Contoh Dan Perbaikan Squinting Modifiers Dalam Kalimat


Jika kita melihat dari judul artikel kali ini, mungkin kesan yang sobat dapatkan adalah bahwa squinting modifiers merupakan suatu hal yang membutuhkan pembenaran atau perbaikan. Dan ternyata memang benar. Mengapa begitu ? hal ini karena yang disebut dengan squinting modifiers adalah salah satu jenis dari misplaced modifier (kesalahan penempatan modifier), yang tentunya berpengaruh terhadap pemahaman akan makna kalimat bila tidak segera diperbaiki. Lalu seperti apakah pengertian, contoh serta perbaikan dari squinting modifier ini ? Temukan penjelasannya dalam artikel berikut ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Squinting Modifiers Dalam Kalimat

Pengertian Dan Contoh Squinting Modifiers Dalam Kalimat

Pengertian Squinting Modifier

Apakah squinting modifiers itu ? Squinting modifiers adalah salah satu jenis masalah tentang penempatan dalam kalimat, dimana sebuah modifier (umumnya berupa adverb) yang berada di tengah kalimat (bisa berada diantara dua kata / phrase / clause) yang dapat mengakibatkan terjadinya makna ambigu. Sebenarnya tidak masalah jika kita meletakkan sebuah modifier di tengah kalimat, namun hal ini akan jadi masalah penting saat kita jadi tidak bisa memahami dengan jelas apakah modifier itu menjelaskan hal yang muncul sebelumnya atau setelahnya.

Karena aturan standar dalam Bahasa Inggris itu sangat ketat terutama seputar penempatan kata dalam kalimat, maka penempatan modifier dalam sebuah kalimat juga sama pentingnya. Ayo kita lihat contoh squinting modifier dalam kalimat berikut ini :

Related: Pengertian Dan Contoh Personal Pronouns Dalam Bahasa Inggris

Journalist who revise their work often can recognize their mistakes.

Bagaimana menurutmu tentang kalimat di atas ? Informasi apa yang kamu tangkap dari contoh kalimat tersebut ? Untuk contoh kalimat seperti yang kami sajikan di atas, mungkin kita akan memiliki pemahaman yang berbeda beda. Mengapa begitu ? Ya karena inilah salah satu contoh squinting modifiers.

Terdapat dua kemungkinan makna atau penerjemahan dari contoh kalimat diatas. Yang pertama adalah “journalist revise often” atau yang kedua “they often recognize their mistakes”. Atau dalam Bahasa Indonesianya seperti ini :

(Versi 1) Jurnalis yang sering merevisi tulisan mereka bisa menyadari kesalahan mereka.

(Versi 2) Jurnalis yang merevisi tulisan mereka sering menyadari kesalahan mereka.

Bagaimana sobat, makna kalimatnya ternyata berubah jauh ya. Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menghindari terjadinya hal seperti ini ?

Cara menghindari atau memperbaiki jika terdapat squinting modifiers dalam kalimat adalah dengan memindahkan posisi adverb tersebut, dan meletakkannya di dekat bagian yang diterangkannya. Perhatikanlah contoh berikut ini :

Contoh Squinting Modifiers Dan Perbaikannya

The cake you baked recently went missing.

Revision : The cake you recently baked went missing.

The student who miss the class frequently fail the exam.

Revision : The student who miss the class fail the exam frequently.

Nah, setalah kami jelaskan dan kami berikan contoh contohnya tentunya kamu sekarang sudah mengerti ya seperti apa sih squinting modifiers itu. Materi ini memang mungkin tidak kamu pelajari di sekolah, namun dengan mengetahui materi ini,kamu tidak akan kaget jika nantinya menemui sebuah kalimat ambigu dalam Bahasa Inggris, karena mungkin saja terdapat squinting modifiers di dalamnya. Happy Monday and have a nice day.

Referensi :

  1. What is a squinting modifiers ? – http://www.grammar-monster.com/glossary/squinting_modifier.htm – Diakses tanggal 7 November 2016
  2. Pengertian Dan Contoh Kalimat Squinting Modifiers – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-squinting-modifier – Diakses tanggal 7 November 2016
  3. Squinting Modifiers – https://www.grammarly.com/handbook/sentences/modifiers/8/squinting-modifiers/ – Diakses tanggal 7 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *