Copula Dalam Bahasa Inggris Beserta Jenis Dan Contohnya


Istilah “Copula” dalam lingkup pelajaran Bahasa Inggris mungkin merupakan hal yang jarang kita dengar. Padahal penggunaan verb (kata kerja) yang termasuk kedalam “Copula” ini termasuk kemampuan dasar yang kita pelajari saat kita pertama kali berkenalan dengan Bahasa Inggris. Namun memang istilahCopula” tidak dikenalkan pada kita di sekolah. Alasannya mungkin karena istilah ini terlalu bersifatlinguistic” untuk dibawa ke lingkungan pelajar. Alhasil kita selama ini lebih mengenalnya dengan istilah “Linking Verb”, “Verb Be”, atau yang lebih umum lagi “To Be”. Nah, kalau sudah begini tentu sobat semua sudah langsung paham seperti apa yang disebut dengan Copula dalam Bahasa Inggris itu.

Tidak semua bahasa di dunia memiliki Copula. Dalam Bahasa Inggris, yang tergolong kedalam Copula utamanya adalah verb To Be (contoh: is, am, are). Namun ternyata ada pula beberapa verb lain yang memiliki kemiripan fungsi dengan verb To Be dan akhirnya juga dimasukkan kedalam golongan Copula yang terkadang disebut dengan semi-copula. Nah, menurut saya, di sinilah bahasannya jadi penting untuk kita perhatikan dan coba pelajari dengan serius. Jika kamu penasaran, langsung saja deh baca selengkapnya di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Copula Dalam Bahasa Inggris Beserta Jenis Dan Contohnya

Pengertian Copula

Copula adalah kata kerja yang menghubungkan subjek kalimat atau klausa dengan subject complement (pelengkap subjek: berisi keterangan tentang subjek). Di dalam bahasa Inggris, Copula disebut juga dengan linking verb. Sesuai dengan namanya, linking verb atau copula berfungsi sebagai penghubung antara subject dengan bagian complement yang berisi informasi yang menerangkan subjek tersebut. Perhatikan contoh berikut:

Related: Daftar Irregular Verb Lanjutan Serta Bentuk Perubahannya

Contoh: Kirana is cute.

Dalam contoh di atas yang merupakan Copula adalah “is”, yang biasa kita kenal sebagai salah satu bentuk “to be”. Jika kita perhatikan, kata “Cute” merupakan informasi yang menerangkan bagaimana penampilan si subjekKirana”. Nah di sinilah peran Copula muncul, dimana ia menjadi penghubung antara informasi tentang subject dengan subject nya. Bagaimana sobat, sederhana kan?

Berdasarkan keterangan di atas, bisa kita simpulkan bahwa copula bukanlah action verb (kata kerja yang merujuk pada adanya kegiatan tertentu). Pada action verb, si subjek melakukan kegiatan misalnya memotong, membakar, mencangkul, menyiram, dan sebagainya. Saat kita menggunakan action verb, seringkali kita membutuhkan objek sebagai target atau sasaran atas kegiatan kita. Misalnya seperti memotong pohon. Kata memotong merupakan action verb, sementara pohon merupakan objeknya.

Konsep Copula sepertinya juga ada dalam Bahasa Indonesia. Misalnya saja penggunaan kata-kata seperti merasa, menjadi, terlihat dsb. Saat kita gunakan dalam kalimat, kata kerja tersebut tidaklah memerlukan objek, contohnya seperti ini; Saya merasa sedih, langit menjadi gelap, dia terlihat baik, dsb. Sayangnya, dalam Bahasa Indonesia, kita tidak mengenal konsep kata kerja be, sehingga inilah yang membuat orang kesulitan untuk memahaminya.

Beberapa verb dalam Bahasa Inggris ada juga yang memiliki peranan seperti to be dan diikutsertakan juga dalam golongan Copula, misalnya saja seperti kata become, get, feel, seem, smell dan sebagainya. Jika kita perhatikan, kosakata ini mirip ya dengan kata kerja dalam Bahasa Indonesia yang baru saja kita bahas di atas, dan konsep penggunaannya pun sebenarnya sama.

Contoh: The sky gets dark so quickly. (Langit menjadi gelap dengan sangat cepat.)

Untuk membantu sobat dalam memahami konsep penggunaan verb sebagai Copula, coba sobat bandingkan contoh kalimat di atas dengan kalimat berikut ini yang sama-sama menggunakan verbGet”.

Contoh: Aliska gets $5 per day from her job at the petshop. (Aliska mendapatkan $5 per hari dari pekerjaannya di toko hewan itu.)

Bagaimana sobat, sudah nampak ya perbedaannya. Di kalimat pertama, saat kata “Get” berfungsi sebagai Copula, kata “Get” hanya berperan sebagai penghubung informasi antara subject dengan subject complement nya (dikenal juga dengan sebutan Resulting Copula), sedangkan dalam contoh kedua, kata “Get” berperan sebagai aksi dimana ia menerangkan bahwa Subject memperoleh sesuatu (object), yang dalam hal ini adalah “$5”.

Copula Construction

Dalam menyusun kalimat dengan menggunakan copula, tentunya kita perlu memperhatikan konstruksi alias polanya agar sesuai dengan kelaziman yang ada. Sebenarnya, jika itu kata kerja be, maka menyusun kalimatnya sangatlah mudah. Sementara itu, untuk kata kerja lain yang memang termasuk linking verb, tentunya butuh ketelitian tersendiri.

Pada umumnya, terdapat 3 komponen utama dalam konstruksi kalimat dengan copula, yaitu subjek, copula, dan pelengkap. Namun tidak jarang ada penghilangan salah satu komponen tersebut dalam membentuk kalimat. Berikut ini adalah pola atau konstruksi dalam menyusun kalimat dengan menggunakan copula.

Pada kalimat positif, konstruksi kalimat yang menggunakan copula adalah subjek + copula + pelengkap. Copula bisa berupa kata kerja be dan kata kerja lainnya.

Jonah and Rossi are my friends.

The storm became bigger and bigger.

Pada kalimat tanya, konstruksi kalimat yang menggunakan copula adalah copula + subjek + pelengkap.

Are you sad?

Pada kalimat inverse atau kebalikan, konstruksi kalimat yang menggunakan copula adalah pelengkap + copula + subjek.

In the box were five pens

Pada frasa tertentu dan kalimat perintah, seringkali subjek dihilangkan. Jadi, konstruksi yang digunakan adalah copula + pelengkap.

Participial phrase: being old

Infinitive phrase: to be old

Imperative sentences: be brave!

Jenis Copula

Setelah kita paham konsep Copula dan cara menggunakannya, kini saatnya kita mempelajari jenis Copula yang ada dalam Bahasa Inggris. Mengetahui tipe atau jenis Copula akan bisa membantu kita dalam mengingat kosakata apa saja yang tergolong di dalamnya.

Verb of Being

Kata kerja yang menunjukkan keadaan dari subjek kalimat. Kata kerja ini terdiri atas: verb to be (was, were, is, am, are, be) appear, become, continue, appear, grow, prove, remain, turn, prove, dsb.

Verb of Sensation

Kata kerja yang berhubungan dengan panca indera kita. Kata kerja ini terdiri atas: smell, sound, feel, taste, look.

Contoh Copula

Berikut ini adalah contoh penggunaan copula dalam kalimat. Perlu dicatat, bahwa kata kerja pada contoh di bawah ini merupakan copula yang lazim digunakan.

act “Johan acted strange.”

appear “His name appears in the contract.”

be “Johan is a swimmer.”

become “Johan became happy.”

come “The prediction came at bad time”

come out “The sun came out.”

constitute “The set of winnings constitute the greatest achievement.”

die “She died horribly.”

eat “She eats fast.”

emerge “The five stones emerged from the ocean.”

end up “the tasks ended up a mess.”

get “My friend got mad after the incident.”

go “The shows go crazy and spectacular”

grow “The sales points grew rapidly.”

feel “Jihan felt bad about it.”

keep “George kept silent.”

look “Eka looks beautiful in that outfit.”

play “The victims played dead to get money.”

prove “The cat’s behavior proves easy to understand.”

remain “Sunny remained unhappy for her life.”

seem “My daddy seems happy for his birthday gift.”

shine “Their smile shines bright and beautiful.”

smell “The foods smells good.”

sound “The news sounds bad since she cries a lot.”

stay “I stay cool at this moment.”

take “John and Joshua took chill.”

taste “The chicken noodles tastes delicious.”

turn “Jim’s face turned red when he heard the news.”

Selesai sudah pembahasan materi kita tentang Copula kali ini, saya harap penjelasan yang saya sajikan bisa dipahami dengan mudah dan bisa menambah wawasan sobat dalam bidang Bahasa Inggris. Terimakasih banyak atas waktu yang sudah kamu luangkan, sampai jumpa lagi dalam materi menarik lainnya. Jangan ragu untuk bertanya lewat kolom komentar jika ada hal yang masih membuatmu bingung. Silahkan kunjungi artikel terbaru saya yang berjudul Pidato Bahasa Inggris Dengan Berbagai Tema Beserta Artinya.

Referensi:

  1. Copula (linguistic) – https://en.wikipedia.org/wiki/Copula_(linguistics) – Diakses tanggal 17 Oktober 2019
  2. Pengertian, Macam, dan Contoh Kalimat Copula – https://www.wordsmile.com/copula – Diakses tanggal 17 Oktober 2019
  3. List of English Copulae – https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_English_copulae – Diakses tanggal 17 Oktober 2019
  4. Definitions and Examples of Copular Verbs – https://www.thoughtco.com/what-is-copula-copular-verb-1689934 – Diakses tanggal 17 Oktober 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *