Contoh Soal Dan Penjelasan Lengkap Tentang Noun Dan Jenisnya


Halo temen-temen, apakah temen-temen sedang mempelajari materi dan penjelasan tentang noun dalam Bahasa Inggris? Jika iya, cobalah baca artikel tentang penjelasan lengkap noun berikut ini, mungkin artikel ini dapat sedikit membantu temen-temen supaya lebih mudah dalam memahami materi tentang noun dan jenisnya.

Dalam artikel ini setelah bagian penjelasan materi Bahasa Inggris tentang noun, telah saya sediakan juga beberapa soal tentang noun yang dapat memberikan gambaran lebih jelas bagi teman-teman akan hal-hal apa sajakah yang perlu teman-teman pahami dalam mempelajari materi Bahasa Inggris tentang noun dan jenis-jenisnya.

Sekarang, ayoo kita pelajari bersama penjelasan tentang noun dan jenisnya serta contoh-contoh penggunaan noun dalam kalimat Bahasa Inggris berikut ini. – Bigbanktheories.com

Related: Direct Dan Indirect Questions Dalam Bahasa Inggris

 

Contoh Soal Tentang Noun

Noun

Penjelasan Lengkap Noun Dan Jenisnya Dalam Bahasa Inggris

Seperti yang sudah pernah kita bahas pada materi sebelumnya, Noun atau yang dalam Bahasa Indonesia kita sebut dengan kata benda, adalah salah satu bagian dari Part Of Speech dalam Bahasa Inggris. Pada penjelasan tentang part ofspeech kemarin, telah diterangkan juga secara singkat bahwa Noun adalah kata yang digunakan untuk menamai benda, baik benda mati seperti kursi, lemari, meja dan sebagainya, maupun benda hidup, seperti hewan, tumbuhan, dan manusia. Jadi kalau begitu, nama kita juga termasuk kata benda? Ya, benar sekali temen-temen, nama kita termasuk kata benda. Waah, temen-temen cepat sekali ya memahami materi tentang noun ini.

Jika dilihat dari sudut pandang grammar Bahasa Inggris, kata benda juga bisa di definisikan sebagai berikut: Noun atau kata benda adalah semua hal yang dapat menjadi subjek, objek, objek tambahan, objek preposisi dalam sebuah kalimat dan juga kata benda kepunyaan.

Noun bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu concrete noun dan abstract noun. Concrete noun adalah kelompok kata benda yang memiliki wujud nyata, atau singkatnya, sebuah kata benda yang digolongkan kedalam concrete noun adalah kata benda yang wujudnya dapat dilihat dan disentuh secara langsung, contohnya : computer, wall, biscuit, water dan sebagainya. Sedangkan abstract noun adalah kebalikan dari concrete noun, dan merupakan kelompok kata benda yang tidak memiliki wujud atau abstrak, contohnya : beauty, wealth, joy dan sebagainya.

Kata benda yang termasuk dalam concrete noun dapat digolongkan lagi menjadi 4 jenis, diantaranya adalah : common noun, proper noun, collective noun, dan compound noun. Penjelasan untuk masing-masing golongan tersebut adalah sebagai berikut :

Common noun – mengacu pada hal-hal yang umum (common) atau biasa, misalnya saja : kursi, meja, dan lemari.

Proper noun – menunjukkan identitas diri, kelompok, perusahaan, kota, Negara, sekolah atau tempat lainnya. Pada proper noun ada aturan khusus, yaitu penulisannya diawali dengan huruf capital, misalnya : Kiki (nama orang), Pizza Hut (nama restoran), Bandung (nama kota), Indonesia (nama Negara), dan National University of Singapore (nama universitas).

Collective noun – merujuk pada benda-benda majemuk, benda majemuk disini maksudnya benda yang dirujuk tersebut berupa sekumpulan atau sekelompok hal tertentu. Misalnya saja : committee (panitia).

Compound noun – menunjuk pada dua kata benda yang digabung dan umumnya bersifat jamak. Misalnya : travel agents (pengusaha jasa perjalanan).

Kata benda yang termasuk kedalam abstract noun dapat berupa kata tunggal seperti beauty (kecantikan) dan joy (kesenangan), dan dapat juga dibentuk dari kata kerja, kata sifat dan sebagainya.

Kata kerja (Verb) bisa diubah menjadi abstract noun dengan menambahkan akhiran –ment (Enrolment), -ion (Action), -tion (Duplication), -ance (Resonance), -t (Complaint), -y (Discovery), -ing (Writing) dan sebagainya.

Kata sifat (Adjective) bisa diubah menjadi abstract noun dengan menambahkan akhiran –ness (loneliness).

Sekarang saatnya temen-temen menguji pemahaman tentang materi Noun diatas dengan mengerjakan soal latihan tentang Noun berikut ini.

Contoh Soal Tentang Noun Dalam Bahasa Inggris

Petunjuk : Ubahlah kata-kata yang ada di dalam tanda kurung menjadi kata benda yang tepat untuk melengkapi kalimat.

1. Yesterday, Kiki went to the English (depart) in the University to follow a TOEFL test.

2. My father needs a full time rest during his (recover).

3. The (associate) of football in my regency celebrate its 16th Anniversary.

4. Can you show me the (enter) of that building?

5. A (happy) that you get from your family will last forever.

Jawaban :

  1. Department
  2. Recovery
  3. Association
  4. Entrance
  5. Happiness

Oke deh temen-temen, itulah tadi pembahasan kita tentang Penjelasan Materi Noun Serta Contoh Soalnya. Semoga penjelasan diatas bisa dipahami dengan mudah dan bisa menambah pengetahuan temen-temen tentang Materi Bahasa Inggris. Sampai Jumpa di artikel lainnya.

Referensi :

  1. All About Grammar – 2. Noun (Kata Benda) – ( Pratiwi, Andhika., Fitria, Mayasari & Gartika, Rahmasari. (2010). 100% Best Guide To TOEFL. Jakarta: Laskar Aksara.
  2. What Is A Noun ? – http://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/nouns/ – diakses tanggal 21 Februari 2016
  3. Noun – http://dictionary.reference.com/browse/noun – diakses tanggal 21 Februari 2016
  4. What Are Nouns? Definition, Types & Examples – http://study.com/academy/lesson/what-are-nouns-definition-types-examples.html – diakses tanggal 21 Februari 2016

2 THOUGHTS ON “Contoh Soal Dan Penjelasan Lengkap Tentang Noun Dan Jenisnya”

  1. ohh jadi gitu 😀 maklum ane belum paham bahasa inggris :v


    1. hehe, ayoo sering-sering berkunjung kesini bro, mudah-mudahan artikel yang ada disini bisa membantu ya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *