Contoh Report Text Pendek Tentang Katak Dan Terjemahannya


Contoh report text pendek kali ini akan membahas tentang Katak. Sebelum kita melangkah lebih jauh ke pembahasan materi, ada baiknya saya meyakinkan terlebih dahulu bahwa kita memiliki pemahaman yang sama saat mendengar kata “Katak”. Karena saya pun baru tau bahwa ternyata Katak dan Kodok itu berbeda, dan yang akan kita bahas dalam contoh report text Bahasa Inggris kali ini adalah Katak dan bukan Kodok. Lalu dimanakah letak perbedaan antara keduanya? Bagi sobat yang belum tau, kami akan coba menjelaskan secara singkat ya. Katak umumnya berkulit mulus atau licin atau halus dan cenderung memiliki warna yang cerah sedangkan Kodok kulitnya  tidak rata dan terdapat banyak bintil bintil.

Report text tentang Katak ini termasuk kedalam 42 Contoh Report Text Singkat Tentang Hewan Beserta Artinya yang sengaja kami sediakan bagi sobat pelajar di tingkat SMP yang baru mengenal materi tentang teks laporan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Mengapa tema hewan yang kami dahulukan dalam contoh report text yang ada di website ini? Alasannya adalah karena menurut kami kita perlu mengenal hewan serta lingkungan sejak kita masih anak anak, agar tumbuh rasa kepedulian dalam diri kita terhadap alam tempat kita hidup. Selain itu sumber informasi yang bisa di akses yang membahas tentang hewan ada banyak sekali, sehingga kami yakin akan lebih mudah bagi siswa untuk memahami serta mengembangkanya. – Bigbanktheories.com

Report Text Bahasa Inggris Tentang Katak

Contoh Report Text Pendek Tentang Katak Dan Terjemahannya

Contoh Report Text Tentang Katak (Frog)

Setelah kita mengetahui bahwa Katak dan Kodok itu berbeda, pastinya kita penasaran ya, apakah dalam Bahasa Inggrisnya keduanya disebut dengan satu nama yang sama atau tidak? Ternyata keduanya memiliki sebutan yang berbeda. Dalam Bahasa Inggris, Katak biasanya dikenal dengan sebutan “Frog”, sedangkan Kodok disebut dengan “Toad”. Karena sekarang sobat sudah tau perbedaannya, ayo langsung saja kita simak contoh report text pendek tentang Katak berikut ini.

Related: Pengertian, Generic Structure Dan Contoh Descriptive Text

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Report Text Terbaru Yang Wajib Kamu Baca

Frog

Frog is four-legged carnivorous tailles amphibian. They are well known for their exceptional skill in jumping. There are more than 4.700 species of frogs in the world with the greatest concentration is in the tropical rainforests. They can live in various habitat such as fresh water, dry land, underground burrows and on the trees.

They start their live in the form of embryos surrounded by gelatinous material. This group of eggs usually called as frogspawn. The fertilization process happen outside the body of the adult frog, usually it happens on the water. After that, the eggs will hatch and babies frog come out of it, they are called as tadpole. They have an oval bodies and a flat tail without any legs at all. The next stage, the tadpoles will undergo a metamorphosis stage to turn into adult frog. During this stage, the legs will grow and the tail will shrink until they have no tails anymore.

Their hind legs are longer than their front legs. It helps them to jump. They can fold it and stretch it when they need it. They have webbed toes on each feet which help them in swimming. There is no claws on it. Their eyes are large and it is located on top of their skull. Most of them have a smooth and colorful skin. This skin is highly permeable that oxygen can pass through it and function as a respiratory organ which allow them to survive in a place without access to the air.

Terjemahan Contoh Report Text Tentang Katak

Katak

Katak adalah amphibi tak berekor pemakan daging yang berkaki empat. Mereka dikenal dengan kemampuan luar biasa mereka dalam melompat. Terdapat lebih dari 4.700 spesies katak di dunia dengan konsentrasi terbanyak di hutan hujan tropis. Mereka dapat hidup di berbagai habitat seperti air tawar, tanah kering, liang bawah tanah dan di atas pepohonan.

Mereka memulai kehidupan mereka dalam bentuk embrio yang dikelilingi oleh bahan seperti agar agar. Kelompok telur ini biasanya disebut dengan “frogspawn”. Proses pembuahan terjadi di luar tubuh katak dewasa, biasanya itu terjadi di permukaan air. Setelah itu, telur telur ini akan menetas dan bayi katak keluar dari sana, mereka disebut dengan berudu. Mereka memiliki tubuh oval dan ekor yang datar tanpa ada kaki sama sekali. Tahapan selanjutnya, berudu ini akan melalui tahap metamorfosis untuk berubah menjadi katak dewasa. Selama masa ini, kaki akan tumbuh dan ekor mereka akan menyusut hingga mereka tidak memiliki ekor lagi.

Kaki belakang mereka lebih panjang daripada kaki depan mereka. Ini membantu mereka untuk melompat. Mereka bisa melipat dan merentangkan itu saat mereka membutuhkannya. Mereka memiliki jari kaki yang berjaring di masing masing kaki yang membantu mereka dalam berenang. Tidak ada kuku pada kaki mereka. Mata mereka besar dan itu terletak di atas tengkorak mereka. Sebagian besar dari mereka memiliki kulit yang halus dan penuh warna. Kulit ini bersifat sangat mudah ditembus air sehingga oksigen bisa melaluinya dan berfungsi sebagai organ pernapasan yang memungkinkan mereka untuk bertahan di sebuah tempat tanpa akses udara.

Baiklah sobat, selesai sudah contoh report text pendek tentang Katak kali ini, semoga bermanfaat dan bisa dipahami dengan mudah ya. Terimakasih atas kunjungannya, sampai ketemu lagi dalam kesempatan lainnya. Jika sobat ada waktu, coba baca juga tulisan terbaru kami yang berjudul Contoh Report Text Singkat Tentang Lumba Lumba Dan Artinya.

Referensi:

  1. Kodok dan Katak – https://id.wikipedia.org/wiki/Kodok_dan_katak – Diakses tanggal 25 Nopember 2017
  2. Frog – https://en.wikipedia.org/wiki/Frog – Diakses tanggal 25 Nopember 2017
  3. Ini 10 Perbedaan Kodok dan Katak – https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20161013105704-445-165233/ini-10-perbedaan-kodok-dan-katak/ – Diakses tanggal 25 Nopember 2017
  4. Basic Facts About Frogs – https://defenders.org/frogs/basic-facts – Diakses tanggal 25 Nopember 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *