Correlative Conjunction Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya


Hai sobat! Taukah kamu apa itu Correlative Conjunction? Mungkin sebagian besar dari sobat yang menemukan artikel ini masih belum begitu familiar dengan istilah Correlative Conjunction. Namun saya yakin kamu pasti kenal dengan beberapa contohnya, misalnya saja seperti penggunaan bentuk “either . . . or”, “neither . . . nor”, “not only . . . but also” dan masih banyak lagi yang lainnya. Bentuk-bentuk Conjunction (kata hubung) yang selalu muncul berpasangan seperti yang baru saya sebutkan itulah yang disebut dengan Correlative Conjunction, dan saya rasa sobat menemukan artikel ini karena sedang mencari cara atau contoh penggunaan salah satu conjunction tersebut.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang pengertian serta contoh penggunaan Correlative Conjunction dalam Bahasa Inggris, saya ingin memberitahukan pada sobat semua bahwa ada jenis conjunction lain yang perlu sobat pelajari juga selain yang akan kita bahas di bawah ini, yaitu Subordinating Conjunction, Coordinating Conjunction dan Conjunctive Adverbs. Penjelasan materi tentang masing-masing jenis conjunction tersebut juga bisa sobat temukan di website ini. Sekarang, tanpa menunggu lebih lama lagi, ayo kita pelajari selengkapnya tentang Correlative Conjunction. – Bigbanktheories.com

Correlative Conjunction Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya

Pengertian Correlative Conjunction

Correlative Conjunction adalah jenis conjunction yang selalu muncul secara berpasangan. Dengan kata lain, Correlative Conjunction akan selalu terdiri dari dua kata hubung yang bekerja sama dalam menghubungkan unsur-unsur dalam sebuah kalimat. Umumnya unsur kalimat yang dapat dihubungkan dengan menggunakan Correlative Conjunction berbentuk kata (word) ataupun frasa (phrase). Hal inilah yang membuatnya lebih mirip dengan Coordinating Conjunction daripada dengan Subordinating Conjunction yang berfungsi untuk menghubungkan independent clause dengan dependent clause.

Related: Panduan Penggunaan Punctuation Marks Dalam Bahasa Inggris

Correlative Conjunction terkadang dikenal juga dengan nama paired conjunction yang artinya kata hubung yang berpasangan. Pasangan-pasangan kata yang digunakan sebagai Correlative Conjunction sudah ada ketentuan atau aturannya tersendiri. Ini artinya, kita tidak bisa sembarangan memasangkan dua buah conjunction dan berharap keduanya bisa berfungsi sebagai Correlative Conjunction, karena sebenarnya yang dipertahankan dari penggunaan Correlative Conjunction dalam sebuah kalimat adalah makna dari kalimat tersebut. Misalnya saja pada contoh berikut ini:

Contoh: Shania wants both the black shoes and the red shoes. (Shania menginginkan (kedua-duanya) sepatu hitam dan sepatu merah itu.)

Pada contoh di atas, bentuk Correlative Conjunction yang kita gunakan adalah pasanganboth” dan “and”. Karena kata “both” mengandung makna “keduanya”, intinya dua barang apapun yang disebutkan dalam kalimat akan diikut sertakan dalam suatu aksi (dalam hal ini sebagai object / benda yang diinginkan). Kalimat tersebut tentu akan terasa aneh jika kita mencoba menggantikan kata “and” dengan kata “or” yang artinya “atau” dan mengandung makna bahwa hal yang dibicarakan adalah sebuah pilihan dimana jika salah satu hal ikut serta maka hal yang lainnya tidak diikutsertakan. Jika tidak percaya, coba perhatikan contoh kalimat berikut dan bandingkan dengan contoh kalimat sebelumnya:

Contoh: Shania wants both the black shoes or the red shoes.

Bagaimana sobat? sudah terasa kan perbedaannya. Begitulah konsep Correlative Conjunction itu sobat. Kedua conjunction yang bekerjasama dalam sebuah Correlative Conjunction memang sudah merupakan pasangan kata yang “fix” atau tidak bisa diubah-ubah, karena ia harus mempertahankan nilai logis yang terkandung dalam kalimat.

Nah, setelah sobat memahami konsep Correlative Conjunction dalam Bahasa Inggris, kini saatnya bagi saya untuk menampilkan beberapa pasangan kata yang tergolong kedalam Correlative Conjunction beserta sekilas penjelasannya. Silahkan simak di bawah ini.

Berbagai Macam Correlative Conjunction Dalam Bahasa Inggris

Dalam daftar Correlative Conjunction berikut ini, sobat bisa menemukan keterangan singkat tentang beberapa Correlative Conjunction yang sering digunakan dalam Bahasa Inggris. Pelajarilah dan coba pahami cara penggunaannya supaya kamu kelak bisa lancar memakainya dalam percakapan sehari-hari.

Betweenand

Arti dari correlative conjunction ini adalah di antara…dan… yang menunjukkan adanya hubungan di antara dua orang/dua hal atas sesuatu. Penggunaan correlative conjunction ini bisa juga untuk menunjukkan perbandingan antara dua hal.

Bothand

Arti dari correlative conjunction ini adalah baik…maupun… yang menunjukkan adanya kesamaan di antara dua hal. Artinya adalah fokus penggunaan correlative conjunction ini berkisar pada kesamaan-kesamaan yang dimiliki kedua pihak.

Eitheror

Arti dari correlative conjunction ini adalah antara…atau… yang menunjukkan adanya pilihan di antara dua hal yang sama-sama belum dilakukan atau tidak ada. Jadi, pada konteks ini, kedua hal itu sama-sama bersifat negatif karena masih menjadi pilihan.

Neithernor

Arti dari correlative conjunction ini adalah bukan ini…bukan pula itu… yang menunjukkan bahwa kedua hal yang dikemukakan sama-sama tidak benar alias bukan keduanya.

Fromto

Arti dari correlative conjunction ini adalah dari…ke… yang menunjukkan adanya hubungan yang berkesinambungan di antara dua hal dengan hal yang pertama merupakan awal dari proses tersebut.

Hardlywhen

Arti dari correlative conjunction ini adalah hampir…ketika… yang menunjukkan adanya situasi yang terjadi pada dua hal yang berkaitan.

No soonerthan

Arti dari correlative conjunction ini adalah tak lama…ketika… yang menunjukkan adanya suatu hal yang terjadi segera setelah hal lainnya.

Scarcelywhen

Arti dari correlative conjunction ini adalah tak lama…ketika… yang menunjukkan adanya suatu hal yang terjadi segera setelah hal lainnya.

Ifthen

Arti dari correlative conjunction ini adalah jika…kemudian… yang menunjukkan adanya hubungan kemungkinan di antara dua hal.

Notbut

Arti dari correlative conjunction ini adalah bukan…melainkan… yang menunjukkan adanya koreksi atas suatu hal atau pernyataan dengan menunjukkan hal/pernyataan yang benar.

Not onlybut also

Arti dari correlative conjunction ini adalah tidak hanya…tetapi juga… yang menunjukkan bahwa ada hal lainnya yang juga harus diperhatikan atau dicatat.

The morethe less

Arti dari correlative conjunction ini adalah semakin banyak…semakin sedikit… yang menunjukkan suatu hubungan di antara dua hal yang mana apabila suatu hal semakin banyak, maka hal yang lainnya semakin sedikit.

The morethe more

Arti dari correlative conjunction ini adalah semakin banyak… semakin banyak… yang menunjukkan suatu hubungan di antara dua hal yang mana apabila suatu hal semakin banyak, maka hal yang lainnya semakin banyak pula.

Whetheror

Arti dari correlative conjunction ini adalah apakah… atau… yang menunjukkan suatu hubungan di antara dua hal yang mana keduanya tidak berpengaruh atas suatu masalah.

Contoh Correlative Conjunction

Setelah memahami berbagai macam Correlative Conjunction dalam daftar di atas, mari kita simak berbagai contoh penggunaan Correlative Conjunction dalam kalimat berikut ini.

There is a great difference between cat and dog.

This is the secret between you and me.

Andy loves both pizza and burgers.

John takes both TOEFL and IELTS tests.

The girl is neither smart nor diligent.

The teacher is neither smart nor patient.

Either Dika or Dion knows the problem.

Either Dudung or Diding is the winner.

I walked from Campus to Hotel in one hour.

It is so far from here to there.

Hardly had Sisca left the station when the train was arrived.

Hardly had Johnny opened the door when the robbery happened.

No sooner did I push the button than the water came.

No sooner did I close the door than the dog knocked.

Scarcely had Toni finished his work when Sisca went to bed.

If you give me pumpkin seeds now, then we’ll harvest it one day.

Eka is not my sister but my best friend.

There is not only a book but also a pencil on the desk.

The more we plant banana, the less rice we need for next year.

The more you help people, the more respects you get.

It doesn’t matter whether the color is red or blue.

Sobat, seperti itulah penjelasan singkat tentang Correlative Conjunction dalam Bahasa Inggris yang bisa saya sajikan, atas kekurangan dan kesalahan yang ada di dalam artikel kali ini saya minta maaf dan semoga bisa dimaklumi. Terimakasih banyak atas kunjunganmu hari ini, jangan lupa untuk mempelajari jenis Conjunction yang lain supaya pemahamanmu makin mantap. Saya akhiri sampai di sini, silahkan lanjutkan dengan pembahasan materi grammar tentang Copula Dalam Bahasa Inggris Beserta Jenis Dan Contohnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Correlative Conjunction Bahasa Inggris – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-correlative-conjunctions – Diakses tanggal 19 Oktober 2019
  2. Correlative Conjunctions – https://grammar.yourdictionary.com/parts-of-speech/conjunctions/correlative-conjunctions.html – Diakses tanggal 19 Oktober 2019
  3. The Correlative Conjunction – http://www.chompchomp.com/terms/correlativeconjunction.htm – Diakses tanggal 19 Oktober 2019
  4. Correlative Conjunctions – https://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/conjunctions/correlative-conjunctions/ – Diakses tanggal 19 Oktober 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *