Contoh Verb Phrase Dan Penjelasannya Yang Paling Sederhana


Apa sih verb phrase itu ? awalnya saya juga bertanya tanya sobat, tapi kemudian setelah mencari kesana kemari saya akhirnya menemukan jawabannya. Jadi ternyata ada dua pengertian verb phrase, yang pertama itu berdasarkan traditional grammar dan yang kedua berdasarkan generative grammar.

Menurut traditional grammar, verb phrase itu adalah kelompok kata yang terdiri dari kata kerja utama (main verb) dan kata kerja bantu (auxiliary verb). Misalnya saja : will go, has worked, had married, is watching, are playing, dan sebagainya. Sedangkan menurut generative grammar verb phrase itu adalah kelompok kata yang terdiri dari kata kerja utama (main verb) beserta semua elemen pelengkapnya seperti : auxiliary verb, direct object, indirect object, atau modifier (adjective, adverb). Misalnya saja : will go abroad, has just been raining, dan sebagainya.

Nah, dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari hal hal yang berhubungan dengan verb phrase tersebut. Mulai dari pengertian verb phrase, hingga contoh verb phrase dalam kalimat. Semua penjelasan tersebut akan kami coba kemas dengan bahasa dan keterangan keterangan yang paling sederhana, agar bisa dimengerti dengan mudah oleh sobat semua. Selamat membaca yaa. – Bigbanktheories.com

Related: Contoh Kalimat Kombinasi Noun Dengan Preposition
Contoh Verb Phrase

Verb Phrase Dalam Bahasa Inggris

Pahami Pengertian Verb Phrase Dengan Jelas

Setiap kalimat harus memiliki verb atau kata kerja. Untuk menggambarkan suatu tindakan kita menggunakan Action Verb, sedangkan untuk menggambarkan suatu kondisi kita menggunakan Linking Verbs. Perhatikan contoh berikut ini :

My uncle smells the Meat Ball. (action verb)

The trash bin smells bad. / The smell of the trash bin is bad. (linking verb)

Pada kalimat pertama kata “smells” merupakan tindakan (action) yang dilakukan oleh subject”My uncle”. Sedangkan dalam kalimat kedua yang sedang digambarkan adalah kondisi, pada kasus yang satu ini kita bisa mengemasnya dalam dua bentuk. Dalam bentuk pertama, linking verb nya adalah “smells” dan dalam bentuk kedua linking verb nya adalah “is”.

Verb phrase akan membawa verb kedalam bentuk yang lebih kompleks dengan menggabungkan verb, auxiliary verb, object, atau modifier (adjective, adverb). Hal ini berguna untuk memberikan keterangan yang lebih rinci terhadap suatu kejadian atau kondisi. Misalnya dalam contoh berikut :

He is disobeying the speed limit.

Kita mungkin mengenal pola kalimat seperti di atas sebagai bentuk kalimat Present Continuous Tense. Nah jika kita perhatikan lebih teliti lagi, memang kondisi yang sedang digambarkan oleh kalimat tersebut ternyata cukup rinci,karena dalam contoh ini yang digambarkan adalah situasi yang sedang terjadi saat pembicara mengucapkannya. Penggambaran yang lebih rinci inilah yang dapat kita capai dengan menggunakan verb phrase.

Contoh Verb Phrase Dan Penjelasannya

Seperti pengertian verb phrase yang sudah disampaikan diatas, sebuah verb phrase akan berisi verb dan elemen tambahan yang bisa berupa auxiliary verb, object, ataupun modifier. Berikut ini adalah contoh verb phrase dalam kalimat beserta penjelasannya.

My mother is writing a letter.

Verb phrase : is writing

Those rare collectible item may be worth millions.

Verb phrase : may be worth

You can use my cellphone.

Verb phrase : can use

My father has worked at that School since 1995.

Verb phrase : has worked

I will be thinking about you.

Verb phrase : will be thinking.

Gimana sobat, agak membingungkan ya ? hehe wajar wajar saja kalau masih agak bingung, karena memang materi ini mungkin tidak kamu temui di sekolah. Tapi bagi kamu yang mempelajari pengertian verb phrase dan contohnya ini, akan sangat baik untuk membantu pemahamanmu tentang materi tenses Bahasa Inggris. Kita akhiri sampai disini dulu ya sobat, jangan terlalu capek belajar, usahakan untuk mengistirahatkan otak sejenak dengan melakukan gerakan gerakan olahraga ringan dan menikmati hiburan. Tetap semangat selalu, salam hangat Tim Bigbanktheories.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *