Contoh Kesalahan Penggunaan Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris


Dalam menggunakan Bahasa Inggris tentunya kita akan menjumpai kata kerja (Verb). Jika kita tidak berhati-hati, kita bisa saja tanpa sadar melakukan kesalahan penggunaan kata kerja (Verb) dalam Bahasa Inggris. Hal ini terjadi karena terkadang kata kerja dalam Bahasa Inggris bisa sedikit membingungkan karena ada beberapa kata kerja atau verb dalam Bahasa Inggris yang memiliki kemiripan arti, namun sebenarnya berbeda penggunaannya, kata kerja seperti ini biasanya dikenal juga dengan istilah Confusing Verb Pairs. Tentunya kita harus memperhatikan hal ini ya temen-temen, karena kalau tidak, bisa-bisa kalimat kita akan disalah artikan oleh pendengar.

Sangat penting untuk kita mengetahui dengan pasti tentang confusing verb pairs atau kata kerja yang sering salah dalam penggunaannya di kalimat Bahasa Inggris. Karena, bisa saja sebenarnya selama ini kita juga telah melakukan kesalahan penggunaan kata kerja disaat kita menggunakan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan. Jadi, kata kerja apa sajakah yang memiliki kemiripan arti dan sering menjadi penyebab kesalahan penggunaan kata kerja dalam Bahasa Inggris? Jika temen-temen penasaran, silahkan baca artikel ini sampai selesai. – Bigbanktheories.com

Kesalahan Umum Penggunaan Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris

Kesalahan Penggunaan Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris

Kata Kerja (Verb) Yang Sering Salah Dalam Pemakaiannya

Temen-temen, berikut ini akan saya tampilkan beberapa kata kerja (Verb) dalam Bahasa Inggris yang termasuk kedalam confusing verb pairs yang memang memiliki kemiripan arti sehingga sering menimbulkan kekeliruan saat pemakaiannya.

Related: Nama Hari Dalam Bahasa Inggris Dan Istilah Unik Tentang Hari

Borrow VS Lend

Kata kerja ini sering sekali membingungkan bagi sebagian orang. Kedua kata ini sama-sama merujuk ke satu arti yaitu “Pinjam”. Lalu apa bedanya antara Borrow dan Lend? Bedanya adalah, Borrow bermakna mendapatkan sesuatu dari seseorang, atau singkatnya kita yang “meminjam” sesuatu dari orang lain. Sedangkan kata Lend bermakna member sesuatu kepada seseorang, atau singkatnya kita yang “meminjamkan” sesuatu kepada orang lain.

Discover VS Invent

Kata kerja selanjutnya yang juga sering membingungkan pengguna Bahasa Inggris adalah kata “Discover” dan “Invent” yang sama-sama merujuk pada kata “Menemukan”. Nah, perbadaan antara kata Discover dan Invent adalah, kata “Discover” berarti menemukan sesuatu yang sudah ada sebelumnya tetapi tidak/belum diketahui. Sedangkan kata “Invent” bermakna menemukan atau lebih tepatnya menciptakan sesuatu yang tidak ada sebelumnya hingga menjadi ada. Itulah sebabnya, para ilmuwan yang menjadi penemu biasanya disebut “Inventor”.

Like VS Love

Naah, yang ini temen-temen pasti sudah sering banget menggunakannya. Tapia pa temen-temen sudah tau, apa sih perbedaan antara kata Like dan Love? Bagi yang masih belum tau, berikut ini penjelasannya. Kata Like dan Love sebenarnya sama-sama merujuk ke satu arti yaitu “Suka”, namun sebenarnya ada sedikit perbedaan antara kedua tersebut. Bedanya adalah, kata “Love” sifatnya satu tingkat lebih kuat dibandingkan kata “Like”, oleh karena itulah Kata Love cenderung diartikan sebagai “Cinta” sedangkan kata “Like” diartikan sebagai “Suka”. Jadi, “I like you” atau “I love you” nih temen-temen? Hehe itu sih terserah temen-temen saja.

Made of VS Made from

Untuk yang satu ini, kesalahan umum yang biasa kita lakukan adalah dengan memukul rata semua keadaan dan memutuskan untuk menggunakan kata “Made of” saja, hehe mungkin temen-temen tidak seperti ini ya, tapi jujur saja, saya termasuk yang sering melakukan kesalahan ini lho. Lalu apa sih beda antara “Made of” dan “Made from” ? bedanya simple saja temen-temen, jika material atau bahan dari suatu benda tetap terlihat, kita gunakan “Made of”. Sedangkan jika material atau bahan dari suatu benda tidak kelihatan lagi maka kita gunakan “Made from”.

Refuse VS Deny

Untuk kedua kata ini, sebenarnya artinya pun sudah berbeda, tapi kadang-kadang masih ada yang bingung dalam membedakan penggunaan kata “Refuse” dan “Deny”. Kata “Refuse (menolak)” berarti tidak menerima apa yang ditawarkan atau tidak mengerjakan apa yang diminta. Sedangkan kata “Deny (menyangkal)” berarti menjawab atau menyatakan bahwa suatu statemen atau pernyataan tidak benar.

Say VS Tell

Kata Say dan Tell adalah kata yang cukup sering menimbulkan kesalahan penggunaan kata kerja dalam Bahasa Inggris, karena memang memiliki arti yang mirip. Perbedaan antara kata “Say” dan “Tell” adalah, kata Say kita gunakan bila tidak ada objek langsung dalam kalimat tersebut, sedangkan kata Tell kita gunakan bila ada objek langsung dalam kalimat tersebut. Kata “Say” fokusnya adalah kata-kata yang diucapkan oleh seseorang, sedangkan kata “Tell” cenderung lebih fokus pada isi atau pesan yang terkandung dalam ucapan seseorang. Ada cara yang mudah untuk mengingat perbedaan kata “Say” dan “Tell” yaitu dengan mengingat kalimat berikut ini:

  • You say something.
  • you tell someone something.

Shall VS May

Kata “Shall” dan “May” jika dalam kalimat Tanya memang sering tertukar. Sebenarnya perbedaan kata “Shall” dan “May” dalam kalimat Tanya adalah, kata “May” berarti kita mengungkapkan bahwa kita mengharapkan suatu kondisi terjadi dan kita meminta ijin seseorang untuk itu. Sedangkan kata “Shall” berarti kita sedang menanyakan kepada seseorang, apakah orang tersebut mengharapkan suatu keadaan untuk terjadi atau tidak.

Steal VS Rob

Perbedaan antara kata “Steal” dan “Rob” adalah terletak pada objeknya. Objek dari kata “Steal” adalah berupa barang atau benda yang diambil oleh si pencuri. Sementara objek dari kata “Rob” adalah orang atau tempat asal barang-barang yang dicuri tersebut.

Hear VS Listen

Kata “Hear” dan “Listen” sama-sama merujuk ke “Mendengar”. Namun ada perbedaan antara kedua kata tersebut. Perbedaan antara kata “Hear” dan “Listen” adalah, dalam kata “Listen” berarti menyiratkan adanya niatan, atau perhatian untuk mendengarkan sesuatu. Sedangkan kata “Hear” tidak menyiratkan adanya perhatian atau niatan untuk mendengarkan sesuatu. Bahkan bisa dikatakan, kejadian yang berhubungan dengan kata “Hear” adalah kejadian yang tak disengaja.

Know VS Learn

Untuk mengingat perbedaan antara kata “Know” dan “Learn” ini sebenarnya cukup mudah temen-temen, “Know” adalah kondisi setelah proses “Learn” selesai.

Sebenarnya masih banyak lagi kata kerja (Verb) yang termasuk kedalam confusing verb pairs dan sering salah penggunaannya dalam Bahasa Inggris. Namun untuk kali ini, saya cukupkan sampai disini dulu, jika ada kesempatan pembahasan tentang kesalahan penggunaan kata kerja dalam Bahasa Inggris ini akan saya lanjutkan di artikel lainnya. Agar temen-temen lebih menguasai materi ini, cobalah untuk mengerjakan Online Test – Kesalahan Umum Penggunaan Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris.

Terimakasih sudah berkunjung lagi ke bigbanktheories.com, semoga artikel kali ini bermanfaat bagi temen-temen dan menambah wawasan tentang Bahasa Inggris. Sampai disini dulu artikel kali ini dengan judul Contoh Kesalahan Penggunaan Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *