Conditional Type 3 Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat


Sobat, kali ini kita akan membahas tentang Conditional Type 3 dan contoh penggunaannya dalam kalimat. Sebelum masuk ke pembahasan materi, saya ingin tanya dulu nih pada sobat semua, kamu masih ingat bukan dengan materi sebelumnya yang membahas tentang Conditional Type 1 dan 2? Nah, hari ini kita akan mempelajari materi selanjutnya yaitu Conditional Sentence Type 3.

Untuk mengawali materi kali ini, saya akan mengulas sedikit tentang Conditional Sentence dalam Bahasa Inggris. Conditional Sentence adalah bentuk Complex Sentence atau kalimat majemuk yang berisikan dua klausa yaitu: “if clause” yang merupakan dependent clause dan juga “main clause“. Conditional Sentence yang kita pelajari di sekolah biasanya dibagi ke dalam 4 tipe berdasarkan tingkat kemungkinannya untuk terjadi. Keempat tipe tersebut adalah: Conditional Sentence Type 0 (Peluang terjadinya selalu terpenuhi karena merupakan penjelasan ilmiah), Conditional Sentence Type 1 (Peluang terjadinya sangat mungkin terpenuhi karena masih akan terjadi pada masa depan), Conditional Sentence Type 2 (Peluang terjadinya hampir tidak mungkin terpenuhi bahkan dalam beberapa situasi tidak mungkin terjadi) dan Conditional Sentence Type 3 yang akan kita pelajari sekarang. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 3

Conditional Sentence Type 3

Pengertian Conditional Sentence Type 3

Conditional type 3 adalah jenis Conditional Sentence yang digunakan jika peluang terjadinya kalimat bersyarat sudah tidak mungkin terpenuhi karena sudah lewat di masa lampau. Jenis Conditional Sentence yang satu ini cenderung mengungkapkan sebuah “penyesalan” akan sesuatu yang tidak terjadi di masa lalu, sekaligus mengandung harapan jika seandainya yang terjadi di masa lalu itu adalah hal yang berbeda atau hal sebaliknya.

Related: Penjelasan Dan Contoh Homograph Dalam Bahasa Inggris

Contoh: If I had known that you are my boyfriend’s sister, I would have been nice to you. (Jika saja aku tahu bahwa kamu adalah kakak nya pacarku, aku pasti sudah bersikap baik padamu.)

Kalimat di atas terdiri dari dua klausa, yang pertama yaitu “If I had known that you are my boyfriend’s sister” dan kalimat kedua yaitu “I would have been nice to you“. Dari contoh tersebut, kita bisa menangkap bahwa subjekI’ sebenarnya menyesal telah bersikap tidak baik terhadap orang yang dimaksud dan hal ini terjadi karena dia tidak tahu bahwa ‘Youadalah kakak dari pacarnya. Kemudian dia pun mengandaikan jika saja dia tahu, maka dia pasti bersikap baik. Hal yang dibicarakan dalam kedua sisi klausa (baik “if clause” dan juga “main clause“) sama-sama sudah tidak mungkin terwujud, karena keduanya sudah terjadi di masa lampau. Tentu tidak mungkin kan si subject memutar kembali waktu dan mengubah keadaan itu.

Rumus Conditional Sentence Type 3

Jika sobat ingin membuat sebuah kalimat dalam bentuk Conditional Sentence Type 3, pola atau rumus berikut ini adalah yang harus sobat ikuti.

Rumus: If + Past Perfect Tense, Past Future Perfect Tense

Rincian: If + Subject + had + past participle, Subject + Modal Auxiliary Verb (would, could, might, should) + have + past participle

Susunan struktur di atas bisa kita balik menjadi seperti berikut ini:

Rumus: Past Future Perfect Tense + if + Past Perfect Tense

Rincian: Subject + Modal Auxiliary Verb (would, could, might, should)+ have + past participle + if + Subject + had + past participle

Contoh Penggunaan Conditional Sentence Type 3 Dalam Kalimat

Contoh Conditional Sentence Type 3 dapat sobat lihat di bawah ini:

If I had known that Randy was an artist, I would have taken picture with him. (Jika saja aku tahu bahwa Randy adalah seoarang artis, aku pasti sudah berfoto bersamanya).

If he had been able to pass the test, he would have gotten a job at this company. (Jika saja ia bisa lulus tes itu, maka dia pasti sudah dapat pekerjaan di perusahaan ini).

My uncle would have been here if he had ridden a motorcycle. (Pamanku seharusnya sudah tiba disini jika ia mengendarai motor).

Yuna would have arrived at school if the school bus had picked her up. (Yuna seharusnya sudah sampai di sekolah jika saja bus sekolah datang menjemputnya).

If my mother had told me that she doesn’t like spinach, I wouldn’t have bought spinach crackers. (Jika saja ibuku bilang padaku bahwa ia tidak suka bayam, aku tentu tidak akan membeli keripik bayam).

I would not have bought eggs if I had known that we still have eggs in refrigerator. (Saya tidak akan membeli telur jika saja saya tahu bahwa kita masih memiliki telur di kulkas).

If you had remembered my birthday, I wouldn’t have been angry with you. (jika saja kamu mengingat hari ulang tahun saya, saya tidak akan marah kepadamu).

Baca Juga: 25 Contoh Conditional Sentence Type 3 Dan Terjemahannya

Demikianlah penjelasan tentang Conditional Sentence Type 3 dan contoh penggunaannya dalam kalimat. Jika ada masukan, saran maupun pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih sudah mampir di Bigbanktheories.com dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *