Contoh Question Words Serta Fungsinya Dalam Kalimat


Question words adalah kata kata berikut ini : What, Where, When, Why, Which, Who, Whom, Whose dan How. Apa alasannya kata kata tersebut termasuk dalam question words? Mari kita cermati bersama, jika kita terjemahkan menggunakan kamus, “question” artinya pertanyaan, dan “words” artinya kata kata. Jadi bisa dikatakan bahwa question words artinya kata kata tanya. Nah jika kita mendengar seseorang mengucapkan salah satu kata di atas, tentunya ucapan orang tersebut merupakan sebuah pertanyaan bukan? Inilah sebabnya beberapa kata dalam daftar di atas disebut sebagai question words dalam Bahasa Inggris.

Meskipun berbeda beda, namun semua kosakata yang masuk kedalam question words memiliki dasar yang sama yaitu untuk melontarkan pertanyaan atau untuk mendapatkan informasi. Informasi seperti apa yang kita cari dengan menggunakan kata kata tersebut? Tentunya tergantung dengan kata apa yang kita gunakan, karena informasi yang akan kita peroleh inilah yang membedakan fungsi antara satu question words dengan yang lainnya. Ayo kita pelajari bersama. – Bigbanktheories.com

Rumus Question Word

Contoh Question Words Dalam Bahasa Inggris

Contoh Question Words Dan Fungsinya

Question words adalah kata yang kita gunakan untuk menanyakan atau mendapatkan informasi tertentu. Umumnya kita juga mengenalnya dengan istilah WH questions, hal ini sangat wajar, karena semua kata yang termasuk dalam question words memiliki huruf “W” dan “H” di dalamnya.

Related: First Person, Second Person Dan Third Person Dalam Grammar

Bagi sebagian orang question words dan WH question itu adalah hal yang sama, dan memang benar kita memang membahas hal yang sama. Tapi menurut pemahaman kami seperti ini sobat, WH questions adalah tipe pertanyaan yang diawali dengan question words, sedangkan question words sendiri adalah kosakata yang mengawali sebuah WH question. Jika melihatnya dengan cara seperti ini sedikit ada perbedaan ya antara keduanya.

Oke deh agar tidak berlarut larut, ayo kita lihat contoh question words beserta fungsinya berikut ini.

What – Menanyakan benda atau hal tertentu

What is that? (Apa itu?)

When – Menanyakan waktu

When did she leave? (Kapan dia pergi?)

Where – Menanyakan lokasi atau letak sesuatu

Where do you live? (Dimana kamu tinggal?)

Which – Menanyakan pilihan atau opsi

Which one do you want? (Mana yang kamu inginkan?)

Who – Menanyakan orang (subject)

Who closed the window? (Siapa yang menutup jendela?)

Whom – Menanyakan orang (object)

Whom did you meet yesterday? (Siapa yang kamu temui kemarin?)

Whose – Menanyakan kepemilikan

Whose pen is this? (Milik siapa pena ini?)

Why – Menanyakan alasan

Why did you take his phone? (Mengapa kamu mengambil telepon nya?)

How – Menanyakan cara

How do you operate this blender? (Bagaimana caramu menggunakan blender ini?)

Itulah tadi sobat contoh kalimat menggunakan question words beserta fungsinya. Biasanya beberapa question words tersebut akan dikembangkan lagi untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik dengan cara menambahkan kata sifat (adjective), kata keterangan (adverb), ataupun preposition. Contohnya saja kata “how” diberi tambahan adjective “old” menjadi “how old” yang fungsinya untuk menanyakan usia seseorang. Penambahan kata pada question words seperti contoh tersebut akan memberi variasi makna pada kalimat. Oke sobat, kami akhiri sampai disini pembahasan materi kali ini, kami minta maaf jika ada kesalahan dalam penyampaiannya. Semoga meteri ini bisa dipahami dengan mudah. Sampai jumpa lagi.

Referensi :

  1. WH Question Words – https://www.englishclub.com/vocabulary/wh-question-words.htm – Diakses tanggal 28 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *