Conditional Type 2 Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat


Di artikel sebelumnya tentang conditional type 1 dan contoh penggunaannya dalam kalimat, kita telah mengetahui apa itu conditional sentence. Untuk kembali mengingatkan, conditional sentence adalah kalimat pengandaian yang merupakan gabungan dari dua kalimat (if clause dan main clause). If clause adalah kalimat bersyarat dan main clause berisikan dampak/akibat yang akan terjadi apabila if clause terjadi.

Conditinal sentence dibagi menjadi beberapa tingkatan yaitu conditional type 0, 1, 2 dan 3. Pembagian type ini adalah berdasarkan tingkat kemungkinan terjadinya dari yang pasti terjadi hingga yang mustahil terjadi. Untuk hari ini, kita akan mempelajari tentang conditional type 2 dan contoh penggunaanya dalam kalimat. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 2

Conditional Sentence Type 2

Baca Pengertian Conditional Sentence Type 2 Ini

Setelah kemarin kita mempelajari tentang conditional type 1 yang kemungkinannya masih sangat mungkin terjadi. Berbeda dengan conditional type 2 yang hari ini akan kita pelajari, kemungkinan terjadinya lebih sulit / hampir tidak mungkin terjadi di masa sekarang maupun di masa depan.

Related: Penjelasan Dan Penggunaan Tanda Baca Parentheses

Contoh : If Tika was here, she would smile at me. (Jika Tika ada disini, dia akan tersenyum padaku).

Kalimat diatas adalah terdiri dari dua kalimat yaitu if clause yaitu ‘If Tika was here’ dan kalimat main clause yang berupa akibatjika kalimat if clause benar terjadi yaitu ‘she would smile at me’. Dalam kalimat ini terlihat bahwa pada kenyataannya Tika tidak ada disini dan pembicara membuat kalimat pengadaian yang sangat sulit bahkan hampir tidak mungkin terjadi karena kedatangan Tika pada saat ini/masa sekarang bukanlah sesuatu yang bisa di kontrol/sulit diusahakan oleh pembicara.

Inilah Pola Kalimat Atau Rumus Conditional Sentence Type 2

Rumus kalimat conditional type 2 adalah sebagai berikut:

If + Subjek + Verb 2, Subjek + Would/Could/Might + Infintive

Atau:

If + Simple Past Tense + Past Future Tense

Pola kalimat dalam conditional type 2 ini pun bisa di balik/di tukar strukturnya menjadi sebagai berikut:

Subjek + Would/Could/Might + Infintive, If + Subjek + Verb 2.

Atau:

Past Future Tense + If + Simple Past Tense

Perhatikan Contoh Penggunaan Conditional Sentence Type 2 Dalam Kalimat

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan conditinal type 2 dalam kalimat. Silakan disimak, semoga bisa menjadi inspirasi sobat-sobat dalam membuat contoh kalimat:

If I won a lottere next week, I would travel around Japan. (jika saya memenangkan sebuah lotere minggu depan, saya akan berpergian keliling Jepang).

If I were you, I would take the project. (Jika saya menjadi kamu, saya akan mengambil proyeknya).

You would be an artist if you didn’t get an accident last year. (Kamu akan menjadi seorang artis jika kamu tidak mengalami kecelakaan tahun lalu).

My mother would be happy, if my brother and I were agree with her decision. (Ibuku akan bahagia, jika adik laki-laki saya dan saya setuju dengan keputusannya).

I would played football with my friends if I didn’t have work to do. (Saya akan bermain sepak bola dengan teman-teman saya jika saya tidak memiliki pekerjaan untuk dikerjakan).

If I didn’t go to school tomorrow, I would love to attend to you birthday party (Jika saya tidak pergi ke sekolah besok, saya akan senang untuk datang ke pesta ulang tahunmu).

Fauzan would go to Indomaret if it didn’t rain. (Fauzan akan pergi ke Indomaret jika tidak turun hujan).

My handphone would be fine if you didn’t break it down. (Handphone saya akan baik-baik saja jika kamu tidak membatingnya).

Demikianlah penjelasan tentang conditional type 2 dan contoh penggunaannya dalam kalimat. Semoga bermanfaat bagi sobat semua yang sedang mempelajari tipe-tipe conditional sentence.Terimakasih sudah mampir di Bigbanktheories.com dan mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan dalam artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *