Contoh Narrative Text Tentang Cindelaras Dan Terjemahannya


Halo sobat, siang ini saya akan menampilkan sebuah contoh narrative text dalam bentuk cerita rakyat nusantara tentang Cindelaras yang terkenal dengan ayam jago nya yang sakti. Dulu, waktu saya masih anak-anak, cerita rakyat dari Jawa Timur ini sudah berapa kali dikemas dalam bentuk film kartun yang ditayangkan di televisi. Namun sayang saat ini sudah sangat jarang sebuah stasiun TV mau mengangkat dongeng seperti ini sebagai salah satu sajiannya. Karena kondisi ini, saya ingin mengenalkan kembali cerita-cerita rakyat nusantara yang sangat menarik dan penuh makna ini melalui contoh narrative text Bahasa Inggris yang sudah pasti diperlukan juga oleh pelajar, khususnya di tingkat SMP.

Cerita rakyat Cindelaras dalam Bahasa Inggris ini adalah bagian dari 20 Contoh Narrative Text Panjang Dalam Bentuk Cerita Rakyat. Untuk sobat yang saat ini sedang mencoba mengemas sebuah cerita rakyat kedalam Bahasa Inggris, coba deh kunjungi dulu kumpulan teks narrative yang saya sediakan itu, mungkin saja cerita yang sedang kamu cari sudah ada di sana. Namun seandainya contoh yang saya siapkan masih belum lengkap, cobalah pilih salah satu narrative text yang tersedia di sana sebagai panduan. Sekarang, bacalah hingga selesai contoh narrative text tentang Cindelaras berikut ini. – Bigbanktheories.com

Cerita Rakyat Cindelaras Dalam Bahasa Inggris

Contoh Narrative Text Tentang Cindelaras Dan Terjemahannya

Contoh Narrative Text Tentang Cindelaras

Cerita Cindelaras mengisahkan tentang seorang anak raja atau putra mahkota yang terpaksa terusir dari kerajaannya karena perbuatan dari seorang yang merasa iri kepada ia dan ibu nya. Namun cerita ini berakhir bahagia karena pada akhirnya sang pangeran berhasil mendapatkan kembali posisi nya sebagai putra mahkota di kerajaannya. Hal yang paling ikonik atau khas dari cerita ini sudah tentu si ayam jago ajaib yang bisa bicara layaknya manusia, yang akhirnya menjadi pintu untuk kembalinya Cindelaras beserta ibu nya ke kerajaan. Sobat pasti nya penasaran kan bagaimana kisah lengkapnya? Yuk kita baca sama-sama dalam contoh narrative text berikut ini.

Related: Contoh Descriptive Text Terbaru Tentang Zlatan Ibrahimovic

Cindelaras

Long long time ago, there lived a king by the name Raden Putra. He ruled Jenggala Kingdom with his beautiful queen. He also had a concubine. His wife, the queen, and the concubine had a very contradictory character. The queen was a kindhearted and wise person while the concubine was a cunning and envious person.

One day, the concubine decided to get rid of the queen so she can have the love and full attention of Raden Putra all for herself. With the help of an evil shaman, the concubine pretended to get ill and put the blame on the queen. All evidence that the shaman and the concubine brought to the king proved that the guilt was on the queen’s hand, so the king decided to banish the queen from the palace and instructed his servant to kill her without knowing that the queen was pregnant.

The queen was forced to leave the palace. The servant escort the queen until they arrived in the jungle. The servant believed that the queen was innocent but there was nothing that he can do to defend the queen in front of the king. So the servant decided to build a small hut for the queen. When he was about to return to the palace, he ask for a piece of the queen’s clothes and put some blood of a wild rabbit on it so he can report to the king that he had fulfilled his duty.

The queen lived all by herself for months until she gave birth to a boy. The boy was very healthy and handsome. The queen named him Cindelaras. Years passed by, Cindelaras grew into a kind, skillful and strong young man. He spent his time playing with animals in the jungle. One day, an eagle dropped a chicken egg in front of Cindelaras. He picked it up and brought it to his hut.

Cindelaras kept the egg in a warm jar for a couple of days until it finally hatched. He took care of the chicken until it grew into a strong and bulky rooster. One day Cindelaras was so surprised when he heard that his rooster could talk just like human. At that moment the rooster said:

“My master is Cindelaras”

“His house is in the middle of jungle”

“His father is Raden Putra”

and the rooster kept repeating it over and over again. Cindelaras who felt curious about the rooster statement finally decided to ask to his mother about his origin. At first, his mother refused to tell him the truth but Cindelaras kept forcing her to explain everything until his mother had no other choice but to tell him the whole story.

When he learned the truth about himself, Cindelaras decided to go to Jenggala Kingdom to see his father, Raden Putra. On his way to the palace, he went through some village where he joined some cockfighting. His rooster won all the fight and he became famous in no time especially with his unique rooster who kept saying that he was the son of the king in the end of every fight.

The news about Cindelaras and his mighty rooster spread quickly and reached the palace. Raden Putra who was a fan of cockfighting invited Cindelaras to the palace and challenged his rooster to fight the king’s rooster. He was so convinced that his rooster would not lose so he offered all of his wealth as the bet. Cindelaras agreed with the king’s offer and he offered his life as the bet if he lost the fight as he thought that it was the only precious thing that he can offer to the king.

The fight between the two roosters finally began. They both attacked each other fiercely. The king’s rooster tried so hard to laid its punch to Cindelaras’ rooster but Cindelaras’ rooster was very agile and it could dodge every blow. The battle took some time until finally Cindelaras’ rooster saw an opening and launched its ultimate attack and took down the king’s rooster. Cindelaras’ rooster won the fight and it started saying some things that it always said in every fight.

“My master is Cindelaras”

“His house is in the middle of jungle”

“His father is Raden Putra”

Raden Putra was so shocked to hear that and he asked to Cindelaras about it. Cindelaras confirmed the rooster statements, he told Raden Putra that he was his son. Suddenly, Cindelaras mother came out from the crowd and walked toward Raden Putra and Cindelaras. She explained everything to Raden Putra. Realizing his mistake, Raden Putra apologized to the queen and also Cindelaras. He also asked them to return to the palace and stay with him. As for the concubine and the evil shaman, Raden Putra placed them in a jail.

Terjemahan Contoh Narrative Text Tentang Cindelaras

Cindelaras

Pada jaman dahulu kala, hiduplah seorang raja bernama Raden Putra. Dia memerintah Kerajaan Jenggala bersama dengan ratu nya yang cantik. Dia juga memiliki seorang selir. Istrinya, sang ratu, dan si selir memiliki karakter yang sangat berlawanan. Sang ratu merupakan orang yang baik hati dan bijak sementara sang selir adalah orang yang licik dan pencemburu.

Suatu hari, sang selir memutuskan untuk menyingkirkan sang ratu sehingga dia bisa memiliki cinta dan perhatian penuh dari Raden Putra untuk dirinya sendiri. Dengan bantuan seorang dukun yang jahat, sang selir berpura-pura sakit dan melemparkan kesalahan pada sang ratu. Semua bukti yang dibawa sang dukun dan sang selir kepada raja membuktikan bahwa kesalahan berada di tangan sang ratu, sehingga sang raja memutuskan untuk membuang sang ratu dari istana dan memerintahkan prajurit nya untuk membunuh sang ratu tanpa mengetahui bahwa sang ratu sedang hamil.

Sang ratu dipaksa meninggalkan istana. Si prajurit mengawal sang ratu hingga mereka tiba di dalam hutan. Si prajurit percaya bahwa sang ratu tidak bersalah namun tidak ada yang bisa dia lakukan untuk membela sang ratu di hadapan sang raja. Akhirnya si prajurit memutuskan untuk membangun sebuah pondok yang kecil untuk sang ratu. Ketika dia akan kembali ke istana, dia meminta sepotong pakaian sang ratu dan menumpahkan sedikit darah kelinci liar pada kain itu agar dia bisa melaporkan pada sang raja bahwa dia telah melaksanakan tugas nya.

Sang ratu hidup seorang diri selama berbulan-bulan hingga dia melahirkan seorang anak laki-laki. Anak laki-laki itu sangat sehat dan tampan. Sang ratu menamai nya Cindelaras. Tahun-tahun berlalu, Cindelaras tumbuh menjadi seorang pemuda yang baik, cekatan dan kuat. Dia menghabiskan waktunya dengan bermain bersama hewan-hewan di dalam hutan. Suatu hari, seekor burung elang menjatuhkan sebuah telur ayam di depan Cindelaras. Dia mengambilnya dan membawa telur itu ke pondoknya.

Cindelaras menyimpan telur itu di dalam sebuah kendi yang hangat selama beberapa hari hingga akhirnya telur itu menetas. Dia merawat anak ayam itu hingga ayam itu tumbuh menjadi seekor ayam jantan yang kuat dan berbadan besar. Suatu hari Cindelaras sangat terkejut ketika dia mendengar bahwa ayam jagi miliknya ini bisa berbicara seperti manusia. Pada waktu itu ayam jantan tersebut mengatakan:

“Tuanku bernama Cindelaras”

“Rumahnya di tengah hutan”

“Ayah nya adalah Raden Putra”

dan ayam jago itu terus mengulang nya lagi dan lagi. Cindelaras yang merasa penasaran tentang pernyataan ayam jantan akhirnya memutuskan untuk bertanya pada ibu nya tentang asal usulnya. Pada awalnya, ibu nya menolak untuk menceritakan yang sebenarnya namun Cindelaras terus memaksa ibunya untuk menjelaskan semua nya hingga akhirnya ibunya tidak memiliki pilihan lain selain memberitahukan kepada dia keseluruhan ceritanya.

Saat dia mengetahui kebenaran tentang dirinya, Cindelaras memutuskan untuk pergi ke Kerajaan Jenggala untuk menemui ayahnya, Raden Putra. Dalam perjalanannya menuju istana, dia melewati beberapa desa dimana dia mengikuti beberapa sabung ayam. Ayam jantan miliknya memenangkan semua pertarungan dan dia menjadi terkenal dalam sekejap terlebih lagi dengan ayam jantan nya yang unik yang selalu mengatakan bahwa dia adalah anak dari sang raja pada setiap akhir pertandingan.

Berita tentang Cindelaras dan ayam jago nya yang perkasa menyebar dengan cepat dan mencapai istana. Raden Putra yang merupakan penggemar sabung ayam mengundang Cindelaras ke istana dan menantang ayam jago nya untuk melawan ayam jago milik sang raja. Dia sangat yakin bahwa ayam jago nya tidak akan kalah sehingga dia menawarkan seluruh kekayaannya sebagai taruhan. Cindelaras setuju dengan tawaran sang raja dan dia menawarkan hidupnya sebagai taruhan jika dia kalah dalam pertandingan itu karena dia pikir itu merupakan satu-satunya hal paling berharga yang bisa ditawarkannya pada sang raja.

Pertarungan antara kedua ayam jago itu pun dimulai. Keduanya menyerang satu sama lain dengan sangat ganas. Ayam jago milik sang raja mencoba dengan sangat keras untuk mendaratkan pukulannya pada ayam jago milik Cindelaras, namun ayam jago milik Cindelaras sangat gesit dan ia bisa mengelak dari setiap pukulan. Pertarngan itu memakan waktu yang cukup lama hingga akhirnya ayam jago milik Cindelaras melihat sebuah kesempatan dan meluncurkan serangan terakhir nya dan menjatuhkan ayam jantan milik sang raja. Ayam jago milik Cindelaras memenangkan pertandingan itu dan ia mulai mengucapkan kalimat-kalimat yang selalu ia katakan di setiap akhir pertandingan

“Tuanku bernama Cindelaras”

“Rumahnya di tengah hutan”

“Ayah nya adalah Raden Putra”

Raden Putra sangat terkejut mendengar hal itu dan dia menanyakan tentang itu pada Cindelaras. Cindelaras membenarkan pernyataan ayam jantan itu, dia mengatakan pada Raden Putra bahwa dia adalah anaknya. Tiba-tiba, ibu Cindelaras keluar dari kerumunan penonton dan berjalan ke arah Raden Putra dan Cindelaras. Dia menjelaskan semua nya pada Raden Putra. Menyadari kesalahannya, Raden Putra meminta maaf pada sang ratu dan juga Cindelaras. Dia juga meminta mereka untuk kembali ke istana dan tinggal bersamanya. Sedangkan untuk sang selir dan dukun jahat, Raden Putra menempatkan mereka dalam penjara.

Oke deh sobat, akhirnya selesai juga contoh narrative text tentang Cindelaras dalam Bahasa Inggris kali ini, mudah-mudahan bermanfaat ya. Terimakasih banyak atas kunjungannya, jika kamu menyukai tulisan ini, saya harap sobat mau untuk membagikannya di akun sosmed milik sobat. Sampai ketemu lagi dalam artikel menarik lainnya dan baca juga Contoh Narrative Text Tentang Timun Mas Dan Terjemahannya yang telah saya sediakan.

Referensi:

  1. Cindelaras – https://id.wikipedia.org/wiki/Cindelaras – Diakses tanggal 25 Februari 2018
  2. Cindelaras di Era Modern – http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/08/cindelaras-di-era-modern-2 – Diakses tanggal 25 Februari 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *