempatan adjective nya sudah benar? Bagaimana jika urutan penempatan adjective nya kita ubah menjadi “A brown big cat”, atau mungkin “big brown a cat” atau bisa juga “brown a big cat”?

Sekarang saya rasa sobat pasti setuju jika saya nyatakan bahwa kita tidak bisa membolak-balik urutan penempatan adjective di atas, karena ternyata makna nya jadi kacau. Inilah yang kita sebut dengan adjective order tadi sobat, suatu pola urutan penempatan adjective yang sudah “fixed” atau tidak bisa berubah-ubah. Ini pula alasan mengapa mempelajari Cumulative Adjective dan adjective order jadi hal yang penting bagi sobat.

Memang benar kita tidak akan kesulitan jika adjective yang muncul hanya satu, karena kita hanya perlu menempatkan nya di samping noun yang dimodifikasinya, misalnya seperti “black book”, “red shoes”, “beautiful girl” dan sebagainya. Namun masalahnya datang saat yang kita temui ternyata berupa Cumulative Adjective yang terdiri dari dua adjective atau lebih. Jika kita tidak paham cara mengurutkan adjective nya, maka tentu kita akan kesulitan untuk menentukan mana pola yang benar.

Secara sederhana, biasanya kita akan dikenalkan dengan konsep OSASCOMP untuk membantu kita dalam mengurutkan adjective. Konsep ini terdiri dari adjective yang berkaitan dengan Opinion, Size, Age, Shape, Colour, Origin, Material dan Purpose. Jika sobat perhatikan, istilah OSASCOMP ternyata diambil dari huruf awal masing-masing kata dalam urutan adjective order di atas. Inilah konsep sederhana untuk membantu sobat dalam mengingat susunan adjective saat kamu ingin membentuk sebuah Cumulative Adjective.

Jika kita kembalikan pada pembahasan contoh kalimat kita di atas, maka pada contoh tersebut unsur yang kita gunakan dalam Cumulative Adjective nya terdiri dari: Determiner: A, Size: Big, Colour: Brown, dan barulah Noun nya yaitu “Cat”. Dengan begini sudah jelas ya sobat, kita tidak bisa menukar posisi adjective nya menjadi “A brown big cat”, karena pada urutannya “Size” lah yang lebih dulu harus dituliskan.

Jika kamu memperhatikan dengan teliti, mungkin saat ini ada pertanyaan di benakmu, lho kok muncul tambahan “Determiner” dalam penjelasan di atas? Kalau begitu konsep nya bukan OSASCOMP dong, tapi DOSASCOMP? Nah, inilah sebabnya saya sampaikan tadi di atas bahwa konsep itu hanyalah cara mudah yang bisa kita gunakan untuk membantu kita mengingat urutannya, karena pada dasarnya ada beberapa pendapat tentang hal ini. Misalnya saja, ada yang menambahkan bahwa urutan Size dan Shape bisa muncul sebelum Age, dan lain sebagainya.

Hal yang terpenting bagi kita adalah terus mengasah kepekaan kita terhadap penggunaan multi adjective seperti ini dengan cara banyak membaca teks berbahasa Inggris. Karena jika kita sudah terlatih, tentu kita tidak perlu menghapalkan urutan apa-apa, kita bisa langsung merasakan jika suatu urutan adjective dalam kalimat terkesan aneh di telinga kita.

Jika sobat senang mempelajari materi kali ini, mungkin sobat juga akan tertarik untuk membaca penjelasan tentang Coordinate Adjective yang merupakan bentuk multi adjective juga dalam Bahasa Inggris. Hal yang membedakan antara Coordinate Adjective dengan Cumulative Adjective yang sedang kita pelajari kali ini adalah tidak adanya aturan penempatan / adjective order pada Coordinate Adjective. Wah kok bisa begitu? Kalau penasaran, baca penjelasannya hehe.

Sedikit tambahan sebelum kita melangkah ke penjelasan tentang adjective order, mungkin sampai di sini ada sebagian dari sobat yang masih bingung tentang cara kerja Cumulative Adjective yang disebut sebagai “unit modifier” tadi ya. Nah, saya akan coba menerangkan tentang hal ini sobat. Saya harap sobat bersedia mengikuti penjelasan saya ya.

Jika saya bertanya pada sobat, apa Bahasa Inggrisnya “rambut merah” atau “rambut berwarna merah”? tentu sobat akan menjawab “red hair” ya. Mudah sekali bukan. Nah, sekarang saya akan tambahkan satu kata lagi untuk sobat terjemahkan. Menurut sobat, apa Bahasa Inggris nya “rambut berwarna merah gelap” atau “rambut merah gelap”? sobat tentu tau dong, dalam hal klasifikasi warna, kita mengenal istilah “gelap” dan “terang” atau terkadang juga ada istilah lain seperti “merah lembut” dan sebagainya. Bagaimana jawabanmu sobat? apa Bahasa Inggrisnya “rambut merah gelap”? Saya yakin sobat semua bisa menjawabnya ya, dan jawabannya adalah “dark red hair”. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, mengapa sobat semua tidak ada yang salah dan menerjemahkan frasa di atas menjadi “red dark hair” atau sebagainya? Jawabannya karena sebenarnya sobat secara naluriah sudah mengenal adjective order dengan baik.

Begini penjelasannya sobat: kata benda dalam frasa tersebut adalah “hair” atau “rambut”. Nah, kita akan memodifikasi / menambah keterangan terhadap noun tersebut dengan adjective berupa “warna”. Dalam kasus ini, warna yang kita gunakan bukanlahmerahbiasa, namun “merah gelap”. Dari sini kita bisa lihat, meski kata “dark” dan “red” sama-sama merupakan adjective, namun ternyata katadark” di sini secara lebih dulumemodifikasimaknared” dan mengubahnya menjadidark red (bukan “red” saja)” untuk kemudian mereka bekerja secaraunit” atau sebagai sebuah kesatuan dan memodifikasi makna noun yang ada. Bagaimana, jelas kan?

Adjective Order (Urutan Penyusunan Adjective)

Dari awal materi kali ini, kita sudah beberapa kali menyinggung istilah adjective order. Nah, pada bagian ini, saya akan berikan sekilas penjelasan tentang urutan penyusunan adjective dalam Bahasa Inggris beserta beberapa contoh untuk setiap bagian supaya sobat bisa memahaminya dengan lebih mudah. Silahkan perhatikan. (Catatan!! Urutan dari atas ke bawah)

Articles / Demonstrative Pronoun / Possessive: (a, an, the) / (this, that, those) / (his, her, my)

Quantity (numbers): one, four, seven

Opinion: beautiful, scary, funny, adorable, majestic

Size: big, small, tiny, large, gigantic

Age: old, young, new, 18th century

Shape / Length / Appearance: (round, conical, square) / (long, short, 2 centimeters) / (bumpy, curvy)

Color: red, blue, brown

Origin / Ethnicity / Religion: French, American, Javanese, Batakese, Sundanese, Moslem, Christian, Ming Dynasty, Mayan

Material: leather, carbon, wooden, plastic

Purpose: smoking dalam “smoking room”, dressing / changing dalam “dressing / changing room”, swimming dalam “swimming pool”, coffe dalam “coffe table”, baseball dalam “baseball jersey”

Seperti itulah sobat penjelasan singkat beserta contoh adjective order dalam Bahasa Inggris. Urutannya mulai dari bagian yang paling atas hingga yang paling bawah. Sangat mudah kan ternyata memahami Cumulative Adjective itu.

Contoh Cumulative Adjective

Sekarang kita memasuki tahap akhir dari pembahasan materi kita kali ini yaitu contoh penggunaan Cumulative Adjective dalam kalimat. Silahkan perhatikan beberapa contoh yang sudah saya siapkan di bawah ini. Jika sobat sudah merasa benar-benar mengerti, cobalah gunakan Cumulative Adjective dan buatlah beberapa kalimat sendiri.

Sharon bought a beautiful new American car.

The marvelous large hotel is for sale now.

An energetic old Japanese woman performed a traditional dance.

An old-school Bulgarian rap song is playing on the radio.

A small triangle white package on the table is mine.

These are five small new chinos jeans.

The small pink baseball jersey fit the girl just right.

Three young brown chickens were running from cat.

Joshua bought an expensive small round mouse from the computer shop yesterday.

I saw five big old men walking around your house last night.

Dengan berakhirnya pembahasan tentang contoh Cumulative Adjective di atas, berakhir juga pembahasan materi kita kali ini. Terimakasih banyak atas waktu yang sudah sobat luangkan untuk mempelajari materi kali ini, saya doakan semoga informasi yang sobat baca bermanfaat bagi sobat. Sampai jumpa lagi di kesempatan lainnya. Jika memungkinkan, pelajari juga materi terbaru yang saya terbitkan dengan judul Beda Cue dan Queue Serta Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat.

Referensi:

  1. Cumulative Adjectives: Definition and Examples – https://www.thoughtco.com/what-is-cumulative-adjectives-1689815 – Diakses tanggal 31 Oktober 2019
  2. Pengertian dan Contoh Kalimat Cumulative Adjective – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-cumulative-adjectives – Diakses tanggal 31 Oktober 2019
  3. Cumulative Adjectives: Definition, Order & Examples – https://study.com/academy/lesson/cumulative-adjectives-definition-order-examples.html – Diakses tanggal 31 Oktober 2019
  4. Placement of Cumulative and Coordinate Adjectives – https://www.myenglishpages.com/site_php_files/grammar-lesson-adjectives-placement.php – Diakses tanggal 31 Oktober 2019
  5. Commas with Adjectives – https://www.quickanddirtytips.com/education/grammar/commas-with-adjectives – Diakses tanggal 31 Oktober 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *