Contoh Soal Dan Penjelasan Lengkap Tentang Part Of Speech


Halo temen-temen, Terimakasih sudah berkunjung lagi ke Bigbanktheories.com

Materi yang akan kita bahas kali ini adalah tentang Part of Speech. Temen-temen ada yang sudah mengenal istilah part of speech dalam Bahasa Inggris ini? Bagus sekali ya bagi yang sudah mengenal dan mempelajari materi ini. Mengapa begitu? Karena, materi tentang part of speech ini adalah pengetahuan yang sangat mendasar bagi orang yang ingin mempelajari Bahasa Inggris.

Hal mendasar yang kita pelajari saat belajar sebuah bahasa adalah mempelajari kosakatanya atau dalam Bahasa Inggrisnya kita sebut Vocabulary. Nah, materi part of speech ini adalah materi tentang pengelompokan vocabulary atau kosakata dalam Bahasa Inggris. Oleh karena itulah temen-temen, mengetahui penjelasan lengkap tentang materi part of speech sangat penting bagi kita. Oh ya, jika temen-temen ingin menguji penguasaan kosa kata yang temen-temen miliki, temen-temen bisa mencoba mengerjakan Contoh Soal Vocabulary yang sudah tersedia di website ini.

Related: Focusing Adverb Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Penggunaannya

Ayo temen-temen, kita pelajari bersama materi tentang part of speech beserta contoh-contohnya dalam kalimat berikut ini.

Contoh Soal Tentang Part Of Speech

Contoh Soal Part Of Speech

Penjelasan Dan Contoh Part Of Speech Dalam Kalimat

Dalam Bahasa Inggris terdapat banyak sekali kata-kata dan semakin bertambah jumlahnya dari hari ke hari. Berdasarkan penggunaan dan fungsinya, kata-kata ini dikelompokkan menjadi 8 golongan atau tipe. Kelompok kata atau golongan kata inilah yang kita sebut dengan Part Of Speech. Semua kata Bahasa Inggris bila kita lihat di dalam kamus, dan kita telusuri pasti akan termasuk kedalam salah satu kelompok kata atau part of speech ini.

Berikut ini adalah delapan kelompok kata atau part of speech tersebut beserta contohnya:

  1. Noun : Kata Benda

Kata benda adalah kata-kata yang digunakan untuk menamai orang, hewan, tempat, tumbuhan dan benda-benda lainnya. Materi tentang kata benda adalah materi yang tergolong paling mudah diantara materi part of speech lainnnya, itulah sebabnya umumnya kata bendalah yang pertama kali dikenalkan pada anak usia dini saat belajar Bahasa Inggris.

Contoh : Flower – I want to give some flowers to my mother tomorrow.

  1. Pronoun : Kata Ganti

Pronoun adalah kata yang berfungsi sebagai pengganti kata benda. Pronoun biasanya digunakan denga tujuan agar tidak perlu menggunakan kata benda berulang-ulang. Yang termasuk kedalam pronoun adalah : I, It, She, He, We, They, Mine, His, Hers, Theirs, Ours.

Contoh : She – Kiki is my sister. She is very smart.

  1. Adjective : Kata Sifat

Adjective atau kata sifat adalah kata yang digunakan untuk menjelaskan noun atau pronoun. Kata sifat dapat menjelaskan kualitas, ukuran dan bahkan jumlah dari suatu kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun)

Contoh : Beautiful – Kiki is very beautiful.

  1. Adverb : Kata Keterangan

Adverb hampir sama dengan adjective, keduanya memiliki fungsi menjelaskan kata lain. Bedanya adalah, adverb berfungsi untuk menjelaskan adjective (kata sifat), verb (kata kerja), atau adverb lainnya.

Contoh : Yesterday (adverb of time) – My sister came yesterday.

  1. Verb : Kata Kerja

Verb atau kata kerja bisa dikatakan sebagai bagian terpenting dari part of speech. Mengapa begitu? Karena syarat terpenting dari sebuah kalimat adalah harus adanya kata kerja atau verb. Jadi tanpa ada kata kerja, tidak akan ada sebuah kalimat. Sedangkan untuk pengertiannya sendiri, kata kerja adalah kata yang menunjukan suatu aksi atau perbuatan.

Sebenarnya Verb dapat dibedakan kedalam 2 jenis part of speech yang berbeda, namun dapat juga dianggap menjadi satu dalam satu kelompok part of speech saja. Untuk menambah pengetahuan kita, berikut ini adalah pembagian jenis verb tersebut :

  1. Lexical/Ordinary Verb, contohnya : run, walk, sit
  2. Auxiliary/Helping Verb, contohnya : to be, have, must

Contoh : Run – I run around the house.

  1. Preposition : Kata Depan

Preposition atau kata depan adalah kata yang merujuk atau menerangkan kata kerja, kata benda, penunjuk posisi dan pergerakan, penunjuk tempat, penunjuk waktu, serta penunjuk ekspresi pengecualian.

Contoh : For – Last week the rich man asked for the most expensive cuisine in the restaurant.

  1. Conjunction : Kata Sambung

Kata sambung adalah kata yang menggabungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, atau klausa dengan klausa menjadi satu. Yang termasuk kedalam conjunction misalnya : and, yet, but, for, or dan so.

Contoh : And – He can play guitar and keyboard.

  1. Interjection : Kata Seru

Kata seru adalah kata untuk seru-seruan, hehehe becanda temen-temen ayoo jangan terlalu serius bacanya, nanti pusing lho, relax sejenak, tarik nafas dalam-dalam, lalu hembuskan lewat hidung sambil gerakan hidungnya kembang-kempis hehe, sekarang balik lagi ke materi ya.

Interjection atau kata seru adalah kata-kata yang merupakan ekspresi dari emosi atau perasaan. Pada umumnya interjection digunakan untuk mengungkapkan emosi yang kuat, oleh karena itu, umumnya interjection akan diikuti dengan exclamation point atau tanda seru.

Contoh : Ouch! – Ouch! It hurts.

Teruslah Berlatih Untuk Mengenal Part Of Speech

Penjelasan singkat diatas sudah dirangkum dari beberapa sumber, dan diambil poin-poin pentingnya. Mudah-mudahan temen-temen bisa lebih mudah untuk memahami materi part of speech ya, nah sekarang saatnya temen-temen mengerjakan latihan soal tentang part of speech berikut ini.

Contoh Soal Part Of Speech Beserta Jawabannya

Berikut ini sudah disediakan 5 soal tentang part of speech dalam bentuk essay. Silahkan temen-temen kerjakan dan periksa hasilnya dengan mencocokan denga kunci jawaban pada bagian akhir artikel ini. Untuk mengerjakannya, temen-temen hanya perlu menentukan kata yang bergaris bawah, termasuk kedalam part of speech yang mana.

  1. I put the book on the table.
  2. I don’t like Harry. He is arrogant.
  3. My father bought an expensive car.
  4. He plays the piano beautifully.
  5. I read the letter repeatedly.

Jawaban :

  1. Noun
  2. Pronoun
  3. Adjective
  4. Adverb
  5. Verb

Okedeh temen-temen, sekian dulu materi kali ini, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *